Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2012 Penggunaan Art and Craft Activities Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial-Emosional (Kepercayaan Diri) Anak Di Tkit Al-Uswah Kota Surabaya
Perkembangan sosial-emosional pada anak usia dini adalah kemampuan jalinan interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya. Pada anak usia 4-6 tahun, salah satu perkembangan sosial-emosional yang dicapai adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Art and Craft activities sebagai upaya pembelajaran kreatif dan inovatif di sekolah pada era revolusi pendidikan 4.0. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memotret bagaimana penggunaan Art and Craft activities di TKIT Al-Uswah untuk stimulasi kepercayaan diri pada anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga berujung pada verifikasi data. Melalui Art and Craft activities yang dideskripsikan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil karya menunjukkan kegiatan yang mampu menstimulasi kepercayaan diri anak di TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah Kota Surabaya. Kegiatan yang menyenangkan dan eksploratif serta motivasi dari guru yang kreatif memberikan stimulasi yang baik untuk anak.
Kultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya 1 (10), 1-6, 2012
2012 Pendidikan Seni Tari dan Koreografi untuk Anak Usia Dini
Surabaya: Unesa University Press, 2012
2012 Pemanfaatan unsur seni rupa pada materi gambar ilustrasi untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa di kelas IV sekolah dasar
Abstrak Bahasa Indonesia Pembelajaran seni rupa adalah komponen dalam kurikulum sekolah karena kegiatan seni memiliki orientasi ke proses dan titik untuk pemikiran kreatif. Pembelajaran seni dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan kreatif individu, sehingga seni merupakan sarana untuk tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa. Kreativitas adalah perilaku inovatif dan produktif yang dapat diamati melalui tindakan dan kemampuan seseorang. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan memberikan inovasi baru dalam membuat kreasi dari guru kepada siswa dengan memanfaatkan unsur seni rupa. Unsur seni rupa merupakan bagian yang menetapkan terwujudnya penciptaan sesuatu. Unsur seni meliputi garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, pencahayaan dan banyak orang lain yang tidak memunculkan dalam karya seni yang dapat …
Jurnal Pendidikan Wacana Pendidikan Sekolah Dasar 6 (kreativitas di sekolah …, 2012
2012 EFEK PEMBERIAN JUS BAYAM MERAH (AMARANTHUS TRICOLOR LINN.) TERHADAP MEMORI MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINDUKSI TIMBAL ASETAT PENELITIAN EKSPERIMENTAL LABORATORIS
Chronic lead exposure causes neurotoxicity as a result of memory impairment. Various studies have reported that lead exposure can reduce memory through oxidative stress, inhibition synaptic plasticity, and degeneration of neurons in the hippocampus. Red amaranth contains a variety of bioactive ingredients, including vitamin C, B1, Fe, Ca, zinc, phosphorus, folate, betalain, carotenoids, flavonoids, and polyphenols. Some literatures indicate that these bioactive ingredients have the ability to reduce the toxicity of lead and to increase memory. This study aimed to prove the administration of red amaranth juice prevented memory loss towards mice induced by lead acetate. Thirty-three of male Swiss-Webster mice were divided into 3 groups, K0 was given placebo, K1 was given lead acetate 1.16 mg/10 g BW/day per sonde, and the K2 was given red amaranth juice 382.2 mg/10 g BW/day per sonde and lead acetate 1.16 mg/10 g BW/day per sonde. The treatment given for 3 weeks. The ability of mice memory was measured from the observation escape latency time to the target, the frequency crossing the target, and the staying time in the target quadrant in the Morris water maze. In conclusion, administration of red amaranth juice prevented an increase in the escape latency time to the target, prevents a decline in the frequency of crossing targets and prevents a decrease in the target staying time in mice induced by lead acetate. The conclusion illustrated that the administration of red amaranth juice prevented memory loss due to lead exposure
UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2012
2012 Pengaruh Konformitas pada geng Remaja Terhadap Perilaku Agresi di SMK PGRI 7 Surabaya
Jurnal Ilmiah, 2012
2012 Hubungan antara attachment style dan self-esteem dengan kecemasan sosial pada remaja
The purpose of this study was to examine the relationship between attachment style, self-esteem and social anxiety among adolescence. Attachment style, self-esteem, and social anxiety scales were used to collect data from students of class X in a senior high school in Madiun, East Java. Using purposive sampling technique, 58 students were chosen to participate in this study. Path analysis was employed to examine the relationship between attachment style, self-esteem and social anxiety; attachment style and social anxiety; and self-esteem and social anxiety. The result showed that there are negative correlation between attachment style, self-esteem and social anxiety. Attachment style have both direct and indirect effect to social anxiety while self-esteem only have a direct effect to social anxiety.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara attachment style dan self-esteem dengan kecemasan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Peneliti menggunakan skala attachment style, self-esteem, dan kecemasan sosial sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Data diambil dari siswa SMA Negeri 1 Dagangan Madiun, yang duduk di kelas X. Peneliti mengukur attachment style, self-esteem dan kecemasan sosial pada 58 siswa yang telah terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dilakukan analisis jalur untuk menguji hubungan antara attachment style dan self-esteem dengan kecemasan sosial, attachment style dengan kecemasan sosial, dan self-esteem dengan kecemasan sosial. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 3 (1), 17-27, 2012
