Publikasi S3 Teknologi Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber-Sumber Energi dan Kemandirian Belajar Siswa Homeschooling
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Inkuiri Terbimbing terhadap kemandirian belajar siswa dan kemampuan mengidentifikasi sumbersumber energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD di Sinergia Worldwide Education Surabaya yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan waktu pelaksanaannya adalah pada bulan Maret hingga April 2020 yaitu pada semester genap. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknis analisis yang digunakan adalah Mann
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam …, 2020
2020 Pengaruh inkuiri terbimbing terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi di sekitar manusia dan kemandirian belajar IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemandirian belajar siswa dan kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di lingkungan sekitar manusia pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar di Sinergia Worldwide Education Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD di Sinergia Worldwide Education Surabaya yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada bulan Maret hingga April 2020, yaitu pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah Mann Whitney U-test dan Wilcoxon Sign-Test. Model Mann Whitney U-test dan Wilcoxon Sign-Test bertujuan untuk membandingkan hasil dari perolehan nilai pretest dan posttest yang didapatkan antar dua kelompok, serta untuk melakukan uji validasi instrumen penelitian yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemandirian siswa, karena model inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, serta terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di sekitar manusia, karena dengan menerapkan model inkuiri terbimbing siswa dapat lebih aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi.AbstractThis study aims to determine the effect of the guided inquiry model on student learning independence and the ability to identify energy sources in the environment around humans in grade 2 elementary school students at Sinergia Worldwide Education Surabaya …
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 7 (1), 78-92, 2020
2020 The Effect Utilization of Application-Based Learning Resources on Learning Outcomes of Basic Music Theory Subject
This study aims to improve student learning outcomes through the use of application-based learning resources in the NCO Vocational School of Music, Education and Training Center. This study uses Quasy Experimental Design in the experimental class and the control class. Consists of two stages, namely (1) the preparation phase aims to utilize application-based learning resources,(2) the implementation phase uses pre-test and post-test designs in the experimental class and the control class. The results showed that there were differences in the experimental class and the control class through the results of different tests (Mann Whitney) on pre-test and post-test. The pre-test results showed U> U critical, conclusions H 0 accepted the results of the pre-test there was no difference. Post-test results: U< Severe, conclusions H 0 rejected post-test results there are differences. The results of data analysis show that …
International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (3), 2020
2020 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis media interaktif pada materi bangun ruang terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan dalam mengungkapkan gagasan atau ide matematika kedalam bentuk gambar, diagram grafik, tabel, notasi matematik, atau teks tertulis/kata-kata. Pembelajaran berbasis media interaktif dalam penelitian ini menggunakan Software GeoGebra yang mampu menghasilkan lukisan-lukisan 3D bangun geometri dengan cepat dan teliti sehingga dengan menggunakan software GeoGebra secara teoretis dapat meningkatkan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini temasuk jenis penelitian eksperimen, desain eksperimen yang digunakan adalah control group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 28 Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis media interaktif terhadap kemampuan representasi matematis digunakan analisis uji t dua kali. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis sebelum diberi perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan (t h= 0,135 dan sign 0,893). Sedangkan kemampuan representasi matematis setelah diberi perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (t h= 4,748 dan sign 0,000), maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis media interaktif pada materi geometri ruang berpengaruh positif terhadap …
Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 5 (2), 09-20, 2020
2020 Efektivitas Media Board Games Digital Pada Materi Degree of Comparison Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Surabaya
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kini eksistensinya disorot, karena merupakan bahasa yang wajib dipelajari pada era modern ini. Bahasa merupakan jendela dunia, lewat bahasa kita semua dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa Bahasa Inggris wajib dipelajari dan menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang diujikan untuk ujian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media board gamesdigital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan menggunakan control group design yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas control menggunakan metode pembelajaran ceramah, sedangkan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran dengan media board games digital. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil angket motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media Board Game Digital adalah 52, 7 dan skor kelompok setelah menggunakan media Board Game Digital adalah 67, 7. Selanjutnya dari hasil perhitungan uji t pada motivasi belajar menunjukkan kedua kelompok terhadap materi pembelajaran sebesar 0,000 atau signifikansi 0, 05 (0,000 0, 05).. Hasil uji independent sample t-test untuk motivasi belajar sebesar 0,000 atau signifikansi 0, 05 (0,000 0, 05) bermakna signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 5 (2), 67-76, 2020
