Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Studi Analisis: Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar
Penelitian ini merupakan studi analisis Implementasi program sekolah Adiwiyata pada Sekolah Dasar dalam pembentukan karakter peduli terhadap lingkungan. Tujuannya untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah Adiwiyata, mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing sekolah dalam Program Adiwiyata, serta sejauh mana implikasi Sekolah Adiwiyata perihal pembentukan karakter sejak dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah Systematic Review, salah satu metode penelitian yang menggunakan tinjauan, telaah, evaluasi terstruktur, pengklasifikasian serta pengkategorian yang kemudian ditarik kesimpulan. Literatur yang digunakan terbitan tahun 2016-2021 dapat diakses full text dalam format pdf. Berdasarkan dari hasil penelusuran di Google Schoolar, Semantic Scholar dan Garuda menggunakan kata kunci yang dipilih, telah ditemukan 222,519 artikel yang sesuai dengan Program Adiwiyata. Dari 222,519 artikel diklasifikasikan sesuai dengan rumusan penelitian ditemukan 25 artikel untuk analisis lebih lanjut. Pembentukan karakter sejak dini. Berdasarkan artikel yang dianalisis, dapat disimpulkan bahwa implementasi Program Adiwiyata di lingkungan sekolah, semua sekolah yang diteliti sudah mengintegrasikan kurikulum sekolah, terwujud dalam setiap kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran PPKn, IPA dan ekstrakurikuler. Selain itu ada program penghijaun, Takakura, program komposter, pembibitan dan program 4R. Strategi yang digunakan melalui pembelajaran secara langsung tentang wawasan lingkungan, pembiasaan pagi, dan “Jum’at Bersih” sehingga mengurangi …
JPGSD 9 (09), 3384-3398, 2021
2021 Sustainable Development Education Practices in Elementary Schools.
This study described the practice of Education for Sustainable Development (ESD) along with the supporting factors of the implementation of ESD in three elementary schools (SD) which are referred to as pilot education schools in Surabaya, namely SD Al Irsyad, Citra Berkat Primary Schooland Putat Gede I Surabaya Elementary School. The study used a qualitative approach with comparative descriptive methods. The instrument used in the form of in-depth interviews and documentation studies. Data analysis techniques included data reduction, data presentation and verification. The results of this study indicated that sustainable development practices that have been implemented in the Primary School in Surabaya take place (1) as diverse as conservation which includes the stages of preservation, restoration, adaptation and revitalization and ecoliteracy to facilitate so students can build connections, awareness and experience, (2) has been supported by the commitment of the school community
Journal of Education and Learning (EduLearn) 15 (2), 178-187, 2021
2021 Hubungan Antara Kepuasan dengan Loyalitas pelanggan di Hypermart Gresik
Pelanggan yang loyal pada perusahan ritel akan diinginkan dalam dunia persaingan bisnis dan menginginkan produknya diminati dalam jangka waktu yang panjang. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara kepuasan dengan loyalitas pelanggan di Hypermart Gresik. Penelitian ini merupakan studi sampel, dimana jumlah sampel yang menjadi subjek penelitian berjumlah 275 responden. Teknik dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan bantuan SPSS 21 for windows. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan bentuk penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pearson product moment. Hasil dari analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,729 (r= 0,729) dengan taraf signifikansi 0,000 (p< 0, 05), bermakna bahwa hipotesis “terdapat hubungan antara kepuasan dengan loyalitas pelanggan di Hypermart Gresik” dapat diterima. Hubungan kedua variabel terbukti searah, artinya semakin tinggi nilai kepuasan pelanggan, maka semakin tinggi pula loyalitas pelanggan. Sebaliknya, semakin rendah nilai kepuasan pelanggan, maka semakin rendah loyalitas pelanggan.
Jurnal Penelitian Psikologi 8 (1), 2021
2021 Hubungan antara modal psikologis dengan produktivitas kerja pada pengusaha UMKM kerajinan kulit dan koper di kecamatan tanggulangin sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara modal psikologis dengan produktivitas kerja pada pengusaha UMKM kerjainan kulit dan koper di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini 200 subjek, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Ruang lingkup serta subjek penelitian merupakan pengusaha UMKM kerajinan kulit dan koper di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Product Moment Correlation. Berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan, didapatkan hasil signifikan sebesar 0, 00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan yang terjadi ainatara variabel modal psikologis dengan variabel produktivitas kerja. Berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan juga menunjukan koefisien korelasi dari penelitian ini sebesar 0,264 (r= 0,264), bersasarkan hasil dari uji korelasi nilai yang dimunculkan tidak terdapat tanda negatif, sehingga nilai koefisien korelasi memiliki arah hubungan yang positif sehingga arah hubungan antara variabel bebas dan terikan memiliki sifat yang searah.
