Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2014 Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Stategi Simak-Kerjakan
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah stategi simak kerjakan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Subjek penelitian adalah anak di Kelompok Bermain Hidayatus Shibyan Kecamatan, Dlanggu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi simak-kerjakan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak.
PAUD Teratai 4 (1), 2014
2014 Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok A Di TK Muslimat Sidoarjo
Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun yang merupakan masa peka bagi anak untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama (Depdiknas, 2005: 2). Tidak semua anak mampu untuk maju ke depan kelas dan menceritakan kembali cerita yang telah disampaikan oleh guru. Anak terlihat masih kesulitan untuk memahami tikoh-tokoh yang ada dalam cerita, isi cerita, apalagi pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita sehingga anak menjadi takut dan kurang percaya diri ketika disuruh untuk menceritakan kembali cerita di depan kelas, oleh karena itu cerita bergambar menjadi salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak pada kelompok A di TK Muslimat Sidoarjo melalui media cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode cerita bergambar mampu meningkatkan rasa percaya diri anak di TK Muslimat Desa Kramat Jegu Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian PTK, yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Muslimat Desa Kramat Jegu Sidoarjo yang berjumlah 25 anak. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi, dan analisis datanya adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I rasa percaya diri anak …
PAUD Teratai 3 (3), 2014
2014 Pengaruh permainan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini kelompok B di PAUD Melati
Penelitian pada anak kelompok B di PAUD Melati Sawahan Panggul Trenggalek dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kreativitas anak terutama dalam hal permainan finger painting. disebabkan kurang adanya inovasi dalam pembelajaran yang di berikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh permainan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini.
Jurnal, Universitas Negeri Semarang 6, 2014
2014 Level-level Abstraksi Dalam Pemecahan Masalah Matematika
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3 (3), 569-578, 2014
2014 Sikap Kaum Gay terhadap Pernikahan Heteroseksual
Penelitian fenomenologi ini bertujuan untuk menggali dan menggambarkan sikap kaum gay terhadap pernikahan dengan heteroseksual. Partisipan dalam penelitian ini adalah tujuh orang gay dalam usia dewasa muda di Kota Surabaya. Partisipan dipilih berdasarkan purpossive sampling, Informasi tersebut didapatkan dengan wawancara mendalam semi terstruktur, dan dianalisis menggunakan metode IPA (Interpretatif Phenomenological Analysis). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi tiga tema besar yakni kognitif, afektif dan kecenderungan perilaku. Hasil dari penelitian ini adalah enam partisipan memiliki pengetahuan atau pengalaman baik mengenai pernikahan sehingga mereka bersikap positif pada pernikahan. Enam orang partisipan juga menilai pernikahan sebagai hal yang baik dan adil bagi mereka. Mereka memiliki keyakinan perilaku gay sebagai perilaku yang salah, pernikahan sebagai kodrat Tuhan, serta meyakini pernikahan dapat meredam perilaku gay mereka. Satu partisipan memiliki sikap negatif, Ia memandang pernikahan sebagai hal yang menyakitkan bagi kaum gay dan tidak ingin menikah dengan perempuan. Meskipun belum memiliki perasaan pada perempuan, lima partisipan percaya dan berharap kelak akan menikah dan sebagian dari mereka membayangkan keluarga yang bahagia dan memiliki anak. Lima orang partisipan juga ingin tetap berhubungan dengan sesama jenis, dan sebagian lagi ingin menutup masa lalunya. Sedangkan satu partisipan lainnya masih ragu-ragu untuk menikah dengan perempuan.
Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi 5 (2), 108-122, 2014
2014 Harga Diri dan Konformitas dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Smartphone pada Siswa
This study was aimed to determine the relationship between self-esteem and conformity along with purchase Smartphone decisions on students of SMAN œX Surabaya. The method used were quantitative research methods. Subjects of this research were 223 students who use Smartphone products. Sample were choosen by using a stratified random sampling technique. The data analysis technique used are simple correlation, multiple correlation and multiple regression. The results of this study shows that: 1) There is a positive and significant relationship between self-esteem and purchase decisions. As evidenced, the result of correlation coefficient (R) is 0,200 with significance value of 0,003 (p< 0, 05), 2) There is a positive and significant relationship between conformity and purchase decisions. As evidenced, the result of correlation coefficient (R) is 0,286 with significance value of 0,000 (p< 0, 05), 3) There is a positive and significant relationship between self-esteem and conformity along with Smartphone product purchase decisions on students of SMAN œX in Surabaya, indicated by the correlation coefficient of 0,366 and the value of F> F t at significance level of 5% is 16, 75> 3, 04. Contribution of self-esteem and conformity variables in predicting the purchase decision of 13.4%, so 86.6% is influenced by other factors.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan konformitas bersama-sama dengan pengambilan keputusan pembelian produk Smartphone pada siswa di SMAN œX Surabaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah 223 siswa …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 5 (1), 15-22, 2014
2014 Kebermaknaan Hidup Survivor Kanker Payudara Setelah Mastektomi
Life meaning has an important role for ones life including for breast cancer survivors. Breast cancer is a disease which people, especially women, fear the most. The suffer they feel are not only when they get first diagnosis but also when they must accept that they will lose the most important part of their body through a mastectomy. It causes both physical and psychological impacts for the survivor. This study aimed to know the meaning of life of breast cancer survivor who had a mastectomy. The phenomenological qualitative approach was employed. Data collected using semi-structured intervies and analyzed using IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). This study reveals five major themes. The first theme concerns about the response towards cancer diagnosis. The sample of this study shows the response such as denial, desperation, acception, even submission. The second theme is about the psychological impacts of breast cancerand mastectomy. The third theme is the positive and negative perception from the survivors towards the death. The negative respond was about a fear and the positive one was a readiness to face death. The fourth theme discusses the ways participants use to deal with the cancer. Then, the last theme is about the meaning of participants life.Abstrak: Kebermaknaan hidup merupakan hal yang sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang termasuk para penderita kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh sebagain besar orang, khususnya perempuan. Penderitaan yang mereka tidak hanya saat menerima vonis tetapi mereka harus menerima bahwa salah …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 5 (1), 30-37, 2014
2014 Hubungan antara gaya hidup dan kelas sosial dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMA Trimurti Surabaya
Jurnal of Character 3 (2), 1-4, 2014
2014 Penenrapan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah dasar
Latar belakang penelitian ini adalah untuk menganalisa dampak penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil pembelajaran IPA. Hampir sebagian siswa dalam kelas ketuntasan belajar klasikal siswa hanya mencapai 65% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kauman Mojokerto. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18% yaitu 75% siklus I dan naik menjadi 93% di siklus …
Jurnap pendidikan sekolah dasar 7 (model pembelajaran inovatif), 386-405, 2014
2014 Pengaruh Bermain Peran Jual-Beli Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Dan Lambang Bilangan Anak Kelompok A Di Tk Tulus Sejati
Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Tulus Sejati yang masih berupa penugasan dan menggunakan media buku dan LKA pada pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari. Hal ini menyebabkan anak mengalami permasalahan dalam pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan. Oleh karena itu, pemahaman konsep bilangan anak harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan metode bermain peran jual-beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bermain peran jual-beli terhadap kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan anak kelompok A di TK Tulus Sejati. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy-Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini adalah 25 anak kelas A1 dan 25 anak kelas A2. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang lapangan yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Mann Whitney U-Test menggunakan metode komputerisasi SPSS 16 dengan derajat kemaknaan (p)< 0, 05. Jika (p)< 0, 05 maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan adanya pengaruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan perbedaan rata-rata kemampuan anak sebelum dan sesudah perlakuan, untuk kelompok eksperimen semula berjumlah 8, 16 (pretest) kemudian meningkat menjadi 11, 11 (posttest). Selisih 2, 95 poin antara rerata pre test dan …
Jurnal Ilmu Pendidikan.(Online) 3 (3), 2014