Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Application of Singing Activities to Stimulate Children's Vocabulary Acquisition
This study was motivated by ability acquisition children's vocabulary in age 4-5 years is somewhat low, so that will impact negative in communicate with the surrounding environment. This research conducted to see children's vocabulary acquisition at Kurnia Putra Kindergarten. This study this study used action class action research approach. Subject in study this that is child K1 (or TK A) which consists of 16 children. method data collection used is observation participatory. Data analysis techniques using statistics descriptive. Research results this is activity sing could stimulate acquisition children's vocabulary age early at Kurnia Putra Kindergarten. the thing could be seen from acquisition child's vocabulary in cycle I day first average category not enough as much as 87.5% and on the day second no there is category less. Cycle II days first average category not enough as much as 75% and on the day second already no there is category less. This also happened in the other 3 cycles.
Child Education Journal 4 (2), 139-158, 2022
2022 KELEKATAN IBU TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI KASUS: IBU RUMAH TANGGA DI KOTA BATU)
Kelekatan ibu dan anak terhadap ibu yang berperan sebagai ibu rumah tangga akan mempengaruhi kemandirian anak usia 4-5 Tahun di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kelekatan ibu dan anak terhadap kemandirian anak usia 4-5 Tahun (Studi Kasus: Ibu Rumah Tangga). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya hasil dari kelekatan anak dan ibu dari ketiga responden yang telah di wawancara. Dan juga didukung dengan observasi lapangan didapatkan hasil bahwa ibu masih kurang dalam memahami dan mengetahui mengenai kelekatan antara ibu dan anak, namun ibu selalu berusaha untuk memberikan kasih sayang kepada anak-anak mereka, lalu pada anak-anak dari ketiga anak sudah mampu dan cakap dalam melaksanakan aktivitas di rumah tanpa harus selalu meminta bantuan kepada ibunya, tingkat kemandirian sudah dapat dicapai dengan baik walau terkadang masih tidak sesuai atau mengikuti perasaan hati anak, sebagai orang tua memang tidak luput dari pengetahuan mengenai pola pengasuhan, maka dari itu menjadi orang tua adalah proses sepanjang hayat, dari penelitian juga menyebutkan bahwa orang tua memang masih kurang memahami dan memakanai secara luas pentingnya kelekatan serta konsep pola asuh, namun semua orang tua pada dasarnya menerapkan pola asuh didasari dengan rasa kasih sayang.
PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 4 (2), 379-395, 2022
2022 Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru PAUD terhadap Kemampuan Mengelola Pembelajaran Selama Masa Pandemi (Survey pada Guru paud di Kecamatan Waru)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang Pendidikan guru PAUD terhadap kemampuan mengelola pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Populasi adalah 600 Guru PAUD sekecamatan Waru. Sampel penelitian berjumlah 86 menggunakan rumus slovin tingkat ketidaktelitian 10% dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif korelasional. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket tertutup dengan skala likert dan tes. Uji validasi menggunakan teknik expert juggement dan uji reliabilitas dengan rumus alpha Cronbach diperoleh hasil 0, 90. Analisis data dilakukan menggunakan persentase dan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian adalah (1) Diperoleh
Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 7 (1), 46-53, 2022
2022 PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SOSPOLY (SOSEM MONOPOLI) UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan hasilkelayakan dan keefekifan dari Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) dalammeningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Konsep dari permainan ini yaitu pengenalan macam-macam ekspresi dan meningkatkan kemampuan sosial anak dengan bermain bersama teman. Subyek pengambilan sampel yaitu validator media, validator materi dan 10 anak usia 5-6 tahun. Hasil dari validasi ahli materi yaitu mendapatkan presentase sebesar 98% dan dapat dikategorikan †œsangat layakâ€. Hasil validasi ahli media juga mendapat kategori †œsangat layak†dengan mendapatkan presentase sebesar 91%. Kemudian diperkuat dengan hasil implementasi atau uji coba kepada 10 anak dengan perolehan presentase keefektifan media sebesar 93, 4% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) sangat layak dan sangat efektif untuk meningkatkan perkembangan sosia emosional anak usia 5-6 tahun
JURNAL CIKAL CENDEKIA 2 (2), 2022
2022 HUBUNGAN ANTARA KEKERASAN VERBAL DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-6 TAHUN
