Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2019 | Study of Domino Number Game Development for Early Children’s Ability to Recognize Numbers | This study aims to develop and produce feasible and effective numerical domino game prototype used as learning to recognize symbols of number 1-10 for children aged 4-5 years. The design of study is research and development research adapted from Borg & Gall research and development using Single one shot case study and One Pretest-Posttest Design Group. But the writers used only 9 steps. The subject in this study are Group A children aged 4-5 years in 6 kindergartens in Duduk sampeyan Subdistrict, Gresik District. Data were analyzed using descriptive quantitative. The results of this developmental research are numerical domino game prototype to develop 4-5 years old childrens ability to recognize number 1-10. The operational field testing stage shows The average score is 0.84, categorized as high. Therefore, it can be concluded that the numeric domino game is feasible and effective game used as … |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 578-584, 2019 | |
2019 | THE EFFECTS OF CLOCITY MEDIA ON SPEAKING SKILLS OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS | This study was motivated by the lack of speaking skills in children aged 5-6 years. In order to overcome these problems, in this study, clocity media was chosen to increase vocabularies when children tell stories related to time. This study used an experimental research design. The data analysis technique used was t-test. The pre-test results showed an average of 0.160, while the posttest results showed an average of 0.263. The results of the pretest and posttest show that it was greater than 0.05 so the data was normally distributed. The results showed a significant level of 0.000, meaning less than 0.05, so it can be concluded that there was a significant influence of the use of clocity media on the speaking skills of children aged 5-6 years. |
JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 4 (2 …, 2019 | |
2019 | Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas anak Kelompok B di TK Dharma Wanita | Penelitian pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II dilatarbelakangi oleh keterampilan seni kreativitas anak belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun terutama pada kegiatan menggambar. Hal ini terlihat pada saat kegiatan menggambar, guru memberikan arahan dalam kegiatan menggambar yang dimana anak diminta untuk menirukan gambar yang sudah dicontohkan guru, dalam kegiatan menggambar ini dari 14 anak terdapat 5 anak yang mampu menggambar secara mandiri dan bagus, serta terdapat 9 anak yang mengalami kesulitan dalam kegiatan menggambar. Sehingga perlu peningkatan perkembangan kreativitas dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group desain. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing memiliki sampel berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Mann Whitney U Test dengan bantuan SPSS 19. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U Test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig.(2 tailed) yaitu sebesar 0,020. Maka nilai Asymp. Sig 0,020< 0, 05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penolakan terhadap Ho mengandung pengertian bahwa ada pengaruh … |
Jurnal PAUD Teratai Vol 8 (3), 2019 | |
2019 | Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 8 (2) | Pengenalan bentuk geometri merupakan salah satu sub yang termasuk dalam pembelajaran matematika. Maka perlunya pengenalan bentuk geometri untuk diajaran kepada anak usia dini, karena menjadi salah satu bekal dalam pembelajaran matematika untuk pendidikan selanjutnya. Pengembangan media dakon geometri merupakan salah satu media yang mampu membantu mengenal bentuk geometri (lingkaran, segitiga, dan segi empat) anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan Research and Development Borg & Gall. Desain penelitian menggunakan quasi experimental desaign jenis nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di TK Bina Tunas Bangsa sebagai uji kelayakan dengan jumlah 2 anak, 5 anak, dan TK Hidayatullah sebagai uji kelayakan dan keefektifan media dengan jumlah 10 anak. Hasil uji validasi ahli materi dan ahli media memperoleh nilai 100%. Hasil uji coba produk memperoleh 75% dan 76, 87% dengan saran dari guru berupa cara penggunaan yang awalnya lubang kecil berisi biji bentuk geometri beda-beda dengan saran menjadi lubang kecil berisi biji bentuk geometri dikelompokkan sesuai dengan warna dan bentuk dan pemberian tanda panah serta start di media. Hasil uji coba kelompok besar menyatakan bahwa media dakon geometri sudah layak digunakan dan tidak mendapat saran. Hasil uji keefektifan yang dilakukan di TK Hidayatullah pada kelas kontrol dan eksperimen yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata kenaikan selisih posttest-pretest pada data kelompok eksperimen sebesar 4, 6 sedangkan pada data kelompok kontrol sebesar 3, 4 sehingga dapat disimpulkan … |
PAUD Teratai 8 (2), 2019 | |
