Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Preprospec Berbasis Daring: Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Literasi Matematis
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran berbasis daring, yaitu Preprospec dan Direct Learning, dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan literasi matematis pada Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumen (hasil tes Kemampuan Awal Matematis dan Kemampuan Literasi Matematis mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level Kemampuan Awal Matematis (KAM), dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan literasi matematis pada kedua pembelajaran yang berbasis daring (Preprospec dan Direct Learning). Namun, mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Preprospec berbasis daring mengalami kesulitan yang lebih rendah daripada mahasiswa yang telah memperoleh Direct Learning berbasis daring. Adapun kesulitan paling banyak yang dialami mahasiswa pada kedua pembelajaran tersebut terletak pada indikator ‘membuktikan suatu argumen’.
SINASIS (Seminar Nasional Sains) 2 (1), 2021
2021 Analisis Implementasi Project Based Learning Dengan Teknik Immediate Feedback Pada Materi Rantai Markov
This research aims to analyze of implementation of Project Based Learning with Immediate Feedback technique on Markov Chain material. This research used a qualitative method. Subjects of this research were students of Mathematics Education Program at one of the private universities in East Jakarta who were selected by purposive sampling technique. This research used a variety of instruments. The instruments were observation sheets, interview guidelines, document, and researcher. The data in this research were collected by triangulation technique. The result shows that in general, Project Based Learning with Immediate Feedback technique on Markov Chain material can be implemented well even though in the process of working in the field, lecturer must guide and motivate students intensively so that they can complete their project on time.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Project Based Learning dengan teknik Immediate Feedback pada materi Rantai Markov. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di salah satu PTS di Jakarta Timur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan beragam instrumen. Adapun instrumennya adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen, dan peneliti. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, Project Based Learning dengan teknik Immediate Feedback pada materi Rantai Markov dapat diimplementasikan dengan baik meskipun pada proses pengerjaannya …
Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 7 (1), 2021
2021 Student Thinking Levels in Solving Open-Ended Geometric-Function Problem by Algebraic Representation Approach
The mathematical problem mostly has been involved in the measurement of student ability according to study objectives and data needs. In this study, geometric-function problem has been used to data collection, analyzed problem type, and students thinking levels based on their completion. The sample of this study was three student high school in a science programme in the region of West Jakarta who selected purposively. Based on data analyzed, the result was found that students view the problem as the task constructed algebraic function formula. The completion and solution that have been shown by students, categorized the problem in open-ended type. The finding of mathematical thinking levels analysis there was a different complexity of thinking process between students because the number of concepts applicate. According to van Hiele theory, student’s geometry thinking levels was on abstraction level minimally, and the problem is not relevant for deduction thinking level criterion. For the analysis result about algebraic thinking levels, by the structure of the observed learning outcome (SOLO) taxonomy, students at the levels between relational and extended abstract Students in these levels was a student high ability so it is appropriate with the background of the sample selected.
1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education …, 2021
2021 Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19
Pandemi Coronavirus disease 2019 (COVID-19) telah mengubah semua bidang, salah satunya sistem di bidang pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran online hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap psikologi siswa khusunya dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya keluhan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika sementara mereka memiliki keterbatasan dalam belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan motivasi dalam belajar siswa selama pembelajaran online terhadap hasil belajar matematika. Responden sebanyak 113 siswa kelas IX di MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Oktober sampai Desember 2020. Metode dalam penelitian menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data yang yaitu melalui hasil angket self efficacy, angket motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika siswa pada Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas IX tahun ajaran 2020/2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) self efficacy berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa,(2) motivasi dalam belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dan (3) self efficacy berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 13 (1), 1-11, 2021
2021 EDUCATIONAL GAME SMART WORD COMMUNICATION MEDIA FOR AUTISTIC CHILDREN
This study aims to test the validity of communication learning media for children with autism in everyday life. This research method uses the development of the Thiagarajan 4D model which is applied in three stages, namely: definition, design, and development. Development products in the form of a smart word education game are equipped with instructions and objectives for their feasibility testing, limited to validity tests from material experts, media experts, and special education and testing experts. The results show that the smart word educational game product is suitable for use because it has been validated by material experts, a percentage of 76% is obtained with the criteria
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need 1 (1), 2021
2021 IMPLEMENTASI MANAJEMN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTs MA’ARIF 1 PONOROGO