Penelitian ini diangkat dari latar belakang perilaku agresif yang muncul pada anak yang mengalami kekerasan verbal di TK Dharma Wanita Persatuan Waru. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kekerasan verbal dengan perilaku agresif anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 30. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data korelasi product moment dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kekerasan verbal dengan perilaku agresif anak usia 4-6 tahun atau Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai hasil r pearson correlation adalah 0,869 dalam rentang nilai r person correlation (0, 81–0, 99) yang artinya antara variabel x (kekerasan verbal) dengan variabel y (perilaku agresif) memiliki hubungan dengan kategori tinggi. Selain itu hasil dari latar belakang pendidikan orang tua di TK Dharma Wanita Persatuan Waru tergolong rendah yaitu pada jenjang SD (20%), SMP (26%), SMP/SMK (46%), D1-D3 (3%), S1 (3%). Sehingga disimpulkan bahwa faktor pendidikan orang tua menjadi penyebab terjadinya kekerasan verbal kepada anak sehingga menjadikan anak menunjukkan perilaku agresif mereka yang dapat mengganggu diri anak sendiri dan juga orang lain. Kata Kunci: Kekerasan Verbal, Perilaku Agresif Anak. p_ISSN: 2655593 & e_ISSN: 27456439 Volume 4, Issue 2, 2022
PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 4 (2), 160-187, 2022
2022 Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di Tk Insan Cendekia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan penyelenggaraan program PAUD Holistik Integratif (HI) layanan pendidikan di TK Insan Cendekia pada masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknikdokumentasi, observasi, dan wawancara. Lebih lanjut, data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa TK Insan Cendekia melaksanakan layanan pendidikan sebagai salah satu layanan PAUD HI dengan baik meski dalam pandemi COVID-19. Hal ini dapat diketahui melalui terpenuhinya komponen dan indicator keberhasilan PAUD HI meski beberapa komponen dan indicator kurang maksimal. Adapun hambatan yang ditemui adalah diberlakukannya pembelajaran terbatas dimana siswa dibagi secara bergiliran mengkiti kegiatan belajar mengajar secara daring dan luring. Faktor pendukung keberhasilan terlaksananya program holistik integratif di TK Insan Cendekia adalah kerjasama antara guru, orang tua, kepala sekolah, ketua yayasan sehingga kebutuhan esensial pada anak terpenuhi.
Ejournal. Unesa. Ac. Id 11, 19-26, 2022
2022 A Study of ICT-Based Learning in Elementary School Mathematics Learning Concepts During the COVID-19 Pandemic
This study aims to examine the application of technology to mathematics learning at the time of the Covid-19 pandemic. The research method used is comparative analysis research. The variables being compared are Information and communication technologies-based learning media with the contribution of several aspects, namely the total article with the title of the media, user perception, the total material that can be applied, gameplay, graphic design, and features of the application. Utilization of technology that can be used in the learning process without facing real time but has good effectiveness. The learning media are Edmodo, Geogebra, and Knowre Math. This third application helps in learning mathematics as the co-19 pandemic continues so that it does not require face-to-face but learning runs efficiently.
Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022
2022 Analysis of Ki Hajar Dewantara's Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum
Education is a transformation in humans to achieve optimal self-actualization. The education process becomes a place to give freedom to every human being from a life that intimidates and seems to exploit. Education according to Ki Hadjar Dewantara is a form of freedom of thought for all humans. Ki Hajar Dewantara's concept of humanistic education is written in the philosophy
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 15 (1), 2022
2022 Analysis of Elementary School Student's Responses to Implementing the 2013 Curriculum Through Distance Learning During the Covid-19 Pandemic
The distance learning policy is the best effort to minimize the spread of Covid-19 in schools. This study aims to see the response of students in distance learning in the 2013 curriculum. The research method used is a descriptive quantitative method and the data source is obtained from questionnaires given to 156 students in 12 elementary schools spread across 7 regencies/cities of East Java. The results showed that 100 percent of students took distance learning as scheduled, 51.3 percent of students accompanied by mothers, 10.3 percent of students accompanied by fathers, 20.5 percent of students accompanied by guardians, and 17.9 percent of students had no companions while studying. The communication tools used showed that 92.9 percent used social media, 71.8 percent of students found it difficult to understand thematic learning, 49.4 percent of the student assignment collection places were social media, and 92.9 percent of students thought distance learning added to technological knowledge.
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 31 (1), 1-12, 2022
2022 Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran google sites yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D. Produk media pembelajaran dibuat menggunakan platfrom google sites dengan model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil analisis validitas diperoleh persentase sebesar 82, 9%(valid), kepraktisan sebesar 90, 6%(sangat praktis), dan efektifitas menunjukkan nilai rata-rata pretest siswa sebesar 67, 81 meningkat pada tahap posttest sebesar 84, 69. Sementara hasil observasi menunjukkan perbandingan aktivitas siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran google sites sebesar 53, 7%. Sementara persentase peningkatan kemampuan numerasi, dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar 81, 25%.
Jurnal Basicedu 6 (4), 7518-7525, 2022