Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2014 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun melalui Kegiatan Menggunting Dasar Di SPS Al-Muttaqin Jombang
Penelitian pada anak usia 3-4 tahun di SPS Al-Muttaqin Kesamben Jombang dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan motorik halus anak usia dini yang kurang, terutama dalam hal kemampuan memegang gunting, menggerakkan gunting, serta menggunting sesuai dengan pola garis tegak, miring dan lengkung. Oleh karena itu, tindakan peningkatan kemampuan motorik halus perlu dilakukan melalui kegiatan menggunting dasar yaitu menggunting yang memperhatikan tahapan dasar menggunting untuk anak usia dini. Penelitian bertujuan sejauh mana kegiatan menggunting dasar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun.
PAUD Teratai, 2014
2014 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN AMBIL-SUSUN DI PLAY GROUP
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui permainan ambil-susun dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak. Subjek penelitian adalah anak di Play Group Arriyadl Blimbingsari, Sooko, Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi kegiatan serta wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan anak yaitu pada siklus 1 sebanyak 39.28% dan siklus 2 sebanyak 79% sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan ambil-susun dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
PAUD Teratai, 2014
2014 Kurikulum Sojasoku Di Strawberry Preschool and Daycare Jalan Semeru Utama No. 6B Sumbersari Jember
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang memberikan inovasi pendidikan berupa kurikulum. Salah satunya Strawberry preschool and daycare yang memiliki kurikulum yang berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya yaitu kurikulum sojasoku. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang kurikulum sojasoku yang ada di Strawberry preschool and daycare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu kurikulum sojasoku dengan responden kepala sekolah, pendidik, dan anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, kurikulum sojasoku memiliki tujuan untuk membentuk anak yang memiliki wawasan global, berbudaya lokal, berkarakter, dan berakhlak mulia. Materi diberikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan metode sojasoku sebagai metode pembelajaran andalan. Demikian juga lingkungan belajar dibuat fleksibel mengikuti materi dan menarik bagi anak dengan memanfaat lingkungan belajar outdoor sebagai tempat belajar. Evaluasi dan penilaian dilakukan secara berkala setiap hari.
PAUD Teratai 6, 1-7, 2014
2014 Panduan Dasar Melipat Kertas
Yogyakarta: Gava Media, 2014
2014 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lengkong 1 Mojokerto
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada kelas V SDN Lengkong 1 Mojokerto. Tujuan dari penelitian dengan menggunakan model scramble ini, peneliti ingin meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus I 67, 5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93, 7%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I 65%, dan pada siklus III meningkat menjadi 92, 5%. Hasil belajar siswa pun juga mengalami peningkatan dari siklus I 60%, dan pada siklus III meningkat menjadi 93, 33%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Volume Huda M, 2014
2014 Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas
Sebagai ujung tombak pendidikan, seorang pendidik harus memiliki kemmapuan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dar kacamata tersebut, maka buku ini menyajikan konsep, prinsip, kaidah, dan teori belajar secara komprehensif dan sistematis dengan harapan memberikan wawasan dan landasan kepada para pendidik agar dapt mewujudkan proses pembelajaran yang kondusif. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
Prenada Media, 2014
2014 Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Persatuan Sedati-gede Sidoarjo Tahun 2013/2014
Penelitian pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sedati-Gede Sidoarjo dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak mengenal konsep bilangan dalam hal membilang dengan menunjuk benda sampai 10, menunjuk dua kumpulan benda yang berjumlah lebih banyak dan lebih sedikit, dan menghubungkan benda 1-10 dengan bilangan yang melambangkannya. Hal ini dikarenakan pemilihan kegiatan dan media lebih banyak menggunakan LKA daripada benda konkrit. Perlunya kegiatan yang menarik dalam mengenalkan konsep bilangan salah satunya adalah dengan bermain puzzle. Bermain puzzle dapat membantu anak mengenal konsep matematika (konsep bilangan). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bermain puzzle terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis true experimental dan desain penelitian pre test-post test control group. Subyek penelitian berjumlah 30 anak pada tiap kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik uji beda t-test related yang diolah menggunakan SPSS 20 for Windows 7, di mana jika thitung< ttabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal konsep bilangan pada saat observasi awal (pre-test) dan observasi setelah perlakuan (post-test) dengan bermain puzzle diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 9, 6 dan rata-rata hasil post-test 10, 3. Hasil perhitungan dengan uji t …
Jurnal Pendidikan 1 (1), 1-20, 2014
2014 Senam si buyung dengan metode demonstrasi dalam pengembangan motorik kasar anak
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru tentang senam Si Buyung, alasan senam Si Buyung dengan metode demonstrasi digunakan dalam pengembangan motorik kasar anak kelompok B, kendala yang terjadi saat pelaksanaan senam Si Buyung, proses dan hasil dari kegiatan senam Si Buyung dengan metode demonstrasi. Subjek yang diambil sebanyak 16 anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Gembleb, Pogalan, Trenggalek. Hasil yang didapat anak setelah melaksanakan kegiatan senam Si Buyung dengan metode demonstrasi yaitu secara signifikan dapat mengembangkan motorik kasar anak kelompok B.
Obsesi 1 (2), 1-6, 2014
2014 Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di TK Al Ikhlas Surabaya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berbicara anak usia dini di TK AL-IKHLAS kelompok B. Hal ini disebabkan karena pendidik hanya menerapkan metode bercakap-cakap dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak. Salah satu cara yang dapat diberikan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara yaitu melalui kegitan bercerita dengan boneka tangan. Tujuan pnelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis One–Group Pre-test post–test. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK AL-IKHLAS dengan jumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Matched Pairs Test yang menggunakan rumus Thitung< Ttabel penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabelDari hasil penelitian, dengan mengunakan media boneka tangan diperoleh Thitung< Ttabel (0< 73) dengan demikian dapat dilihat peningkatan kemampuan berbicara yang dialami oleh anak adalah signifikan dan dapat disimpulkan bahwa Ha di terima Ho ditolak. Hal ini menujukkan bahwa media boneka tangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Islam AL-IKHLAS Surabaya.
Jurnal Edukasi.(online). Diakses pada tanggal 15, 2014
2014 Pengaruh Bermain Bola Warna Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A
Penelitian eksperimen jenis pre experimental design ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bermain bola warna modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Pertiwi Srono Banyuwangi. Sampel penelitian adalah anak kelompok TK A Pertiwi Srono Banyuwangi yang berjumlah 18. Sampel pada anak diambil dengan tehnik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain bola warna modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak.
Jurnal Pendidikan Anak. Tersedia di http://ejournal. unesa. ac. id/articl …, 2014