Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Hubungan Antara Stres Akademik Dan Bullying Terhadap Tingkat School Refusal Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Blitar
Jurnal BK Unesa 12 (2), 2021
2021 MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN (SEBUAH KAJIAN AKSIOLOGI)
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk membahas tetang model pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah yang ditinjau dari sudut pandang filsafat pendidikan. Rumusan masalah dalam tulisan ini yakni bagaimana model pembelajaran matematika dalam perpesktif filsafat pendidikan ditinjau dari kajian aksiologi. Tulisan ini menggunakan kajian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil pembahasan tulisan ini dapat disimpulkan: 1. Penerapan model pembelajaran di sekolah bertujuan sebagai sarana bagi guru dan siswa dalam mencapai tujuan dari pembelajaran dan sebagai pedoman dalam pelaksanaan sintaks yang telah dirancang dengan tujuan agar pembelajaran menjadi terarah sampai pada tahap akhir pembelajaran. 2. Model pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar di kelas karena dengan menerapkan model pembelajaran interaksi antara guru dan siswa menjadi bermakna artinya setiap proses yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran mendukung untuk tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. 3. Penerapan model pembelajaran dapat disesuaikan dengan sintaks pembelajaran yang berhubungan dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran dimana dari hasil penelitian yang pernah dilakukan bahwa dalam penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermatematika khususnya dalam menyelesaikan masalah-masalah kontekstual
Journal of Science and Social Research 4 (3), 291-298, 2021
2021 Studi Kepustakaan Tentang “Self Regulated Learning”
Jurnal BK UNESA 12 (1), 2021
2021 PENGUATAN INOVASI LAYANAN BK SAAT DAN PASCA PANDEMI COVID-19
Artikel ini bertujuan mendiskripsikan makna inovasi bagi layanan bimbingan dan konseling, cara mengembangkan inovasi, bentuk-bentuk inovasi disaat dan pasca pandemic covid 19, mengidentifikasi berbagai upaya menguatkan inovasi layanan Bimbingan dan Konseling. Penyusunan artikel ini didasarkan atas studi literatur, dan didapati bahwa, Inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi layanan BK,“inovasi atau mati”, bila BK tidak berinovasi akan ditinggalkan siswa dan tidak bermakna bagi siswa. Cara guru BK mengembangkan inovasi meliputi mempertanyakan perbaikan layanan apa yang bisa dilakukan, menciptakan Layanan BK yang menarik dan bermakna, berkolaborasi untuk menghasilkan inovasi. Bentuk inovasi ditengah pandemi diantaranya syncronus tele-guidance and counseling, materi layanan yang terbuka bisa diakses semua, tutorial self assessment, tutorial self-healing. Upaya penguatan inovasi pada layanan BK melalui regulasi, eksekusi, dan pemberdayaan. Berdasarkan kajian direkomendasikan sebagai berikut; Guru BK selalu berupaya berfikir dan berperilaku inovatif agar layanan yang dikembangkan menarik bagi siswa dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai, baik saat pandemi maupun pasca pandemi.
Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2021 PD ABKIN JATIM …, 2021
2021 PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NGANJUK
Kurangnya pemahaman serta pengetahuan kepala sekolah tentang teknik penyusunan proposal Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) di kabupaten nganjuk menjadi salah satu permasalahan yang krusial. Permasalahan tersebut membutuhkan sebuah solusi berupa pelatihan secara berkesinambungan agar kepala sekolah dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan PTS serta bagaimana cara menyususn proposal PTS yang nantinya bisa di terapkan sekolah. Hal ini sangat perlu dilakukan agar para kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensinya sebagai kepala sekolah yang profesional. Melihat kondisi tersebut maka perlu diselenggarakan kegiatan pelatihan menyusun Proposal PTS bagi kepala sekolah SD di Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini meliputi metode ceramah, tanya-jawab, diskusi, pemberian tugas dan latihan mandiri, coaching dalam menyusun proyek proposal. Metode ceramah, tanya-jawab dan diskusi, digunakan pada saat pertemuan awal dan penyampaian materi pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan. Metode pemberian tugas dan latihan mandiri penyusunan proposal digunakan pada saat melatih peserta pelatihan menyusun bagian-bagian dari komponen proposal. Produk PKM ini adalah: proposal PTS yang dibuat oleh kepala sekolah dan PTS digunakan untuk membuat rencana perubahan sekolah yang mengacu pada standart mutu.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 2021
2021 Pemberdayaan Penjahit Masker Kain Anti Covid-19 di Kabupaten Ponorogo
Penyebaran Covid-19 berdampak besar pada kesehatan dan perekonomian masyarakat. Kesehatan dan perekonomian menjadi satu kesatuan yang harus diselesaikan secara seimbang. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menurunkan penyebaran covid dan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup empat tahap, yaitu tahap perencanaan, survei kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian masyarakat kali ini diikuti oleh 25 penjahit yang berasal dari Desa Poko Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Masker yang diproduksi berjumlah 1000 masker yang selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat Desa Poko untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Melalui pemberdayaan ini, selama 2 kali produksi 1 kelompok penjahit masker dapat menghasilkan penghasilan sebesar Rp 805.000 dan menyisakan masker senilai Rp 80.000, sehingga laba secara keseluruhan mencapai Rp 885.000.