2012 Efektivitas penerapan terapi permainan sosialisasi untuk menurunkan perilaku impulsif pada anak dengan attention deficit hyperactive disorder (ADHD)
The purpose of this study was to examine the effectiveness of socialization play therapy to reducing impulsive behavior in children. The research subjects are kinder garten students in SLB N Gedangan Sidoarjo. This study used a quantitative method along with Quasi experiment design with the type of Time Series Design. Purposive sampling techniques was used to collect the research subjects that has the characteristics of subjects with ADHD. Data collection method used Rating scale of impulsive behavior children with ADHD and using Wilcoxon signed rank test. The result of data analysis obtained P-value or sig at 0,043 with α= 0, 05. It means that H 0 is rejected and this the H 1 accepted. It can be concluded that the application of socialization play therapy is effective to reduce impulsive behavior in children with ADHD on SLB N Gedangan Sidoarjo.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa efektif terapi permainan sosialisasi dalam menurunkan perilaku impulsif pada anak ADHD. Subjek penelitian adalah siswa TK di SLB N Gedangan, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment dengan jenis Time Series Design. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yakni subjek yang memiliki karakteristik subjek yang mengalami ADHD. Pengumpulan data menggunakan rating scale perilaku impulsif pada anak ADHD dan menggunakan Wilcoxon sign rank test. Hasil analisis data diperoleh nilai P-value atau sig sebesar 0,043 dengan taraf α= 0, 05. Artinya H 0 ditolak dan hal ini menunjukkan bahwa H 1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 3 (1), 67-78, 2012
2012 Keefektifan konseling dengan teknik penghancuran keyakinan irasional (Dispute irrational beliefs) untuk menurunkan tuntutan diri berlebihan pada siswa SMA Negeri Olah Raga Sidoarjo
Kata Kunci Tuntutan Diri Berlebihan Penghancuran Keyakinan irasional (Dispute Irrational Beliefs) Tuntutan diri berlebihan merupakan segala bentuk tuntutan yang berlebihan pada diri sendiri untuk berpenampilan baik dan mendapatkan kemenangan di setiap kondisi yang mutlak harus didapatkan dan tanpa toleransi apapun yang mengakibatkan individu cenderung irasional. Jika hal tersebut tidak terpenuhi maka menyebabkan siswa merasa tidak kompeten tidak layak mendapatkan sesuatu membenci diri sendiri gelisah dan berakibat pada turunnya prestasi olahraga siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling dengan teknik penghancuran keyakinan irasional (dispute irrasional beliefs) dalam menurunkan tuntutan diri siswa. Teknik tersebut bekerja dengan cara menelusurui mencari menemukan mempertanyakan menentang membantah dan mendebat keyakinan irasional. Proses restrukturisasi keyakinan irasional terdiri dari tiga tahap yaitu Empirical Disputing Logical Disputing serta Pragmatical Disputing. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Jumlah subjek penelitian terdiri atas 6 siswa yang dijaring dengan mengunakan skala tuntutan diri. Analisis data menggunakan statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai z -2 201 dengan nilai 961 0 028. Karena 961 945 maka keputusananya adalah H_o ditolak artinya konseling dengan teknik DIBS efektif dalam menurunkan tuntutan diri. Terkait dengan temuan penelitian ini maka saran yang disampaikan sebagai berikut 1) konselor sekolah perlu dibekali dengan …
Universitas Negeri Malang, 2012
2012 Studi Kasus Dinamika Emosi Pada Anak Autis
This study aimed at exploring the emotional dynamics of children with autistic. A qualitative approach with case study method was employed. Two autistic children with average autism severity in Cita Hati Bunda School and Therapy Center for autistic children Sidoarjo were recruited as participants. Data were collected from interviews, observation, and relevant documents. The Plutchiks concept of emotion components, namely stimulus event, inferred cognition, physiological arousal, feeling state, impulse to action, and overt behaviour and effect was used to invoke some psychological insight in the analysis. The study found that the dynamic of emotions that occurs in autistic children was influenced mainly by situational factors. The result suggested that autistic children need more times to perceive the contexts of stimuli. However, this study was not able to explain how these children make meanings of those stimuli.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika emosional pada anak-anak autis. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus diguna-kan. Dua anak autis dengan tingkat keparahan autisme rata-rata di Cita Hati Bunda Sekolah dan Terapi Pusat autis anak Sidoarjo direkrut sebagai partisipan. Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumen yang relevan. Konsep Plutchik tentang komponen emosi, yaitu stimulus event, inferred cogni-tion, physiological arousal, feeling state, impulse to action, overt behaviour dan effect digunakan untuk memberikan wawasan psikologis dalam menganalisis data. Studi ini menemukan bahwa meskipun ketika emosi itu bangkit anak-anak autistik ini tidak mampu …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 2 (2), 108-120, 2012
2012 Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Bahasa Anak TK Kelompok A di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan anak dalam berbahasa khususnya berbicara yang kurang berkembang secara maksimal, hal ini karena kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran berbahasa. Metode karyawisata merupakan cara pembelajaran yang membawa atau mengikutsertakan anak untuk mengunjungi suatu tempat diluar kelas secara langsung guna mempelajari, mengamati, suatu obyek secara langsung sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Metode ini merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan bahasa pada anak TK kelompok A di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.
Jurnal Pendidikan 1 (5), 2012