Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Pendampingan Ektrakurikuler Ludruk Sebagai Kegiatan Pendidikan Non Formal dalam Pembinaan Siswa di SDN Ketapang Kuning Jombang
Ludruk is a traditional art form originating from East Java. Ludruk is included in one of the traditional drama arts which is played or performed by several people who are members of an art group or group. One of them is an extracurricular activity held at SDN Ketapang Kuning which has a new extracurricular activity that is quite different from other extracurricular activities, namely ludruk extracurricular because it collaborates with ludruk art under the leadership of Mr. Didik Purwanto as the school builder. extracurricular ludruk and owner of the legendary ludruk
Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (03), 325-333, 2022
2022 KETERLIBATAN AKADEMISI DALAM PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA BINAAN KKN DI KABUPATEN NGANJUK
Pandemi Covid-19 merupakan bentuk bahaya (hazard) yang memiliki potensi mengancam segala aspek kehidupan masyarakat, seperti sosial, ekonomi, kesehatan, dan psikologis. Oleh karena itu perlu dilakukan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dalam menjaga sosial ekonomi masyarakat agar tetap sehat, terjamin dan minimal terbantu untuk bisa bertahan hidup dalam menghadapi pandemic Covid-19 yang melanda sampai ke pelosok desa. Kebutuhan dasar yang diperlukan oleh masyarakat tersebut dikemas dalam bentuk sembako yang akan di distribusikan terhadap masyarakat yang terdampak di desa binaan KKN Kabupaten Nganjuk. Oleh karena itu dalam program ini dilakukan melalui pendekatan sosial ekonomi masyarakat. Metode pelaksanakan kegiatan PKM Covid-19 ini meliputi empat tahapan yakni persiapan/perencanaan, survey kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam membantu permasalahan ekonomi yang dialami oleh warga sekaligus juga dapat membantu warga memenuhi kebutuhan akan makanan bergizi dan vitamin di masa pandemi Covid-19.
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 2022
2022 PELATIHAN GURU DAN ORANG TUA SISWA SEBAGAI PENDAMPING KELAS SISWA DIFABEL
Anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki karakteristik khusus serta berbeda dengan anak pada umumnya. Dalam hal ini penanganan untuk siswa dalam kategori ABK sangatlah diperlukan, terutama di lingkungan sekolah dan rumah. Di sekolah selingkung Labschool Unesa memiliki 20 siswa ABK yang tersebar pada jenjang TK, SD dan SMP. Di sekolah, peserta didik tersebut dilayani oleh guru kelas dan orang tua yang mendampingi ketika belajar. Berkaitan dengan hal ini, para guru kelas dan orang tua siswa belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang ABK dan penanganannya. Selain itu, guru dan orang tua juga tidak memiliki latar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB). Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan pelatihan bagi guru dan orang tua. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penangan ABK, supaya para guru dan orang tua dapat bersinergi dalam memberikan pelayanan, sehingga akan memberikan hasil pendidikan secara optimal. Kegiatan dilakukan dalam bentuk workshop dengan teori dan praktek. Hasil dari kegiatan pengabdian dinyatakan sangat efektif. Selain itu secara penguasaan materi, peserta pelatihan juga mengalami peningkatan yang dapat diketahui melalui hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diketahui terdapat perbedaan rata-rata hasil pada peserta pelatihan. Saran untuk guru dan orang tua yakni agar selalu konsisten dalam menguatkan perannya untuk mengakomodir kebutuhan anak, termasuk kebutuhan ABK.
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (3), 2020-2030, 2022
2022 PENINGKATAN KAPASITAS KARANG TARUNA DESA TEMU MELALUI DESIGN THINKING PROCESS
Desa Temu, Kecamatan Tenor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki karang taruna, namun karang taruna tersebut tidak cukup berkembang sejak awal berdiri, bahkan selama 2 (dua) tahun terakhir dinilai mati suri akibat pandemi Covid-19. Pasca pandemi Covid-19, karang taruna Desa Temu ingin berusaha bangkit dan mencoba aktif untuk menjalankan beragam program pemberdayaan masyarakat. Hal ini dikarenakan para pemuda telah menyadari kondisi yang ada, salah satunya kondisi perekonomian. Terdapat 134 penduduk usia produktif (20-55 tahun) yang belum bekerja atau terpaksa tidak bekerja akibat pandemi Covid-19. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya adalah anggota karang taruna. Ditinjau dari tingkat pendidikan, mayoritas penduduk hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, kondisi ekonomi, dan pandangan hidup masyarakat yang masih tradisional. Dari permasalahan tersebut, diperlukan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas karang taruna agar dapat memberdayakan masyarakat Desa Temu. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode design thinking process. Hasil kegiatan pengabdian dinyatakan sangat efektif untuk meningkatkan kapasitas karang taruna. Secara penguasaan materi, terdapat peningkatan kompetensi dari peserta yang dapat diketahui melalui perbedaan hasil pre-test dan post-test. Saran untuk karang taruna agar mengembangkan dan menjalankan program-program yang dapat meningkatkan kemandirian dan keberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. Selain …
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (3), 2107-2116, 2022
2022 Analysis of Principal’s Leadership at Unesa Lab School
