Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2022 | Community-Based Education and Regional Culture, Has It Been Put into Practice? | Communities and regional potential are the closest relations in the environment. The diversity and uniqueness of each community and region should be used to encourage the nation’s intellectual life. Using a literature review approach, this study aimed to obtain the appropriate strategy for implementing community-based education and local culture. Data were collected from previous research journals from 2010 to 2021. Then, it was analyzed using data reduction steps, data presentation, and conclusions or verification. The result shows that the implementation of these education approaches needs attention to the strategy and factor that affects it. The implications of the research results are discussed further in this article. |
AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14 (2), 1069-1078, 2022 | |
2022 | Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan | Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa depan adalah pendidikan yang mengembangkan potensi siswa dan dapat memecahkan masalah kehidupan, salah satunya masalah dalam pendidikan yang bisa bersumber dari guru dan juga bisa bersumber dari siswa, selain itu media dan juga strategi yang digunakan haruslah sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu contoh pembelajaran yang sesuai untuk siswa kelas VII adalah dengan desain media pembelajaran flas card math dengan strategi student teems achievement division diperoleh rata-rata pada siklus pertama yaitu 67. Karena hasil pada siklus I belum maksimal, maka peneliti melanjutkan pada siklus ke II dengan nilai rata-rata 71, 5. Karena pada siklus ke II masih juga belum maksimal maka dilnjutkan pada siklus ke III dengan memperoleh nilai rata-rata 86, 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media flas card math serta strategi student teems achievement division dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
Jurnal Basicedu 6 (3), 3420-3427, 2022 | |
2022 | Hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Toserba X | Kepuasan konsumen merupakan respon senang maupun kecewa dari konsumen sesudah membandingkan performance sebuah produk yang dipikirkan dengan hasil produk yang dirasakan. Kualitas pelayanan ialah keadaan dinamis yang berkaitan terhadap jasa, produk, SDM, beserta lingkungan yang memenuhi ataupun melebihi harapan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada toserba X. Metode penelitian pada penelitian ini memakai metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah konsumen toserba X yang berjumlah 130 orang yang dibagi menjadi subjek tryout berjumlah 30 orang dan sisanya adalah subjek penelitian sebanyak 100 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan modifikasi skala likert, instrumen ini didasarkan pada skala kualitas pelayanan dan skala kepuasan konsumen. Teknik analisis data penelitian kali ini memakai metode korelasi Product Moment dengan bantuan aplikasi SPSS 24.00 for windows. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai signifikansi sebanyak 0, 00 (Sig< 0, 05) yang berarti terdapat hubungan antara variabel kualitas pelayanan dengan variabel kepuasan konsumen pada toserba X. Selain itu ditemukan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,523, hal ini memperlihatkan jika ada hubungan yang cukup kuat antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9, 143-152, 2022 | |
2022 | PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS DIGITAL | Pendahuluan ebijakan merdeka belajar sebagai wujud transformasi pengelolaan pendidikan yang menempatkan well-being peserta didik sebagai orientasi utama dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting dikelola dan dilakukan dengan sangat baik oleh pengelola sekolah. Kepala sekolah sebagai supervisor diharapkan mampu membantu guru meningkatkan kapasitasnya untuk membelajarkan peserta didik secara optimal.(Gordon, 2019). Muara supervisi pendidikanya itu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan perlu dikelola dengan baik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Adapun konsep teknologi digital merujuk pada variabel-variabel: digital technology, information technology (IT), educational |
DUNIA METAVERSE, 3, 2022 | |
2022 | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SELAMA PELAKSANAAN PTMT | Proses belajar di dunia pendidikan pada pasca pandemi covid-19 memang akan berjalan unik dan menarik untuk dikaji secara empiris, teoretis dan berbagai pengalaman yang dialami guru dan murid selama proses belajar daring (online) dapat dijadikan inspirasi untuk diurai dalam wujud tulisantulisan ringan yang layak untuk di ketahui banyak orang dan layak dimuat dalam Buku Bunga Rampai ini. Para penulis buku ini akan berbeda sudut pandangnya melihat penyelenggaraan pendidikan di pasca pandemi, tetapi pada prinsipnya sama yakni bagaimana proses belajar di sekolah dan di rumah siswa dapat mengikutinya dan berbagai materi yang tertinggal selama proses belajar daring selama kurun waktu 2 tahun ini dijadikan dasar berpikir yang kuat untuk mau lebih meningkatkan lagi keinginan belajarnya baik di sekolah maupun di rumah.Pendidikan pada prinsipnya harus berada di garda terdepan bagi bangsa Indonesia secara khusus bagi para generasi milineal bangsa ini, olehkarena estafet kepemimpinan yang akan melanjutnya negara ini dimasa akan datang terletak pada bagaimana mutu pendidikan saat ini. Dalam dunia olahraga, jika penulis analogikan bahwa Indonesia bercita-cita masuk dalam 10 besar ranking dunia di |