Jurnal Penelitian Psikologi 8 (01), 70-83, 2021
2021 Hubungan antara budaya organisasi dengan komitmen organisasi pada karyawan produksi bagian circular loom di PT X Sidoarjo
Komitmen organisasi merupakan keinginan karyawan untuk bertahan lama dalam suatu organisasi, serta memiliki rasa ketertarikan dengan tujuan dan nilai-nilai yang ada di organisasi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendah atau tingginya komitmen organisasi pada karyawan ialah budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara budaya organisasi dengan komitmen organisasi pada karyawan produksi bagian circular loom di PT X Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner skala komitmen organisasi dan budaya organisasi. Penelitian ini dilakukan di PT. X Sidoarjo dengan subjek sejumlah 139 karyawan produksi bagian circular loom. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil dari analisis tersebut ialah nilai signifikansi budaya organisasi dan komitmen organisasi ialah sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0, 05 yang memiliki makna bahwa terdapat hubungan antara budaya organisasi dengan komitmen organisasi. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebanyak 0,538 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga menujukkan bahwa semakin baik karyawan memaknai budaya organisasi, maka akan semakin tinggi juga komitmen organisasi yang dimiliki oleh karyawan produksi bagian circular loom di PT X Sidoarjo.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8 (1), 45-55, 2021
2021 Hubungan antara psychological capital dengan work engagement pada karyawan perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Bojonegoro
Jurnal Penelitian Psikologi 8 (3), 61-72, 2021
2021 Virtual Learning in English Course at LKP Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Kediri
This study aims at describing virtual learning in English courses at LKP Mahesa Institute Kampung English Pare Kediri. This study employs a quantitative research design. The population and sample included 100 people with the ones taking courses at LKP Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Kediri as the research subjects. The sampling technique used in this research is total sampling. The data were analysed using descriptive statistics in the form of percentages. The overall research results show that virtual learning with the approach of creating and sharing interactive content in English courses is categorized good with a percentage of 78.42%. These results are supported by the suitability of the results in each of the sub-variables, namely teaching quality, teaching level, incentive, and time. In this case, virtual learning with the approach of creating and sharing interactive content in English courses is quite effective. Therefore, this learning system is expected to be one of the new approaches that can be applied in English courses, especially during the Covid-19 pandemic which applies distance learning.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 8 (2), 2021
2021 Buku Ajar Peran Komunitas Kelompok belajar Giri Mulya Untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Desa Munggugebang
(2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500. 000.000, 00 (lima ratus juta rupiah).(3) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1. 000.000. 000, 00 (satu miliar rupiah).
Bayfa Cendekia Indonesia, 2021
2021 Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik
Sebagai bentuk usaha dan upaya untuk menciptakan semangat maupun motivasi belajar dari peserta didik, diperlukan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran agar peserta didik nantinya dapat mempunyai motivasi belajar yang maksimal. Oleh karenanya, dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus tumbuh dan berkembang. Inovasi tersebut adalah digunakannya metode pembelajaran berbasis online atau daring. Adanya penelitian ini adalah sebagai tujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sampel pada penelitian sebanyak 30 peserta didik dari paket B UPT SKB Cerme Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sedangkan uji validitas dipilih dengan menggunakan korelasi product moment, hal ini disebabkan penelitian hanya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Bersumber pada nilai r hitung menampilkan angka sebesar 0,569 lebih besar dibanding nilai dari r tabel yang sebesar 0,361. Dengan demikian dapat dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan ataupun korelasi yang berkategorikan sedang.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 24-37, 2021
2021 Way of Improving Learning Effectiveness on Educational Supervision Course in Covid-19 Pandemic: Development of E-Learning-Based Teaching Materials
This research is motivated by the need of the availability of teaching materials for students as supporters of online/virtual learning during the Covid-19 pandemic. Availability of E-Learning-based teaching material is expected to overcome the problems faced by students, especially how they understand teaching material on the Educational Supervision Course. This study was designed to produce E-Learning-based teaching materials for Educational Supervision as an effort to improve the effectiveness of learning. Development of teaching materials for Educational Supervision course is using ADDIE Model with the steps to apply this model sequentially include:(1) analyze,(2) design,(3) development,(4) implementation, and (5) evaluation. The result of this study is the implementation of using E-learning method requires instrumental support which includes the device or media used, readiness, and the ability of lecturers to implement a virtual learning system, including teaching material as a single component in the learning system.
International Conference on Elementary Education 3 (1), 633-638, 2021