Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2012 Peran Filsafat Eksistensialisme terhadap Terapi Eksistensial-Humanistik untuk Mengatasi Frustasi Eksistensial
Existential-humanistic therapy helps people to achieve personal meanings of their existence by raising self-awareness and changing the deficient mindset in looking values and meanings of life. Existential philosophy gives an important contribution not only in providing conceptual basis of this therapy but also in determining the therapeutic techniques. Existentialism is a philosophical school that is more adequate than other schools of philosophy, such as empiricism, to understand of human beings as an individual. Meanwhile, humanism is highly valuing of human dignity in a way that of an individual occupies a central position in the theoretical-philosophical reflections as well as in the explanation of daily life practices. This article discusses the basic concepts of existential-humanistic therapy and describes how this approach places the self as the central focus in scientific inquiry and clinical practices.Abstrak: Terapi humanistik eksistensial membantu manusia untuk mengenal kembali keberadan dan kesadaran dirinya. Terapi ini juga membantu manusia mengubah pola pikir yang salah dalam hal nilai-nilai dan makna hidup, yang merupakan sumber utama frustasi eksistensial. Pendekatan terapi ini dilandasi oleh filsafat eksistensialisme dan humanisme tidak hanya dalam konsep-konsep dasarnya tapi juga dalam berbagai langkah terapi. Eksistensialisme berupaya untuk memahami hakikat manusia sebagai individu. Sedangkan humanisme menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia sedemikian rupa sehingga manusia menempati posisi yang sentral dan penting baik dalam perenungan filsafati maupun dalam praktis hidup sehari-hari …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 2 (2), 141-148, 2012
2012 Hubungan antara Kualitas Layanan dan Minat Membeli pada Konsumen Mini Market Mina Uswah Surabaya
This study examined the relationship between consumers perception of the customer service quality and their interests to buy in a small retail shop in Surabaya. Sixty consumers in œMina Uswah retail shop were recruited as participants. This shop was chosen because the owner has been promoting for years that buying in this place means giving charity as well. Data were analyzed using regression analysis. The result revealed that R²= 0.715 which means that the service quality variable have 71.5% of effective contribution to the participants intention to buy compared to other variables. This study concluded that the customer service quality correlated with the tendency to buy among its consumers.Abstrak: Penelitian ini menguji hubungan antara persepsi konsumen terhadapkualitas layanan pelanggan di toko ritel di Surabaya dan minat mereka untuk membeli. Enam puluh konsumen di toko ritel
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 2 (2), 121-125, 2012
2012 Pembelajaran Konstruktivis untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Program PGSD Unesa
Dalam http://wacana. jurnal. unesa. ac. id/101_699/pembelajaran …, 2012
2012 PENERAPAN PSYCHOMOTORIK THERAPY TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI-A PAJAJARAN KOTA BANDUNG: Penelitian Eksperimen Semu terhadap Siswa kelas D5 …
Anak tunanetra adalah anak yang memiliki hambatan dalam hal visual dimana kelainan tersebut dapat berimbas terhambatnya perkembangan pada sensori, motorik, belajar, dan tingkah lakunya. Penglihatan memungkinkan kita untuk bergerak dengan leluasa dalam suatu lingkungan, tetapi tunanetra mempunyai keterbatasan dalam melakukan gerakan tersebut. Keterbatasan tersebut mengakibatkan keterbatasan dalam memperoleh pengalaman dan juga berpengaruh pada hubungan sosial. Anak tunantera yang mengalami kejenuhan pada saat pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan akan mengakibatkan interaksi gerak dasar dalam lingkungan belajarnya kurang. Keterampilan gerak dasar adalah kemampuan untuk melakukan gerakan lokomotor dan nonlokomotor secara terampil seperti, berjalan, melangkah, melompat, menyimpan dan membawa. Gerak dasar pada siswa dipengaruhi oleh media atau strategi yang digunakan untuk merangsang gerak siswa agar menghasilkan suatu keterampilan gerak dasar yang maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan psychomotoric therapy sebagai salah satu solusi untuk merangsang gerak dasar siswa tunanetra, psychomotoric therapy adalah suatu metode terapi yang memanfaatkan gerak dan tubuh sebagai alat terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan psychomotoric therapy terhadap keterampilan gerak dasar siswa kelas D5 Tunanetra di SLB Negeri-A Pajajaran Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest …
Universitas Pendidikan Indonesia, 2012
2012 Penyakit dan terapi bekamnya: dasar-dasar ilmiah terapi bekam
Thibbia, 2012
2012 Sistem Informasi Manajemen
Graha Ilmu: Yogyakarta, 2012
2012 Hakikat pengembangan
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012
2012 Perbedaan penelitian dan Pengembangan
Elearning: Unesa, 2012
2012 Penelitian Kausalitas Komparatif
Surabaya: elearning UNESA, 2012
2012 Pengembangan program E-journal manajemen pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Kata Kunci Pengembangan e-journal Teknologi Informasi Perkembangan teknologi informasi saat ini tidak saja mempengaruhi bentuk dan format jurnal tetapi juga mengubah pola pengelolaan dan distribusinya. Dengan kemudahan akses internet dan ketersediaan perangkat teknologi informasi sekarang banyak orang menyukai membaca jurnal dalam format digital daripada dalam bentuk cetak. Hal ini di samping karena mudah mendapatkannya juga karena sangat portable atau mudah dibawa ke mana-mana. Ratusan bahkan ribuan edisi jurnal dapat disimpan dalam flashdisk dan dapat dibaca melalui Handphone (HP) Personal Digital Assistant (PDA) atau notebook setiap saat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain Jurnal Manajemen pendidikan berbasis e-journal (2) mewujudkan Jurnal Manajemen Pendidikan terpublikasikan secara virtual dan massive dan (3) memberikan kemudahan Jurnal Manajemen Pendidikan dapat diakses oleh setiap orang. Model pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model prosedural yang mengadaptasi pada model R D Borg dan Gall modifikasi dari Sukmanata dan adaptasi dari McKenny meliputi tahapan (1) studi pendahuluan (2) pengembangan (3) pengujian. Pengembangan sebagai jenis penelitian yang ditujukan untuk menghasilkan suatu produk hard-ware atau soft-ware melalui prosedur yang khas diawali dengan need assesment atau analisis kebutuhan dilanjutkan dengan proses pengembangan dan diakhiri dengan evaluasi. Dalam hal ini produk yang dihasilkan adalah sebuah website Jurusan Administrasi Pendidikan …
Universitas Negeri Malang, 2012