Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Utilization of Digital Camera Simulation Media
Utilization of Digital Camera Simulation Media Page 1 Utilization of Digital Camera Simulation Media by Andi Kristanto Submission date: 06-Jun-2021 06:07PM (UTC-0700) Submission ID: 1601700395 File name: 09.MYAE10095_jurnal_dimuat_di_IJIRAE_India.pdf (768.12K) Word count: 3362 Character count: 18257 Page 2 1 1 3 5 9 11 13 15 Page 3 1 12 16 Page 4 1 4 8 8 Page 5 1 4 6 7 Page 6 1 4 10 Page 7 1 6 14 Page 8 1 2 Page 9 18% SIMILARITY INDEX 16% INTERNET SOURCES 7% PUBLICATIONS 12% STUDENT PAPERS 1 5% 2 5% 3 3% 4 1% 5 1% 6 1% 7 1% 8 <1% Utilization of Digital Camera Simulation Media ORIGINALITY REPORT PRIMARY SOURCES www.slideshare.net Internet Source docplayer.info Internet Source Submitted to Pasundan University Student Paper eprints.walisongo.ac.id Internet Source Submitted to Sultan Qaboos University Student Paper Submitted to Universitas Muria …
International Journal of Innovative Research in Advanced Engineering (IJIRAE …, 2016
2016 Development Of E Learning In Audio/Radio Media Development Courses
This study aims to determine the feasibility of e-learning courses developed in the development of audio media/radio. This study is a Research and Development (R & D) by using ADDIE development model. The development procedure includes five stages, namely the analysis phase, design phase, development phase, implementation phase and evaluation phase. Data collection tool that is used in the form of a questionnaire with a scale of four and test questions. Data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis with the average. Assessment conducted by two experts elearning material, two media experts, and 60 students. The results showed that the assessment of subject matter experts, their mean of 3.08 with the category of
Jurnal TEKPEN 1 (2), 2016
2016 Aplikasi teknologi pendidikan di sekolah
Dalam rangka pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, kita tidak dapat lagi mengandalkan pada tersedianya tenaga kerja yang banyak dan murah, seperti yang selama ini telah dianggap sebagai suatu keuntungan kompetitif. Tenaga kerja yang diperlukan dalam era perubahan ini ada mereka yang terdidik dan terlatih dengan baik, serta menguasai informasi (well educated, well trained, and informed). Perubahan oganisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan merupakan azas dari organisasi belajar.
Jurnal TEKPEN 4 (1), 13-16, 2016
2016 Media Pembelajaran
Surabaya: Bintang Surabaya, 2016
2016 Meningkatkan Kedisiplinan dan Sikap Kooperatif melalui Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Anak Kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan melalui model pembelajaran sentra bermain anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya.(2) mendiskripsikan peningkatan sikap kooperatif melalui model pelajaran sentra bermain peran anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya.(3) untuk mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan dan sikap kooperatif anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan aktivitas anak dan lembar pengamatan aktivitas guru. Pengumpulan data dianalisis dan diolah untuk menentukan langkah yang perlu ditingkatkan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada perbandingan keberhasilan …
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 2 (1), 21-42, 2016
2016 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN SUB BAGIAN PENARIKAN AKAR PANGKAT DUA DARI BILANGAN …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran matematika materi bilangan sub bagian penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat. Penelitian ini, menggunakan dua sekolah yaitu SDN Dr. Sutomo IX Surabaya sebagai kelas kontrol dan SDN Dr. Sutomo X Surabaya sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan data yang diperoleh di SDN Dr. Sutomo IX Surabaya khususnya kelas V SD ditemukan bahwa ada 10 dari 29 siswa yang belum memenuhi KKM yaitu 75. Sedangkan di SDN Dr. Sutomo X Surabaya khususnya kelas V ditemukan bahwa ada 10 dari 28 siswa yang belum memenuhi KKM yaitu 75. Penelitian ini, memiliki langkah-langkah yang melibatkan partisipasi siswa dalam proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran ceramah yaitu uji pre-test, tahap pemberian perlakuan, dan tahap uji post-test. Berdasarkan analisis data pada perlakuan pertama signifikasi 5% diperoleh perhitungan untuk rtabel 0,444< rhitung 0,764. Untuk perlakuan 2 pada signifikan 5% maka diperoleh rtabel 0,444< rhitung 0,705. Kedua data yang dianalisis menunjukkan adanya kesepakatan di kelas ekperimen. Berdasarkan hasil analisis data observasi siswa, diperoleh perhitungan data kelas eksperimen perlakuan 1 pada signifikan 5% diperoleh rtabel 0,444< rhitung 0,647, perlakuan 2 pada signifikan 5% diperoleh rtabel 0,444< rhitung 0,677, pada signifikan 5% diperoleh rtabel 0,444< rhitung 0,823. dari kedua data yang dianalisis menunjukkan adanya kesepakatan. Kemudian dari …