2020 Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan kolaborasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 29 orang sebagai kelas kontrol di SMKK Mater Amabilis Surabaya tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterampilan kolaborasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji analisis dilakukan dua analisis, yakni yang pertama analisis uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 0, 05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan nilai rata-rata keterampilan kolaborasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh koefisisen regresi 0,660 dan nilai signifikansi 0, 02< 0, 05, kedua hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan kolaborasi terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 5 (2), 21-30, 2020
2019 Flash Card Media Utilization To Improve Student Activity and Learning Outcomes of Fauna Distribution Subtopic in Class Xi Ips I Sma Xin Zhong Surabaya
The purpose of research to determine and describe whether the concept of flash card utilization is able to increase students activity students in learning in Geography subject. Though geography is a very important subject, particularly in determining the ample number of fauna found in Indonesia, which is even categorized as an endemic fauna. In addition, the manner in delivering subtopic which is considered monotonous by relying solely on reading books and summarizing what they have read are two things that are not surprising. Hence, those two facts encourage students not perform geography lessons enthusiastically. Considering the problems that occur, therefore I am interested in engaging the learning media
Geosfera Indonesia 4 (2), 90-104, 2019
2019 The Application of the CTL Model for Junior High School Students in Social Studies in Grade VII Students
Contextual Teaching and Learning (CTL) is the solution to this problem. students will be more active in learning in class and to improve their learning outcomes. While students who use the CTL model, will be active in the retaliation process because the material used is related to real situations and conditions, this research is a type of quasiexperimental research that uses research designs True Experimental Design,, because of the other known group of experiments and participate get observation. The author takes a study of inter-class populations to find out the results of learning. In this case the students of class VII A and VII B at Sunan Ampel Middle School, but class VII B only as a control class. Data collection techniques in this study used observation and tests. Based on student learning outcomes in the application of the Contextual Teaching Learning (CTL) data learning model, the pretest value was 68.52 …
PROCEEDING 1st International Seminar STEMEIF (Science, Technology …, 2019
2019 The Effect of Curing and Extraction Time against Yield and Quality of Type B Gelatin from Goat Bone
In this study evaluated the effect of preparation conditions (curing) and extraction time on the yield and quality (water and ash content, gel, and organolaptic properties) of type B gelatin from goat bone. In general, the yield of goat's gelatin (GBG) increases with increasing curing (10-50 days) and extraction time (4-5 hours). Under the same conditions, a decrease in water content, gel strength and brightness was detected on GBG. Specifically, lower ash content was produced from 50 days curing and 5 hours extraction compared to other conditions. In line with this, lower water content, gel strength and brightness were also observed in this condition. However, by referring to the GMIA, the highest quality GBG is obtained from the manufacturing process using a 30-day curing time and 5-hour extraction time.
National Seminar on Chemistry 2019 (SNK-19), 86-90, 2019
2019 Standardization of Herbal Tea Quality Production Baureno Bojonegoro Society
In this study, standardization of ginger and curcuma tea produced by the Baureno Bojonegoro society was carried out. To get high quality products, standardization has been carried out in the washing, slicing and drying processes. Washing stages of raw materials carried out for 1 min, with a slice thickness of 0.15 cm. To increase the shelf life of the product, it is dried using an oven at 100 C. Standardization results show optimal quality with water content of 10.83%, essential oil content of 4.01%, oleoresin 1.53%, zingiberene in essential oils 84.88%, gingerol in oleoresin 67.42%, and shogaol in oleoresin 33.95%. Meanwhile, curcuma tea products have a water content of 8.20% with essential oil content of 2.05%, curcuminoid 1.09%, xantorizol in essential oils 65.17%, and curcumin in curcuminoids 85.50%. Furthermore, the processing of ginger and curcuma commodities cultivated by the Baureno Bojonegoro society has succeeded in increasing the shelf life from during 29 days to 148 days for ginger tea products, and from during 22 days to 145 days for Curcuma tea products
National Seminar on Chemistry 2019 (SNK-19), 36-40, 2019