Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2010 | Efektifitas Media “Pizza Karier” dalam Pemberian Layanan Informasi Karier | Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan dalam layanan informasi karier. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media Bimbingan dan Konseling. Media “Pizza Karier” dipilih sebagai salah satu upaya perbaikan atas masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media “Pizza Karier” dalam pemberian layanan informasi karier dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman materi layanan informasi karier siswa dengan menggunakan media “Pizza Karier”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Bimbingan dan Konseling yang dilakukan sebanyak dua siklus, karena penelitian ini berusaha untuk melakukan perbaikan terhadap pelaksanaan pelayanan Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam layanan informasi karier dengan fokus pengembangan media. Berdasarkan analisis … |
Jurnal Unesa, hlm, 1-13, 2010 | |
2010 | Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial | Yogyakarta: Ladang Kata, 2010 | ||
2010 | Mutu Guru Dalam Perspektif Manajemen Strategik di Sekolah Dasar | Abstract; This research aims at developing a training model to improve the teacher quality to make them prepared to face global competition. The specifications of the model comprises a) identification of organizational needs consisting of SWOT analysis, choice of strategy alternatives and strategy formula; b) needs analysis; c) training plan; d) training implementation; e) evaluation. After the tryout it shows that this model is proved to be effective. |
Pendidikan Dasar 11, 2010 | |
2010 | PENULARAN EMOSI (EMOTIONAL CONTAGION) PADA PASIEN RAWAT-INAP KELAS 3 INSTALASI RAWAT-INAP RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA | Pasien yang dirawat di rumah sakit cenderung berada dalam keadaan emosional yang negatif. Emotional contagion (penularan emosi) adalah suatu kecenderungan untuk secara otomatis menirukan (mimicry) dan menyesuaikan (synchrony) ekspresi wajar, vokal atau suara, postur tubuh, dan gerakan orang lain, dan konsekuensinya, ikut terpengaruh secara emosional. Akibatnya, pasien-pasien yang berada dalam satu ruangan dapat membaca emosi pasien lain melalui perilaku ekspresif mereka. Penelitian ini menekankan perhatian pada penularan emosi yang terjadi pada pasien-pasien tersebut, yaitu mekanisme, akibat, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan arsip. Berdasarkan penelitian ini peneliti menemukan bahwa penularan emosi dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu conscious cognitive process, conditioned and unconditioned responses, serta mimicry/feedback. |
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 1 (1), 19-25, 2010 | |
2010 | Penerapan Teknik Permainan Kerjasama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Siswa | Jurnal 11, 2010 | ||
2010 | Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar | Diakses dari http:-//edukasi. kompasiana. com. Tanggal 15, 2010 | ||
2010 | Aktualisasi kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi lesson study berbasis sekolah: studi kasus di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang | Kata kunci aktualisasi kepemimpinan Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) Keberhasilan sekolah dalam implementasi dan pengembangan Lesson study (LS) sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran menjadi trademark sekolah. Keberhasilan LS tidak terlepas dari aktualisasi kepemimpinan kepala sekolah. Aktualisasi kepemimpinan kepala sekolah termanifestasi dalam peran kompetensi serta komitmen dalam mengimplementasikan LS didasarkan atas basis sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) profil LSBS yang mencakup (a) profil sekolah (b) implementasi LSBS (c) faktor-faktor pendukung implementasi LSBS (d) faktor-faktor penghambat implementasi LSBS (e) upaya kepala sekolah dalam memberdayakan faktor-faktor pendukung implementasi LSBS (f) upaya kepala sekolah dalam mengatasi faktor-faktor penghambat implementasi LSBS aktualisasi kepemimpinan kepala sekolah dalam merancang program LSBS (2) aktualisasi kepemimpinan kepala sekolah dalam (a) merancang program LSBS (b) pelaksanaan LSBS dan (c) mengevaluasi LSBS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang memaparkan dan mengolah data. Jenis penelitian ini adalah studi kasus eksplanatoris yaitu untuk mejawab mengapa LSBS diimplementasikan yang dijelaskan dengan profil LSBS dan bagaimana aktualisasi kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi LSBS. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah Tim Pengembang Akademik dan Evaluasi (Tim Akadasi) para guru … |
Universitas Negeri Malang, 2010 | |
2010 | Respon Masyarakat Desa Kalimas Terhadap Sistem Pembelajaran di MAdrasah Aliyah Al Mizan Randudongkal Kab Pemalang | STAIN PEKALONGAN, 2010 | ||
2010 | Strategi Penyampaian Bahan Ajaran Melalui Pemanfaatan Metode dan Media dalam Proses Pembelajaran | Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pada hakikatnya dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan. Keempat istilah tersebut merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran. Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang akan dan/atau sedang digunakan dapat diketahui dari langkah-langkah pembelajaran yang telah tersusun dan/atau sedang terjadi. Pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran. Sedangkan strategi pembelajaran adalah ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode mengajar adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan … |
Jurnal Teknologi Pendidikan 10, 2010 | |
2010 | Asesmen dan Penilaian | Surabaya: Unesa Press, 2010 |