OSF Preprints, 2022 | |
2022 | Strategi Mengajar Di Tingkat Pendidikan Menengah | Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi guru dalam mengajar meski pun siswa yang diajarkan berada di tingkat pendidikan menengah. Salah satu rintangan yang dihadapi guru adalah cara menyampaikan materi yang tidak dapat dipahami oleh semua siswa. Banyak siswa yang merasa bosan karena metode yang digunakan kurang menarik. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya strategi mengajar di tingkat pendidikan menengah. |
Yayasan Kita Menulis, 2022 | |
2022 | Filsafat Manajemen Pendidikan | Buku ini disusun sebagai ikhtiar untuk menyajikan kajian Manajemen Pendidikan dengan pendekatan filsafat yang kemudian melahirkan filsafat manajemen pendidikan untuk memastikan bahwa kajian tentang manajemen pendidikan dilakukan secara komprehensif, kritis dan radikal sehingga mencapai kepada suatu konsep dan praktik (empirik) manajemen pendidikan yang mendekati ideal yang pada akhirnya akan terus relevan dalam menjawab berbagai kebutuhan dunia pendidikan dan peradaban umat manusia yang terus mengalami perubahan dan kemajuan. |
Yayasan Kita Menulis, 2022 | |
2022 | Model dan Aplikasi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Di Situasi Tidak Normal | Kondisi alam serta paparan wabah tidak bisa diprediksi. Bencana alam serta wabah penyakit dapat datang kapan saja. Kondisi demikian menyebabkan situasi tidak normal. Meskipun situasi tidak normal, aktivitas pembelajaran harus tetap berjalan. Terdapat Model dan Aplikasi Pembelajaran yang dapat dimanfaatkan. Model dan Aplikasi Pembelajaran ketika dikembangkan akan menjadi inovasi pembelajaran yang bermanfaat di situasi tidak normal. Buku ini terdiri dari 15 (Lima Belas) bab, yaitu: Bab 1 Hakikat Pembelajaran di Situasi Tidak Normal Bab 2 Landasan dan Teori Pembelajaran Bab 3 Konsep Model dan Aplikasi Pembelajaran Bab 4 Tantangan Pembelajaran di Situasi Tidak Normal Bab 5 Strategi Pemilihan Model dan Aplikasi Pembelajaran di Situasi Tidak Normal Bab 6 Model Blended Learning dengan Edmodo Bab 7 Model Flipped Classroom Dengan Moodle Bab 8 Model Problem Based Learning dengan Google Classroom Bab 9 Model Project Based Learning dengan WhatsApp dan Google Meet Bab 10 Model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Sevima EdLink Bab 11 Model Pembelajaran PAIKEM dengan Facebook dan Twitter Bab 12 Model Pembelajaran Quantum dengan Youtube dan Telegram Bab 13 Mekanisme Penilaian Pembelajaran di Situasi Tidak Normal Bab 14 Sistem Evaluasi Mutu Pembelajaran di Situasi Tidak Normal Bab 15 Implikasi Pembelajaran di Situasi Tidak Normal |
Yayasan Kita Menulis, 2022 | |
2022 | Penelitian dan Pengembangan | Penelitian (research) pada hakikatnya merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencari jawaban dari persoalan yang dihadapi secara ilmiah. Penelitian menggunakan cara berpikir reflektif, berpikir keilmuan dengan prosedur yang sesuai dengan tujuan dan sifat penyelidikan. Metode penelitian dan pengembangan sering disebut dengan Research and Development (R&D) merupakan studi perencanaan atau rancangan sistematis, mengembangkan dan mengevaluasi program, proses, dan produk instruksional yang harus dipenuhi dengan kriteria yang konsisten dan efektivitas. Buku ini terdiri dari 12 bab yaitu: Bab 1 Hakikat Penelitian Bab 2 Jenis-Jenis Penelitian Bab 3 Populasi dan Sampel Bab 4 Skala Pengukuran Dan Instrumen Penelitian Bab 5 Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Bab 6 Metode Penelitian Pengembangan Bab 7 Pra Perencanaan Penelitian Pengembangan Bab 8 Perencanaan Penelitian Pengembangan Bab 9 Pelaksanaan Penelitian Pengembangan Bab 10 Penyusunan Proposal Penelitian Pengembangan Bab 11 Penyusunan Laporan Penelitian Pengembangan Bab 12 Contoh Penelitian Pengembangan |
Yayasan Kita Menulis, 2022 | |
2022 | Merdeka Belajar Merdeka Mengajar | Buku berjudul” Merdeka Belajar Merdeka Mengajar” yang ada di tangan pembaca ini disusun dengan semangat mendukung dan mensukseskan program kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dari Kemendikbud RI. Buku ini ditulis oleh para akademisi dan praktisi pendidikan yang peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional. Para akademisi dan praktisi pendidikan yang berjumlah 76 orang dari berbagai latar belakang keilmuan dan beragam institusi pendidikan di seluruh nusantara menuangkan ide, gagasan, dan pemikiran kreatifnya terkait konsep dan implementasi kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Para penulis yang merupakan pelaku langsung pendidikan di lapangan (baca: sekolah dan kampus) mendeskripsikan pandangan dan pengalaman mereka mengajar secara merdeka untuk memajukan mutu pendidikan nasional. |
Yayasan Kita Menulis, 2022 |