Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Kolase pada Kelompok A
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal melalui kolase. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Al-Wardah. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal 85, 3%. berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II.
PAUD Teratai, 2015
2015 Pemahaman Guru Terhadap Pembelajaran Konsep Bilangan Di Tk Kelompok a (Studi Deskriptif)
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemahaman guru terhadap pembelajaran konsep bilangan di TK untuk anak kelompok A se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Peneliti melakukan penelitian pada pendidik di 6 Taman Kanak-Kanak yang didapatkan dengan sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap pembelajaran konsep bilangan dari 6 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto masih kurang. Karena hanya guru dari 2 TK yang mampu memahami tahapan anak mengenal konsep bilangan dan menerapkannya pada kegiatan belajar mengajar.
PAUD Teratai 4 (3), 2015
2015 PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUIKEGIATAN MOZAIK PADA ANAK USIA DINI
This study uses a class action research. This study was to determine the increase in the fine motor skills of children through activities mosaic. Subjects were children in group B RA Al Burhan. The results showed an increase in the fine motor skills of 22% based on the evaluation of the results of the first cycle and cycle II. Keywords: fine motoric skills, mosaicactivities, early childrenAbstrak: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halusanak melaluikegiatan mozaik. Subjek penelitian adalah anak kelompok BRA Al Burhan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus 22% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II.
PAUD Teratai, 2015
2015 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V Di Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas V SDN Semambung Sidoarjo. Disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi. Karena guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, serta mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil dari penelitian dengan menggunakan model pembelajaran make a match menunjukkan kativitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I yaitu 68, 75%, siklus II yaitu 80%, dan siklus III 87, 5%. Aktivitas siswa dari siklus I 68, 75%, siklus II yaitu 77, 08%, dan siklus III 85, 41%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan indek ketuntasan belajar dari siklus I 68, 18%, siklus II 77, 2%, siklus III 86, 3%. Dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SDN Semambung Sidoarjo.
journal PGSD 3 (2), 2015
2015 Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas V SDN Sukorejo I Madiun. Hal ini terjadi karena guru kegiatan pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang kreatif. Tujuan dari penelitian dengan menggunakan media games crossword puzzle ini, peneliti ingin meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I yaitu 67, 3%, siklus II 74%, dan pada siklus III meningkat menjadi 89, 4%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus satu yaitu 63, 74%, siklus II 75%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87, 5%. Hasil belajar siswa pun juga mengalami peningkatan dari siklus I 45%, siklus II 72%, dan pada siklus III 86, 36%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media games crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Sukorejo I Madiun.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 1882-1891, 2015
2015 Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas iv sd
Penelitian ini tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan dengan model discovery learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 3 Petiken, Driyorejo-Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan kegiatan penelitian sesuai dengan kenyataan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank test. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas IV, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 3 Petiken, Driyorejo-Gresik.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254169, 2015
2015 Komparasi Hasil Belajar Sistem Ekskresi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Tipe Numbered-Head-Together di SMA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan hambatan yang ditemui pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakanperbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipethink-pair-sharedan tipenumbered-head-together. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desainIntact Group Comparison. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri I Arosbaya kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik inferensial dan kualitatif. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji-t dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang dominan …
Wacana 7 (3), 2015
2015 Hubungan Antara Pemberian Asi Eksklusif Dengan Kemampuan Motorik Kasar Bayi 6-14 Bulan
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kemampuan motorik kasar bayi 6-24 bulan di Posyandu RW 02 Kelurahan Karah. Penelitian ini menggunakan metode survei analitis dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian uji chi-square memperoleh nilai sebesar 14,740 yang berarti lebih besar daripada nilai sebesar 7,815 (>). Sehingga simpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kemampuan motorik kasar anak usia 6-24 bulan di Posyandu RW 02 Kelurahan Karah Surabaya.
Published online, 2015
2015 Penggunaan sempoa dalam pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak serta peranan penggunaan media sempoa pada anak. Subjek penelitian adalah anak TK B TK 17 Agustus Veteran Gresik dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display kemudian conclution drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sempoa dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak.
Paud Teratai 4 (2), 1-6, 2015
2015 Penerapan Metode Penemuan Terbimbing melalui Pemberian Bantuan (Scaffolding) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Mata Pelajaran Matematika
The problems faced by fifth graders at SD Negeri Sukun 2 Malang in terms of understanding mathematical materials particularly concerning plain figure characteristics material. Several students complain that those students who is lacking in understanding matters don’t have enough opportunity to gain help from their highability friends. It is necessary to initiate a serious effort in building student’s understanding toward plain figure characteristics materials. Efforts that could be done by teacher in solving this problem would be by using LKS and manipulative material with the method of guiding discovery through giving assistance. This study was conducted in SD Negeri Sukun 2 Malang with study’s subject were students of VA grade in SD Negeri Sukun 2 Malang. From the result of this study it is obtained that learning using the method of guiding discovery through giving assistance would be able in building understanding of plain figure characteristics material among VA grade students of SD Negeri Sukun 2 Malang
Wacana 7 (3), 2015