Marketing management of educational services will be good if it is carried out effectively and efficiently in a professional manner. This is done as an effort to make it easier for educational institutions to market their services to the public. The purpose of this study is to describe and analyze the implementation of marketing management of educational services at MTs Ma'arif 1 Ponorogo. This research uses descriptive qualitative method. The results of this study are, MTs Ma'arif 1 Ponorogo Implements the education marketing mix as follows:(1) product strategy,(2) price strategy,(3) place strategy,(4) promotion strategy,(5) people strategy,(6) physical eventdance strategy,(7) process strategy. In addition, there are various developments in marketing strategies carried out by MTs Ma'arif 1 Ponorogo in the face of competition between educational institutions.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (3), 2021
2021 Media Video Pembelajaran Materi Perubahan Cuaca Dalam Learning Management System Berbasis Web Bagi Siswa Tunarungu
Siswa tunarungu sering mengalami penurunan minat belajar ketika pembelajaran bersifat verbal karena karakteristik belajarnya visual. Sebab itu diperlukan media yang dapat memvisualisasikan pembelajaran. Video pembelajaran dengan Learning Management System (LMS) berbasis web sesuai kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran materi perubahan cuaca dengan LMS berbasis Web bagi siswa tunarungu. Pendekatan penelitian pengembangan (R&D), dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluate) digunakan karena berupaya menghasilkan produk tertentu, dan menguji kelayakan produk tersebut. Hasilnya Video perubahan cuaca dengan LMS berbasis WEB yang dapat diakses di laman www. media. tunarungu. com nilai tervalidasi ahli media 97, 72%, tervalidasi ahli materi 91, 6%, tervalidasi ahli Pendidikan Luar Biasa 78, 26%. Dapat disimpulkan bahwa Learning Management System Berbasis WEB Materi Perubahan Cuaca Bagi Siswa
Grab Kids: Journal Of Special Education Need 1 (1), 2021
2021 Analisis Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Di Embung Kuniran Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi
Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ada di Indonesia tergolong banyak, meskipun demikian pengembanganya belum optimal sehingga di masa depan dapat lebih dioptimalkan. Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Ngawi sendiri sebesar 89, 23 persen kerenanya masih dibutuhkan pengembangan guna kebutuhan dari masyarakat yang belum terpenuhi. Embung Kuniran di Kabupaten Ngawi merupakan salah satu tempat yang berpotensi untuk dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Dasar dari mikrohidro adalah pemanfaatan potensial energi tinggi jatuh air (head) dimana semakin tinggi air tersebut jatuh maka akan lebih besar pula energi listrik yang didapat dari diubahnya energi potensial tersebut. Analisis kelayakan ini dilakukan dengan beberapa metode yang dilakukan guna mengetahui headnett. dengan google maps koordinat atau google earth, kemudian untuk mengetahui data debit dipakai metode apung dengan cara mengapungkan botol plastik 600 mL diberi isi air tidak penuh. dengan jarak sesuai dengan aliran embung dimana sudah diketahui. ke. dalamannya dan lebar embung tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besar potensi daya listrik dari Embung Kuniran apabila headnett sebesar 3 meter maka daya listrik rata-rata yang dapat dibangkitkan sebesar 2918.3 kW, meskipun head yang dimiliki Embung Kuniran tergolong rendah tetapi debit air yang di hasilkan Embung Kuniran tergolong besar dan stabil. Tipe Turbin air yang paling optimal adalah Turbin air dengan jenis Turbin Kaplan karena memiliki head yang rendah yaitu 3 m, juga rata rata debit airnya adalah 123.95 m 3/s.
Jurnal Teknik Elektro 10 (3), 783-791, 2021
2021 Efficiency Analysis of Zakat Institutions Based on The Organizational Cluster in Indonesia: Free Disposal Hull (FDH) Approach
This study aims to analyse the level of efficiency of zakat institutions in Indonesia between 2014 and 2018. Zakat institutions are divided into three clusters based on the organisation's nomenclature: the government, public, and private groups. The division of these clusters aims to see differences in the management of zakat funds between each group. This study uses a quantitative research approach through the Free Disposal Hull (FDH) method to produce a more comprehensive average efficiency estimation than the Data Envelopment Analysis (DEA). The sampling technique is purposive, and there are fourteen research objects observed. The government cluster is the cluster with the highest efficiency value. The private set comes in second, and the public group comes in third ranking. The high score that the government cluster earns is due to their primary business purpose, which focuses on managing zakat funds. The results of this study can be used as references for the policy establishment of zakat institutions in Indonesia.
Al-Uqud: Journal of Islamic Economics 5 (2), 218-233, 2021
2021 Peningkatan Kompetensi Terapi Mandiri Emotional Freedom Technique Untuk Meningkatkan Emosi Positif Penguat Imun Tubuh Masa Pandemi Covid 19
Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor merupakan tenaga pendidik di sekolah yang bertugas memberikan layanan psikologis-educational dalam membantu siswa mencapai perkembangan optimal. Dalam masa pandemi covid 19 diberlakukan kebijakan pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Para siswa membutuhkan penyesuaian untuk dapat mengikuti pembelajaran daring ini, yang dapat menimbulkan kecemasan disertai emosi tertentu. Oleh karena itu, para konselor sekolah membutuhkan kecakapan memandu siswa melaksanakan terapi mandiri yang mendukung kesehatan psikologisnya. Salah satu keterampilan yang dapat dilatihkan adalah terapi mandiri (Emotional Freedom Technique/EFT). Kecakapan ini relevan diberikan kepada konselor berdasarkan beberapa rasional diantaranya:(1) Para siswa membutuhkan penguatan psikologis positif pada situasi wabah saat ini,(2) melalui work from home konselor sekolah tetap menjalankan tugas dan perannya membantu siswa mencapai kesehatan mental dan perkembangan diri yang positif,(3) pelayanan bimbingan dan konseling membutuhkan cara-cara baru yang relevan dengan kebutuhan psikologis siswa,(4) kompetensi menerapkan EFT memungkinkan layanan bantuan terapi emosional positif yang dibutuhkan pada situasi wabah saat ini. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatan kompetensi guru BK atau konselor dengan menerapkan terapi mandiri emotional freedom technique untuk meningkatkan emosi positif selama pandemi covid 19. Sehingga dengan adanya kegiatan ini kompetensi konselor semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan …
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 2021