Abimanyu: Journal of Community Engagement 2 (1), 60-65, 2021
2021 Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik
Kepemimpinan instruksional sangat strategis digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Gaya kepemimpinan ini berorientasi pada kepemimpinan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kebijakan kepemimpinan instruksional menjadi parameter sekolah dalam meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah: mengetahui dan menganalisis pengaruh model kepemimpinan instruksional, peningkatan Keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dengan menyebarkan kuisioner menggunakan google form. Hasil penelitian ini adalah:(1) ada pengaruh model kepemimpinan instruksional terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik;(2) ada pengaruh model kepemimpinan instruksional terhadap hasil belajar peserta didik; dan (3) ada pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional efektif meningkatkan kualitas pembelajaran.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (2), 2021
2021 Pengembangan BAM Matakuliah Analisis Kebijakan Pendidikan Berbasis Online
Menanggapi perkembangan virus Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, dan Universitas Negeri Surabaya menerbitkan surat yang berkaitan dengan pembelajaran daring di rumah. Agar kegiatan pembelajaran daring berjalan lancar, maka perlu dikembangkan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran daring, salah satunya dalam bentuk Buku Ajar Mahasiswa (BAM). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, BAM memiliki peran signifikan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pembelajaran daring. Pengembangan BAM dilaksanakan pada Matakuliah Analisis Kebijakan Pendidikan dengan menggunakan metode ADD (Analysis, Design, and Development). Pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan platform Google Classroom. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, pengembangan buku ajar mahasiswa ini dikembangkan berdasarkan 4 aspek, yaitu aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian materi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikaan. Pengembangan buku ajar ini divalidasi oleh 2 ahli, yaitu ahli konten dan ahli kebahasaan. Berdasarkan hasil validasi, buku ajar yang dikembangkan ini memperoleh nilai 86, 5 dengan kriteria penilaian sangat baik, sehingga layak untuk dijadikan bahan ajar bagi mahasiswa pada Matakuliah Analisis Kebijakan Pendidikan.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (2), 96-103, 2021
2021 Competitive Advantage Strategy Development at SDIT At Taqwa Surabaya
This study aims to produce a competitive advantage strategy product at the Integrated Islamic Elementary School of At Taqwa Surabaya by looking at the feasibility, practicality and effectiveness of the strategy. The approach and type of research used is development research with a descriptive quantitative approach. The data obtained in this research and development comes from the results of interviews, observations, documentation, and questionnaires filled out by expert validators and subjects who have been selected into a small group involved in the study. Data analysis was carried out by:(1) validity data analysis,(2) practicality data analysis,(3) effectiveness data analysis. This research and development resulted in a product in the form of compiling a model for developing a competitive advantage strategy at SDIT At Taqwa Surabaya that was valid, practical, and effective. The product consists of several components which include:(1) title page,(2) introduction,(3) introduction,(4) steps for implementing a competitive advantage strategy development model that must be carried out by the Principal, Deputy Principal, Field Coordinator, and Homeroom Teacher. The feasibility of the product in the form of compiling a competitive advantage strategy development model at SDIT At Taqwa Surabaya obtained the following values:(1) validity of 3.3 from a maximum value of 4,(2) practicality of 2.87 from a maximum value of 4, and (3) effectiveness of 2.71 of the maximum value of 4.
International Journal for Educational and Vocational Studies 3 (3), 221-226, 2021
2021 Implementasi Kebijakan Program Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) di MINU Trate Putri Gresik
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan program Lesson Study, hal-hal yang menunjang dan yang menjadi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan program Lesson Study, solusi pemecahan atas kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui dampak/hasil dalam mengimplementasikan kebijakan program Lesson Study di MINU Trate Putri Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif, teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan berdasarkan empat komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, penyimpulan data. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dalam pengimplementasian kebijakan program Lesson Study yaitu semua kegiatan dilakukan sesuai dengan kriteria dari Kementerian Pendidikan. Dampak dari implementasi program Lesson Study Berbasis Sekolah ini meliputi adanya perubahan paradigma para guru dalam proses pembelajaran yang lebih terbuka, kreatif dan kolaboratif serta semakin bertambahnya prestasi yang telah diraih oleh siswa, guru maupun sekolah secara umum.
Jurnal Paedagogy 8 (3), 296-303, 2021