Principals have an essential role in realizing schools that excel, excel, and even. A school principal's ability is not only in carrying out his role as a leader and manager but also, more importantly, as a motivator, innovator, and supervisor, including the principal in the Unesa Lab School Environment. This study aims to analyze the performance of school principals in carrying out their functions as innovators, motivators, and supervisors. The research method uses descriptive quantitative. Research respondents included school principals and educators at Lab school Unesa Junior High School (JHS) 1, Unesa Lab school JHS 2, and Unesa Lab school Unesa Lab school JHS 3. The analysis technique used percentages. The results of this study indicate that the principal's leadership is carried out optimally. The data shows that the principal of Unesa Lab school JHS 1 has a score of 4.31, Unesa Lab school JHS 2 has a score of 4.30, and Unesa Lab school JHS 3 has a score of 4.55. In general, the principal's leadership in carrying out the functions of innovator, motivator, and supervisor has been excellent, and this must be maintained and even improved. For this reason, the principal must have the ability to receive and provide information to subordinates and their environment. As innovators, Principals have tips for establishing a harmonious relationship with a new climate of ideas, and they must also be able to integrate every activity. In carrying out his function as a motivator, the principal must be able to encourage a strong will and will with enthusiasm and confidence for teachers, staff, and students in carrying out their respective duties. The principal's …
Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 8 (01), 37-48, 2022
2022 Analysis of Student Participation Pursuing Package C in Online Learning During the Covid-19 Pandemic
The Covid-19 pandemic has limited public service activities, including education. Package C education at CLC has diverse student backgrounds, so educators must make online learning by conducive. The purpose of this study was to describe the level of participation of students pursuing package C in online learning during the Covid-19 pandemic at CLC Cerme Gresik. This study uses quantitative research with a survey approach. The sampling technique used was purposive sampling with a total of 35 students pursuing package C. Data collection techniques using questionnaires were carried out online using
Journal of Nonformal Education 8 (1), 2022
2022 Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget
Kehidupan di era modern saat ini, anak-anak sebagian besar bertempat tinggal kota besar telah dipengaruhi gadget yang membuat lebih sedikit ruang untuk berpartisipasi dalam dunia nyata. Penelitian memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget pada anak di Kelompok Bermain (KB) Al Falah Darussalam Tropodo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian orang tua KB Al-Falah Darusalam tropodo dengan jumlah 15 orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara tersetruktur observasi, dan dokumentasi. Penelitian menguji keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian ini terdapat peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Cara orang tua dalam mendampingi anak usia dini dalam menggunakan gadget antara lain 1) Batasi waktu anak dalam menggunakan gadget. 2) Pemilihan konten yang aman sesuai usia anak. 3) Imbangi penggunaan gadget dengan aktivitas anak. 4) Tetapkan aturan dalam penggunaan gadget bagi anak. 5) Orang tua perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5), 5425-5436, 2022
2022 ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT PRODUKSI GARAM DI DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGERANGAN KABUPATEN SAMPANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel modal, variabel luas lahan dan variabel tenaga kerja, serta pengaruhnya terhadap tingkat produksi garam di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Hasil analisis menggunakan analisis jalur, menyatakan bahwa modal berpengaruh terhadap produksi dan pendapatan petani garam di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Hasil analisis luas tambak berpengaruh terhadap produksi dan pendapatan petani garam di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Hasil analisis tenaga kerja berpengaruh terhadap produksi dan pendapatan petani garam di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Kepada petani garam disarankan perlu adanya program pembinaan dari pemerintah Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten …
Universitas Muhammadiyah Malang, 2022
2022 The Effect Of Online Learning On Learning Outcomes Through Independent Learning
Online learning that has been carried out at the formal and informal levels is thought to be able to influence student learning outcomes. Learning independence of students is suspected to be one of the predictors that can also affect learning outcomes. This study tries to prove the effect of learning on learning outcomes with or without predictors of the influence of independent learning. This research uses a causal design with path analysis method. 50 out of 180 students of LBB Kumon Waterplace Surabaya were selected to be the research sample using purposive sampling and the formula for 25% of the population. Data analysis using SPSS application with linear regression test. The results of the study showed that online learning with or without intervention from the independent learning of students affected learning outcomes (p< 0.05). The contribution of online learning without an independent learning intervention is 57.9%, while the contribution of online learning with an independent learning intervention is 60.2%. This study proves that there is an effect of online learning with or without independent learning interventions on student learning outcomes.
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 10 (2), 290-298, 2022
2022 The Role of the Giri Mulya Study Group Community for Increasing Community Empowerment
Penelitian ini bertujuan untuk menggali kebutuhan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang berorientasi pada potensi daerah melalui Komunitas Kelompok Belajar Giri Mulya dengan proses pengelolaan sumber daya masyarakat berbasis komunitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sementara pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Munggugebang, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Pemilihan informan menggunakan teknik snowball sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan Komunitas Kelompok Belajar Giri Mulya memberikan dampak positif terhadap keberdayaan masyarakat yang ada di Desa Munggugebang. Kerja sama yang terjalin antar elemen masyarakat dapat menjadi suatu dorongan yang signifikan dalam melakukan suatu proses pemberdayaan. Keberlangsungan pendidikan di Komunitas Kelompok Belajar Giri Mulya menjadi suatu upaya paling dasar dalam melakukan pemberdayaan di suatu wilayah, dalam hal ini adalah pedesaan.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 9 (1), 2022