Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Hubungan Health Belief Model dengan Perilaku Kepatuhan Terhadap Program Vaksinasi Covid-19 pada mahasiswa
Pemerintah resmi melakukan program vaksinasi Covid-19, dan terdapat fenomena Pro-kontra pada program vaksinasi Covid-19, sehingga adanya masyarakat yang menolak melakukan program vaksinasi pemerintah. Namun pada akhir bulan September 2021 angka penerimaan vaksinasi covid-19 meningkat dan membuat Indonesia menerima peringkat 6 dunia dalam jumlah orang yang menerima vaksin. Health Belief Model bisa dijadikan dasar untuk menganalisis factor yang berhubungan dengan penerimaan vaksid covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Health Belief Model (HBM) dengan Perilaku Kepatuhan terhadap program vaksinasi covid-19 pada Mahasiswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 362 Mahasiswa dan Penelitian ini melibatkan mahasiswa dengan rentang umur 18-25 tahun yang sudah melakukan vaksin Covid-19 tahap 1 ataupun tahap 2. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang menunjukkan adanya hubungan antara health belief model dengan perilaku kepatuhan vaksinasi covid-19 pada mahasiswa. Berdasarkan data hasil pada penelitian ini diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih besar dari 0, 05 sedanglan nilai koefisien korelasi memperoleh nilai sebesar 0,718 sehingga terdapat hubungan signifikan dengan arah positif.
Jurnal Penelitian Psikologi, 45-54, 2022
2022 Pelatihan Deteksi Dini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Guru KB-TK Labschool Unesa
ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) is a medical disorder that can be recognized by specific behavioral characteristics, namely inattention to surroundings, easily distracted condition, and an attitude of following one's own will. Children diagnosed with ADHD require special treatment so that their specificity can be fulfilled. Teacher knowledge about ADHD is an important thing in order to detect and provide the right educational model for students. The implementation of this training in community service uses modules and early detection tools for ADHD children or students. The purpose of this activity is so that teachers can identify the condition of their students whether any of these students lead to the characteristics of ADHD. Based on the results of the post-test and case discussions, the teachers at the beginning of the activity stated that they were still confused about the condition of their students so that they understood the situation of their students more clearly. The teachers also stated that they more clearly see the condition of the students they work with in class, especially for students who have a tendency to ADHD.
Majalah Ilmiah UPI YPTK, 13-18, 2022
2022 Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
Covid-19 memiliki berbagai dampak khususnya yang terjadi di Indonesia. Salah satu dampaknya di bidang pendidikan, para pelajar dilarang untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka untuk menghindari kontak langsung yang dapat mempermudah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, para peserta didik diwajibkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meminimalisir adanya penyebaran Covid-19 dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti zoom, google meet, google classroom, whatsapp group, dan berbagai aplikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan stress akademik pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa aktif jurusan psikologi Universitas Negeri Surabaya yang terbagi dalam dua kelompok yaitu subjek tryout dengan jumlah 30 mahasiswa dan subjek penelitian yang berjumlah 231 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala persepsi dukungan sosial dan skala stress akademik. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi menggunakan pearson product moment. Hasil dari analisa data menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,842 dan signifian sebesar 0,000 (p< 0, 05). Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara dukungan sosial dan stress akademik yang berarti apabila dukungan sosial yang dirasakan mahasiswa tinggi, maka stress akademik yang dirasakan mahasiswa tersebut rendah. Sebaliknya, jika dukungan sosial yang dirasakan mahasiswa tersebut rendah, maka stres …
Character: Jurnal Penelitian Psikologi Volume 8 No 9, 166-178, 2022
2022 Strategi Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Dengan Banyak Peran
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui strategi regulasi emosi pada mahasiswa yang memiliki banyak peran (sebagai mahasiswa, tergabung dalam suatu organisasi, dan sedang bekerja paruh waktu). Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan perpektif fenomenologi dengan variabel regulasi emosi yang akan diteliti secara mendalam. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis tematik (thematic analysis). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang dengan kriteria yang telah ditentukan dan subjek ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur dan observasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keempat subjek menerapkan strategi regulasi emosi berupa respon focused strategi (expressive suppression) dan antesedent focused strategy (cognitive reappraisal). Subjek menerapkan strategi regulasi emosi karena seringkali mereka diliputi emosi negatif ketika dihadapkan dengan berbagai peran yang dijalaninya. Hal yang paling memengaruhi subjek tetap bertahan dalam memiliki peran banyak adalah adanya support system yang baik.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (3), 19-29, 2022
2022 Hubungan antara gratitude dengan subjective well-being pada mahasiswa psikologi Unesa di masa pandemi covid-19
Pandemi adalah situasi terjadinya suatu wabah penyakit yang menular dan menyebar secara meluas di seluruh negara. Kondisi ini mengarahkan mahasiswa pada situasi yang menjadi tantangan bagi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Gratitude dengan Subjective Well-Being pada mahasiswa Psikologi UNESA di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional dengan subjek penelitian berjumlah 188 mahasiswa sebagai partisipan dan 30 mahasiswa sebagai sampel tryout. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis korelasi menunjukan bahwa terdapat nilai signifikansi pada Gratitude dengan Subjective well-being sebesar 0.000 (Sig.< 0.05) yaitu kurang dari 0.05 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.638 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Gratitude dengan Subjective Well-Being pada mahasiswa Psikologi UNESA di masa pandemi Covid-19. Hasil menunjukan terdapat hubungan yang kuat dan memiliki arah hubungan yang positif sehingga apabila Gratitude (X) meningkat maka Subjective Well-Being (Y) juga meningkat, begitupun sebaliknya. Penelitian ini menunjukkan besaran kontribusi variabel Gratitude terhadap Subjective Well-Being adalah sebesar 40.7% sedangkan 59.3% sisanya disumbangkan oleh faktor lain.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (1), 180-194, 2022
2022 Improving Parents’ Attention to The Interest of High School Students Continuing Study in Higher Education through a Parenting Program
Continuing to college is the dream of high school graduates living in urban areas. With good grades in semesters 1-5, they can pass SNMPTN with a study program that suits their interests, especially if they have KIP or PIP scholarship cards. With KIP they do not need to spend money, tuition fees are free, and they even get pocket money. Those who do not pass the SNMPTN can also study for free with KIP at private universities. The reality is not the case because of 80% of KIP recipient students, only 20% are willing to continue. The main reason given is because of the parents’ economy, even though they have been socialized about the existence of KIP, their decision has not changed, therefore a parenting program is held. The purpose of this study was to determine the improving effect of the Parenting Program to increase parental attention to the interest of class XII students to continue their studies at SMA Negeri 3 Bondowoso for the academic year 2020-2021. This research uses the experimental method. The study results stated that there was an increase in parental attention and student interest in continuing to college after the parenting program was implemented.
Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022
2022 Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional Bagi Guru SMP Surabaya
Penulisan artikel jurnal nasional yang dilakukan oleh Guru maih terbilang kecil. Berbagai upaya pemangku kebijakan dari pengaturan regulasi peraturan pemerintah hingga mengadakan berbagai kegiatan dan sosialisasi jurnal. Secara langsung maupun tidak langsung penulisan artikel ilmiah memberikan dampak yang cukup besar bagi seorang profesionalisme terutama guru. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional Bagi Guru SMP Surabaya. Pelaksanaan pelatihan dilakukan ecara Daring. Media yang digunakan adalah power point dan praktik membuat akun dan submite secara langsung pada jurnal nasional. Hasil yang didapatkan dari penelitain ini sebanyak 15 artikel guru terpublikasi pada jurnal nasional dalam kegiatan ini, selain itu terdapat pula peningkatan pemahaman guru SMP tentang publikasi di jurnal nasional.
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 5 (3), 900-908, 2022
2022 The Practice of Public Speaking with the Experiential Learning to Improve Self-Efficacy in Students of Islamic Boarding High School
The industrial era 4.0 requires students to adapt well to have confidence in their own abilities, to have courage to come up in public, to convey ideas and to use technology for the sake of their welfare. This research aims at studying the application of students’ public speaking skills with the experiential learning method. There were 20 students participating in a training on public speaking at the Boarding School in East Java, for 6 months. In the public speaking practice, a student did it directly while the others observed the student doing the speech. There were four steps in the experiential learning method used this research: practice, reflection, improvement and follow-up. This research uses the qualitative method. The data were collected through observations and documentation. The results of the observations are supported by the students’ progress journals for those 6 months. The results of the public speaking through the experiential learning method indicate increased self-efficacy of the students, which further improves their abilities, performance and attitudes. The implication of this finding is that the experiential learning method can be used to improve students’ self-efficacy. Furthermore, students need to practice in front of their peers to eventually discover and recognize their own speaking style and attitude in public.
Sociometry Journal of Social Science, Art and Humanity 2 (1), 2022
2022 The Influence of The Family Environment and Grit on Student's Academic Self-Efficacy
The Covid-19 pandemic has caused students to no longer be able to carry out face-to-face meetings as usual, this has hampered their personal and social development. This study will focus on seeing whether there is an influence between the family environment and grit on academic self-efficacy. Using simple random sampling technique, this study involved 106 7th and 8th grade students of SMPN Surabaya, Indonesia. The instruments used in this study were parenting style questionnaires, persistence questionnaires and academic self-efficacy questionnaires. The results showed that the F test was 12,361 and the significance was 0.000> 0.05 indicating that there was a significant effect between family environment and grit on the academic self-efficacy of junior high school students. So that a good family environment in this case parenting will affect the child's self-efficacy, in this study authoritarian parenting is the parenting pattern that has the most positive influence on self-efficacy. Then to improve academic self-efficacy, parents and teachers must collaborate to create a family and school environment that supports children to develop well.
Bisma The Journal of Counseling 6 (2), 228-237, 2022
2022 Pelaksanaan Cyber Counseling di SMPN 59 Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19
Banyaknya kendala dalam pembelajaran daring yang dialami oleh siswa dan guru akibat Covid-19, memberikan tantangan tersendiri bagi guru bimbingan dan konseling. Berbagai upaya telah dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam rangka membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa pada masa pandemi melalui cyber counseling. Hal itulah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian e-konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses cyber counseling yang dilakukan guru bimbingan dan konseling pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 59 Kota Surabaya dengan teknik sampling purposive sampling. Responden pada penelitian ini adalah wali kelas VII, VIII, IX, dua orang guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas VII, VIII, IX di SMPN 59 Surabaya yang mana pada setiap kelas diambil satu responden. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah model Miles and Huberman (Interactive Model)Hasil penelitian ini menggambarkan tentang Pelaksanaan cyber counseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling terhadap siswa yang memiliki masalah selama masa pandemi Covid-19. Cyber counseling bisa membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa selama masa pandemi Covid-19. Kelebihan cyber counseling yakni, dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Sedangkan kelemahan cyber …
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9 (3), 478-496, 2022