Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri
Penelitian dilatar belakangi pentingnya ketangguhan mental dalam pencapaian prestasi atlet pelajar beladiri. Fungsi dari ketangguhan mental untuk menjaga dan mengontrol performa selama menghadapi kesulitan. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketangguhan mental adalah kepercayaan diri. Percaya diri memberi keyakinan untuk menampilkan yang terbaik, sehingga atlet pelajar bela diri memiliki mental tangguh. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental pada atlet pelajar bela diri. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, semua populasi digunakan dalam penelitian. Jumlahnya terdiri 60 orang atlet pelajar cabang olahraga bela diri, terdiri dari cabor judo, karate, pencak silat, gulat dan anggar. Rentang usia 15-18 tahun, terdiri dari 26 atlet pelajar perempuan dan 34 atlet pelajar laki-laki. Pengumpulan data menggunakan istrumen skala kepercayaan diri yang disusun berdasarkan Manzo et al. Dan skala ketangguhan mental yang disusun berdasarkan Gucciardi et al. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental pada atlet pelajar bela diri. Semakin tinggi kepercayaan diri atlet pelajar maka semakin tinggi ketangguhan mentalnya, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan analisis data dihasilkan nilai uji R square 0.251. Maknanya adalah kepercayaan diri memberi sumbangsih 25.1% terhadap ketangguhan mental atlet pelajar bela diri.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8 (3), 36-45, 2021
2021 Pengembangan Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini
Kondisi pandemi yang melanda hampir seluruh negara-negara yang ada di dunia, menyebabkan permasalahan pada dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah media yang dapat mensinkronkan seluruh aktivitas pembelajaran. Tujuan inti dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kehandalan desain LMS bagi PAUD pada website SIKUMBANG. Menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek yang digunakan dalam ujicoba ini yaitu 3 orang guru dan 26 siswa Taman Kanak-Kanak Lab School Unesa. Hasil LMS yang telah dikembangkan dapat diakses pada laman https://sikumbang. unesa. ac. id. Selain itu dilakukan validasi perangkat yang digunakan dalam LMS dengan menggunakan metode survey yang dilakukan secara daring dengan dinilai sangat layak untuk digunakan. Pada tahap implement (implementasi) dilakukan sebanyak tiga kali pada tema keluarga. Berdasarkan hasil uji terdapat peningkatan jumlah pengguna. Pengguna dapat menggunakan secara mandiri, adanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan LMS, guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahap pembelajaran daring.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1), 109-120, 2021
2021 Keefektifan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Mengungkapkan Bahasa Anak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan litersi digital terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis dan mengungkapkan bahasa anak usia dini. Merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Cabang Ngagel Surabaya dengan sampel 96 anak, adapun data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan statistik dengan Uji-t dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan Keefektifan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan mengungkapan bahasa pada anak usia dini yang diterapkan dalam pembelajaran. Terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir logis pada anak usia dini yakni kelompok eksperimen lebih besar pengaruhnya dari pada kelompok kontrol. Uji-t membuktikan bahwa H 0 ditolak dan H a diterima yang di ketahui dari nilai t-hitung adalah 2.222 lebih besar dari nilai t-tabel yaitu 1.98552. Efektifitas literasi digital dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia dini secara signifikan.
Jurnal Pelita PAUD 6 (1), 81-91, 2021
2021 Sex Education Has a Positive Impact on Children’s Self Concept
Sex education for children is an effort made to provide understanding, teaching, and planting about issues related to sexuality given to children. The purpose of this study was to determine the self-concept that has a positive impact on children and to find out how to instill sex education in early childhood in a good and right way. This study uses a quantitative approach using descriptive statistics. The results of this study reveal that most parents already understand the importance of inculcating sex education in children, which will positively impact children’s self-concepts.
Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2021
2021 Music Enhancing Young Learner’s Creativity
This research emphasizes on elaborating the feasibility of the media of the bandwagon educational game on the creativity of children aged 5-6 years. To obtain the research objectives, this researcher conducted research and development using the 4D model developed by Thiagarajan, namely define, design, develop and disseminate. The subjects in this research trial were five children aged 5-6 years and 30 ECE teachers. The data collection instrument used a structured interview technique and an online questionnaire through a google form accompanied by a video of the implementation of the bandwagon educational game. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive analysis. From this research, it shows that the development of the bandwagon educational game tool that has been tested on a small scale is valid and feasible. This shows that this bandwagon game is effective and can be applied and has an appeal for early childhood in learning.
International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 8 (8 …, 2021
2021 The Effectiveness Of M-Puzzle Toward Preschooler Spatial Skill
This study aimed to determine the effectiveness of digital-based geometry puzzle games to stimulate the spatial intelligence of children aged 4-5 years. This type of research is R&D (Research and Development) using the ASSURE model. This study used the target participants aged 4-5 years in PGRI II Taji Kindergarten as a test of instrument validity, Dharma Wanita Duriwetan Kindergarten as the main sample for testing a digital-based geometry puzzle product and NU Hidayatul Athfal Muslimat Kindergarten as a conventional product trial (LKA). The results showed that the digital-based geometric puzzle media that had been developed was more effectively used as a learning medium to stimulate children's spatial intelligence in recognizing shapes and colors compared to conventional media.
JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 6 (2), 2021
2021 Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun
Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pengembangan produk, desain prototype dan keefektifan penggunaan video tutorial penggunaan media STEKPAN guna membantu orang tua anak usia 4-5 tahun untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development atau pengembangan. Validasi produk dilakukan melalui google form dengan hasil bahwa media STEKPAN layak digunakan dan diproduksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada 50 responden yaitu orang tua anak usia 4-5 tahun melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini berupa video tutorial penggunaan media STEKPAN yaitu Stik Es Krim Papan. Hasil feedback orang tua menyatakan bahwa media STEKPAN layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 untuk anak usia 4-5 tahun. Implikasi penelitian ini adalah pada aspek kebermanfaatan video tutorial penggunaan media STEKPAN yang positif, dimana orang tua memiliki pengetahuan tambahan bagaimana cara untuk menstimulus perkembangan kognitif anak melalui media STEKPAN.
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 4 (1), 8-17, 2021
2021 Family intervention program for autism
Interventions can minimize the impact of developmental barriers on autism. Inconsistent interventions result in behavioral deterioration. Parents have a big role to provide consistent intervention to children. This study aims to review home intervention programs that family can do at home. The research method used is a literature review. The data collection method used is the literature related to home-based autism interventions and family intervention. The results of the study show several programs that can be applied by families at home. The results showed the intervention models that can be done by family are ABA, PLAY, dan TEACCH. Through this study, it can be concluded that ABA is the most effective technique that can be used as a basis for implementing family interventions. Comprehensive interventions are also highly recommended for home interventions, such as modifying the environment and providing …
COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education 6 (2), 2021
2021 Investigating Virtual Learning on Students Learning Outcomes in Urban and Rural Areas
This study aims to investigate the implementation of virtual learning on students’ learning outcomes mediated by motivation and to compare its effectiveness between urban and rural areas. This study employed quantitative design, involved 362 students of Faculty of Education in UNESA. To determine the sample, it employed Solvin’ s formula. The data were collected by using three instruments, specifically Virtual Learning Effectiveness, Learning Outcomes, and Motivation. To see the difference of virtual learning on learning outcomes mediated by motivation based on student’ s location, path analysis was performed twice by separating the data into two kinds of groups. The first group contains student’ s data that lived in an urban area. The second group contains student’ s data that lived in a rural area. The findings of this research confirm that the virtual learning is effective to improve students’ learning outcomes which was mediated by motivation. In addition, it was found that the motivation of students from urban areas is higher than those from rural areas. It suggests that the native location of students influences their motivation.
Dinamika Pendidikan 16 (1), 54-63, 2021
2021 Intervensi Musid 8-D untuk Mengurangi Kecemasan pada Mahasiswa Unesa Saat Pandemi Covid-19
Saat pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau kepada seluruh institusi pendidikan untuk mengganti sistem pembelajaran menjadi daring. Melalui surat edaran hasil rapat koordinasi pimpinan Unesa, 13-14 Maret 2020, memutuskan untuk meniadakan kegiatan tatap muka termasuk perkuliahan hingga waktu yang belum ditentukan. Persebaran jumlah kasus Covid-19 yang cepat, perubahan seperti menipisnya stok hand sanityzer dan obat-obatan, serta maraknya berita dan hoaks mengenai Covid-19 dapat menimbulkan kecemasan pada mahasiswa Unesa. Kecemasan yang terjadi berpengaruh pada kondisi fisiologis dan psikologis sehingga dapat menurunkan imun tubuh. Sedangkan untuk menangkal virus Covid-19 yang dibutuhkan adalah kekebalan tubuh yang baik. Mahasiswa membutuhkan cara untuk mengatasi kecemasan disituasi pandemik agar imun tubuh tidak menurun. Salah satu alternatif intervensi untuk mengurangi kecemasan adalah melalui mendengarkan musik 8-D. Tujuan kegiatan ini agar kecemasan mahasiswa Unesa menurun saat pandemi covid-19. Kegiatan dilakukan dalam kelas virtual dan dilakukan selama 4 hari bertururt-turut. Partisipan sejumlah 77 orang mahasiswa (11 laki-laki dan 66 orang perempuan). Instrumen yang digunakan adalah skala kecemasan. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat penurunan skor skala kecemasan sesudah intervensi musik 8-D sebesar 69, 2%. Ini menunjukkan bahwa intervensi musik 8-D memberikan pengaruh untuk menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa Unesa yang mengalami kecemasan di saat pandemic covid-19. Intervensi music 8-D dapat dijadikan …
Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, 870-876, 2021