Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
EMOTIONAL REGULATION SKILLS TO REDUCE BULLYING BEHAVIOR OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
This study aims to elaborate on the theoretical basis and practice of emotion regulation skills to reduce bullying behavior in junior high school students. The research method used is library research method. The data collection method used is the documentation method. The data analysis technique used is content analysis. In order to maintain the accuracy of the assessment and prevent misinformation in data analysis, inter-library checks and rereading of the literature as well as attention to the supervisor's comments are carried out. The results of this study are 1) Knowing the function of emotion regulation skills; 2) Strategy of emotion regulation skills; 3) Emotional regulation training steps; 4) The effectiveness of emotional regulation training on bullying behavior; 5) Emotional regulation of bullying victims; 6) Factors affecting emotion regulation; 7) The relationship of emotion regulation with the aspect of …
Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation 32, 3, 0
Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Korban Perundungan Verbal di Sekolah Dasar
Tindak perundungan verbal kerap terjadi dilingkungan sekolah. Seringkali individu yang menerima tindak perundungan verbal mengalami hambatan untuk mengembangkan percaya dirinya. Beberapa artikel menyebutkan bahwa hambatan tersebut disebabkan oleh pemikiran maupun sudut pandang negatif yang muncul setelah individu mendapatkan tindak perundungan verbal dari orang lain. Hal ini mengakibatkan individu menjadi tidak yakin akan kemampuan yang dimiliki dan cenderung membenarkan tindak perundungan verbal yang dilakukan terhadapnya. Penelitian ini ditujukan untuk menyajikan mengenai penggunaan teknik Reframing untuk meningkatkan percaya diri korban perundungan verbal di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berita, artikel penelitian, dan jurnal yang dipublikasi yang dikumpulkan dengan menggunakaan teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi terhadap literatur dan artikel penelitian yang menjadi sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang menjadi korban perundungan verbal cenderung tidak percaya diri yang disebabkan oleh pemikiran dan sudut pandang yang negatif mengenai diri dan lingkungannya. Hal ini berdampak pada terhambatnya kemampuan individu untuk mengaktualisasikan dirinya. Hasil dari pemberian treatment dengan menggunakan teknik Reframing adalah individu mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang lebih positif sehingga individu menjadi lebih percaya diri, hal ini ditunjukkan dengan perubahan yang dialami …
Hal, 0
PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A di TK Rukun Lestari kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis pre-experimental design dan desain penelitian one group pre test-post test design. Subyek penelitian berjumlah 20 anak. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh data Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf sifnifikan 5%= 52 dan hasil pengambilan keputusan yaitu: Ha diterima karena Thitung< Ttabel (0< 52) dan Ho ditolak karena Thitung> Ttabel (0> 52). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media papan flanel berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan Kelompok A di TK Rukun Lestari Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya.
PG-PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 0
Yuliati. 2009
Pengembangan Model Scaffolding Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Pendekatan …, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar
Menurut The International Association for the Evaluation of Education Achievement (dalam Dalman, 2014: 154), kemampuan membaca siswa di sekolah dasar Indonesia menduduki peringkat ke-26 dari 27 negara sampel. Hasil penelitian tersebut mencerminkan bahwa standar membaca siswa SD di Indonesia masih rendah. Didukung oleh penelitian Nugraha (2014: 2), hal itu disebabkan karena guru tidak menggunakan strategi pembelajaran inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz dan pengaruhnya terhadap kompetensi membaca pemahaman. Desain penelitian yang digunakan yaitu Noneequivalent Control Group Design. Persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz yang diperoleh dari kedua observer yaitu 100%. Hasil Uji-t Dua Sampel diketahui bahwa nilai t-test< 0, 05 (0,000< 0, 05). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe Team Quiz berpengaruh terhadap kompetensi membaca pemahaman siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253904, 0
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POHON KATA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA DALAM MENGENAL TEKS DESKRIPTIF DI KELAS
Masih banyaknya pembelajaran di sekolah dasar masih berpusat pada guru sehingga ditawarkan media pohon kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pohon kata dan pengaruhnya terhadap penguasaan kosakata siswa dalam mengenal teks deskriptif di kelas I SDN Wiyung I Surabaya. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t diperoleh bahwa t tabel (5%)= 2,002< t hitung= 3, 49> t tabel (1%)= 2,663. Presentase pada pembelajaran 1= 96, 43% dan pembelajaran 2= 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Pelaksanaan penggunaan media pohon kata berjalan dengan sangat baik dan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa dalam mengenal teks deskriptif.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253893, 0
Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menerapkan Metode Bermain Peran Siswa Kelas V Sdn 3 Petiken Gresik
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 3 Petiken Gresik. Hal tersebut dibuktikan dari 32 siswa dalam satu kelas hanya 56, 25% yang telah mencapai KKB sebesar 75. Hal itu disebabkan oleh metode pembelajaran yang dipilih dan digunakan oleh guru masih belum dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara maskimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 3 Petiken Gresik. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode bermain peran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan kolaborasi antara guru kelas dan peneliti. Penelitian tindakan kelas ini bersifat deskriptif kualitatif dibantu dengan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai ketercapaian pelaksanaan pembelajaran memeroleh nilai 72, 40 dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 89, 34 pada siklus II. Hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara yang dilihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I  memeroleh 62, 5% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87, 5%. Kata Kunci: keterampilan berbicara, bermain peran
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254623, 0
Pengaruh Penerapan Model Induktif Kata Bergambar terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar
Model induktif kata bergambar memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif mengamati gambar yang ditampilkan. Selanjutnya siswa menuliskan kata-kata yang dapat dimunculkan dari gambar. Berdasarkan kata-kata tersebut siswa mulai menulis narasi. Aktivitas mengamati gambar, menuliskan kata-kata, dan menulis narasi menjadi pembelajaran yang bermakna karena membantu siswa dalam mengekspresikan pengalaman hidup mereka. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penerapan model induktif kata bergambar terhadap keterampilan menulis narasi siswa Sekolah Dasar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis pre-experimental design. Desain experimen yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model induktif kata bergambar terhadap keterampilan menulis narasi.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253914, 0
Penerapan Metode Peta Pikiran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar
Hasil observasi di kelas IV SDN 1 Slempit Kedamean Gresik menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa masih rendah. Sebanyak 71, 42% dari 35 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode peta pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode peta pikiran, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis karangan narasi, dan mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran serta cara mengatasinya. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif kuantitatif. Melalui dua siklus penelitian diperoleh hasil bahwa aktivitas guru pada siklus I dan II terlaksana 100%. Ketercapaian aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 78, 75, pada siklus II memperoleh nilai 93, 75. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 65, 71%, pada siklus II mencapai 88, 57%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan metode peta pikiran dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 1 Slempit Kedamean Gresik.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-10, 0
Penerapan Metode Karya Wisata untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Pembelajaran tematik atau terpadu adalah suatu konsep pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas V SDN Sawahan IX/348 Surabaya masih rendah. Hal ini karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Dengan adanya hal tersebut, perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan metode karya wisata. Dengan metode karya wisata siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan melalui pengamatan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui data pelaksanaan pembelajaran, hasil menulis eksposisi siswa dan kendala serta solusi dalam penerapan metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Sawahan IX/348 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan Persentase. Rata-rata nilai ketuntasan siswa 82 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Secara klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 76% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Sedangkan pada keterlaksanaan pembelajaran, persentase yang didapat pada siklus I sebesar 92% dan 97% pada siklus II. Untuk nilai ketercapaiannya diperoleh nilai 71 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan keretampilan menulis eksposisi siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253899, 0