Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Menstrual-Mi: Mobile Application for Women
Every month, women experience menstruation or menstrual periods. The menstrual period greatly affects the daily lives of women. This menstruation often causes other symptoms such as menstrual pain, back pain and even acne. Things like this can actually be overcome by women. There are several foods and nutrients that can be consumed to reduce menstrual pain and other symptoms. However, due to lack of information they consider this to be trivial and allow the symptoms to affect their daily lives during menstruation. A mobile application is a computer program designed to operate on a mobile device or device such as a cellphone/tablet or watch. This research has the objectives of (1) knowing the various forms of mobile applications,(2) identifying the content and content required to be included in the mobile application,(3) knowing the effect of social media and mobile applications on user trust. This Andorid-based mobile application was developed using the ADDIE method, the stages carried out in this study were 1) Analysis, 2) Design, 3) Developmet, 4) Implementation, 5) Evaluation. This research will produce (1) various forms of mobile applications, namely: native-app, web-app, and hybrid app (2) mobile application content and content consists of: imagery/photography, video/sound, and text/message,(3) based on selected journals, it is stated that mobile applications are very beneficial for users. The mobile application will provide easier access for users to search and get information. Developers will further improve application development, so that later they will produce useful mobile applications related to information about nutrition …
International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021
2021 Pengembangan bahan daring mata kuliah desain pesan bagi mahasiswa s1 teknologi pendidikan
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Daring mata kuliah Desain Pesan dengan menggunakan fasilitas vi-learning yang telah disediakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D Model oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Tahapan pengembangan meliputi define, design, develop, desiminate. Pada setiap tahap dilakukan evaluasi dan revisi dengan tujuan melihat hasil tahapan pengembangan yang ditujukan untuk melakukan tahap selanjutnya. Dari hasi validasi ahli materi dan ahli media didapatkan data masing–masing 87, 5% dan 85, 7%, sehingga bahan ajar daring layak digunakan. Sedangkan uji coba pengguna didapatkan data berdasarkan aspek tampilan menunjukkan prosentase 50% dengan kriteria cukup dan kualifikasi cukup layak, aspek penyajian materi menunjukkan prosaentase 85, 4% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak dan aspek manfaat menunjukkan prosaentase 95, 8% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar daring mata kuliah desain pesan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Educational Technology Journal 1 (1), 11-18, 2021
2021 Online Learning in Digital Innovations
Students and lecturers cannot do direct learning. It is an obstacle in the delivery of material by the lecturer. The purpose of this research is to develop learning in the Digital Learning Learning Media course. This research uses development research—the model development used by ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects are three experts, which include material experts, media experts, learning design experts. The subject of the product trial is students. The methods used to collect data are observation, questionnaires, and tests. The instruments used to collect data are questionnaires and test sheets. The technique used to analyze the data is descriptive qualitative, quantitative, and statistical analysis. The results of the material expert test are 90% with the
Journal of Education Technology 5 (4), 547-555, 2021
2021 MASKER QUOTES SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGEDUKASI MASYARAKAT MELAWAN COVID 19
Pandemi Covid-19 ini sudah semakin menyebar di seluruh penjuru dunia, sehingga World Health Organization (WHO) meningkatkan status kesehatan dunia yang sebelumnya Endemik menjadi Pandemi. Di Indonesia, virus ini sudah menyebar di seluruh provinsi. Berdasarkan data yang diupdate terakhir (28 Mei 2020), Surabaya menduduki urutan kedua dan cenderung masih naik hingga sekarang. Data tersebut menunjukkan penyebaran virus sangat massive dan perlu dihentikan dengan mengikuti protokol WHO. Pemerintah melakukan upaya seperti physical distancing, PSBB dan upaya lainnya. Pembatasan aktivitas masyarakat memiliki dampak besar termasuk di bidang pendidikan. Perlu ada solusi dalam menghadapi penyebaran virus covid 19 di masa new normal ini. Sekolah sebagai centre of culture mampu menggerakkan masyarakat pada umumnya untuk lebih peduli pada orang lain dan dirinya sendiri melalui “butuh menggunakan masker”. Metode pelaksanaan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan ini. Kegiatan PKM dilakukan melalui Pelatihan pembuatan masker quotes sebagai media edukasi kepada sekolah dan masyarakat sekitar. Hasil yang dicapai dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah sekolah mitra dalam hal ini SMPN 6 Ekselen Hang Tuah Surabaya mempunyai Keterampilan memahami konsep sekolah sehat dengan memahami kesehatan diri dan orang lain yang mengacu pada standar WHO dengan Kegiatan Pertama dalam kegiatan kepada masyarakat adalah, in service learning.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 2021