2019 | The Effect of Show and Tell Method on Children’s Confidence | This study aims to determine the effect of show and tell method on self-confidence for students aged 4-5 years. This quantitative research uses Pre-Experimental Design with One Group Pre-Test Post-Test. The subjects were 25 children aged 4-5 years. Data were collected using observation along with its assessment tools, the observation sheets and documentation. Data were analyzed using Wilcoxon Match Pairs Test, tobserved< ttable. The result showed that tobserved was-7.5 and ttable was 89 with a significance level of 5%, meaning that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be concluded that there is a significant effect of the show and tell method on the confidence of children aged 4-5 years. |
5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 96-98, 2019 | |
2019 | Pengembangan Media Numeric Stick Dalam Menstimulasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 Anak Usia 5-6 Tahun | Anak usia dini merupakan masa keemasan (the golden age), namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis desain pengembangan media numeric stick, keefektifan media numeric stick, serta respon anak dalam penggunaan media numeric stick. Pengembangan media numeric stick dirancang berdasarkan prinsip media pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development. Prosedur penelitian yang digunakan menggunakan langkah-langkah prosedur penelitian dari Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan desain uji coba one group pretest posttest. Uji coba dilakukan pada 2 lembaga yaitu pada TK Islam Terpadu Nada Ashobah dan TK Cempaka dengan jumlah subjek uji coba 37 anak. Hasil uji validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil nilai rata-rata 84% dari ahli materi dan nilai rata-rata 90% dari ahli media. Data uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov spss 16. Hasil dari uji normalitas kolmogorov smirnov diperoleh data berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. TK Islam Terpadu Nada Ashobah setelah dihitung menggunakan uji wilcoxon diperoleh data Thitung< Ttabel (0< 81). TK Cempaka Thitung< Ttabel (0< 17). Kesimpulannya adalah bahwa media numeric stick dapat menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 anak usia 5-6 tahun. Respon anak terhadap media numeric stick yaitu anak sangat senang, anak sangat antusias dalam … |
Jurnal PAUD Teratai 8 (02), 2019 | |
2019 | Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair pada Anak Kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya | Kemampuan sains bisa terhambat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang tidak konkrit dan tidak sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada anak. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu pengenalan benda cair menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan benda konkrit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design jenis Non equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh. Perhitungan teknik analisis data menggunakan rumus Mann Whitney U Test. Hasil dari rumus Mann Whitney U Test. Memperoleh Uhitung yaitu 19, 5 dan Utabel 47 yang berarti rhitung> rtabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan di atas diketahui bahwa nilai 19, 5> 47. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. |
Paud Teratai, 2019 | |
2019 | STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AF | STUDI KASUS KOMPETNSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-FUDLOLA PORONG |
PAUD Teratai 8 (2), 2019 | |
2019 | Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Pada Kelompok A | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit. Subjekpenelitianadalahanakkelompok A PAUD Plus Al-Fattah. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus73%. berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. |
November, 2019 | |
2019 | Pengembangan Buku Panduan Menggambar Tema Diriku Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B di Balongbendo | Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal di RA Perwanida 1 Kemangsen Balongbendo pada kelompok B yang menunjukkan tingkat kreativitas menggambar rendah, serta kegiatan pembelajaran yang hanya menggunakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan contoh gambar yang dibuat guru di papan tulis. Untuk itu peneliti merancang buku panduan menggambar yang berisi tahapan menggambar sederhana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan kreativitas menggambar dengan menggunakan buku panduan menggambar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B, ahli materi, ahli media dan guru. Objek penelitian ini adalah pengembangan buku panduan menggambar tema diriku. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara sedangkan kelayakan media diketahui dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan diketahui bahwa media buku panduan layak digunakan untuk pengembangan kreativitas menggambar anak di RA/TK. Kelayakan uji coba skala kecil termasuk dalam kategori “sangat valid”(96, 5%), uji coba skala besar termasuk kategori “sangat valid”(95, 27), ahli materi termasuk kategori “valid”(80%), ahli media termasuk kategori “valid”(77, 7%). Berdasarkan hasil penilaian dari LKPD anak, media buku panduan menggambar dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu mendukung perkembangan kreativitas anak. |
Jurnal PAUD Teratai. 8 (3), 2019 |