2021 The Usability Measurement of E–Faculty of Education UNESA Service Using USE Questionnaire
In this 21st-century era, the development of a management information system is one of the efforts that can be made to improve the quality of public services, both in general and in certain sectors, for example, education, where because of the effect of industrial revolution 4.0 and society 5.0, these days the community often to use the assistance of technology for their social activities. One of many ways that can be used to measure the success rate of a system is using usability measurement. The usability level of an information system shows whether the system is accepted by the user or not. This study aims to measure the usability level of the educational service in the Faculty of Education, State University of Surabaya (UNESA), using the USE Questionnaire. The data from this research are processed using a descriptive statistics method and then analyzed both for each aspect and the correlation of all aspects. The …
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) 5 (3), 169-177, 2021
2021 Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik Dalam Memperbaiki Kompetensi Profesional Guru Di Masa Pandemi Covid-19
Kepala sekolah berperan dalam memperbaiki kompetensi profesional guru dengan memberikan bantuan untuk memperluaslpengetahuan, meningkatkan keterampilan mengajar dan menumbuhkan kompetensi profesional guru dalam menguasai pengelolahan kegiatan pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mengumpulkan data dan referensi yang berhubungan dengan topik artikel. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah berperan sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru dimasa pandemi Covid19 yaitu dengan memberikan pembinaan, bimbingan, pengembangan dan mengoptimalkan kemampuan mengajar guru agar lebih berkualitas; 2) Kegiatan supervisi akademik terdiri dari tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut; 3) Teknik supervisi yang digunakan pada masa pandemi Covid-19 yaitu kunjungan kelas secara virtual; 4) Hambatan yang terjadi dalam melaksanakan supervisi akademik yaitu keterbatasan kemampuan IT guru, ketidakterbukaan guru terhadap kepada kepala sekolah terkait permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring, dan kepala sekolah yang belum sepenuhnya memahami terkait konsep, fungsi, dan tujuan pelaksanaan supervisi akademik.
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (05), 257-1272, 2021
2021 Optimalisasi sarana prasarana berbasis IT sebagai penunjang pembelajaran dalam jaringan
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 240-255, 2021
2021 Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19
Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 144-155, 2021
2021 Pengembangan aplikasi sistem informasi layanan akademik berbasis codeigniter
Pengembangan sistem informasi manajemen merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik secara umum maupun pada sektor–sektor tertentu, misalnya pendidikan, terutama pada saat seperti ini (pandemi covid-19), di mana kegiatan sosial masyarakat beralih menggunakan bantuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu layanan pendidikan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya untuk memudahkan mahasiswa dalam mengakses segala kebutuhan mengenai surat menyurat dan dinamakan dengan sistem informasi layanan akademik Fakultas Imu Pendidikan Unesa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menerapkan sembilan dari sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Hasil penelitian ini adalah E–Layanan Fakultas Ilmu Pendidikan sesuai atau mendekati sempurna untuk digunakan, dengan hasil pada masing–masing tahap adalah sebagai berikut:(1) pada tahap pengujian awal (Preliminary Field Testing) mendapatkan presentase hasil melebihi 30% pada setiap kategorinya;(2) pada tahap pengujian yang kedua ditemukan beberapa hambatan tetapi dapat terselesaikan pada tahap selanjutnya;(3) pada tahap pengujian yang terakhir (Operational Product Testing) mendapat presentase hasil melebihi 70% pada masing–masing kategorinya, ini berarti bahwa pengembangan E–Layanan sangat berguna. Dengan adanya E–Layanan juga aktivitas layanan akademik sangat terbantu terutama pada pasa pandemi Covid–19 seperti saat ini.
JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 4 (2), 139-151, 2021
2021 Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 156-170, 2021