Jurnal TEKPEN 4 (1), 73-80, 2016
2016 Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Peminatan Materi Pokok Perang Dunia I Pada Siswa Kelas XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Di Man 1 Tulungagung
Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada berbagai bidang peminatan di SMA atau yang sederajat. Sejarah dalam kurikulum 2013 terbagi atas Sejarah wajib yang diajarkan pada semua bidang peminatan, dan sejarah peminatan yang diajarkan khusus pada Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Sejarah bukan hanya mengajarkan fakta-fakta kejadian masa lalu, namun bagaimana menemukan hubungan sebab-akibat berdasarkan pengalaman yang didapatkan dari setiap kejadian masa lalu. Pada sejarah peminatan, salah satu materi yang memerlukan pemahaman hubungan sebab-akibat tersebut adalah perang dunia I dan pengaruhnya terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan kemampuan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Perang Dunia I. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial MAN 1 Tulungagung, terbagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan IDI. Pengujian kelayakan video pembelajaran dilakukan dengan melibatkan ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran masing-masing dua orang. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dilakukan uji t dua kelompok. Setelah dilakukan pengujian dan analisis data, diperoleh hasil yang menunjukkan video pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil uji t menunjukkan nilai t= 2,425 dan t kritik pada dan pada sehingga …
Jurnal Teknologi Pendidikan 10 (2), 2016
2016 Empowerment Center Resources In University For Self-Study Accomodate Based On Information And Communication Technology
Learning is a process, an activity and not a result or goal. Learning is not only remember, but more than that, the experience. The result of learning is not a mastery of drill results, but changing behavior. Learning is the process of student interaction with faculty and learning resources in a learning environment (education ministry regulation No. 44 2015Th). Concept of self-learning describes control learning as well as the timing and place of learning that is on student learning. Learning Resource Center as an organized activity that consists of the director, staff, equipment and learning materials are placed in one location and have one or more special facilities for the planning, production, presentation, and development related to curriculum and instruction in a university or school. Communication patterns in the individual learning are strongly influenced by the role of learning resources that are utilized in the learning process. The weight of individual learning is on the learner, while teachers have a role as a supporter or facilitator. So the role of learning resources is very important as in information and communication technology.
Jurnal TEKPEN 1 (1), 2016
2016 Pengembangan Media Kartu Bergambar Materi Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas III SDN Gesikan 1 Grabagan Tuban
Bahasa inggris adalah bahasa internasional. Bahasa inggris dipelajari oleh siswa sejak SD hingga SMA. Namun banyak sekali siswa yang merasa kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Masalah ini terjadi pada siswa kelas III di SDN Gesikan 1 Grabagan Tuban. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu, mereka mudah merasa bosan dengan materi pelajaran Bahasa Inggris, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Di sisi lain, guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran. Mereka hanya menggunakan fotocopy LKS dan buku pegangan guru.Dari penjelasan diatas diperoleh alternatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara mengembangkan suatu media interaktif yaitu media visual. Media visual ini membantu dalam pembentukan proses berfikir yang lebih konkrit bagi siswa. Dengan itu, peneliti memberikan jalan keluar dengan mengembangkan media Kartu Bergambar yang menarik dan teknik penyajian sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media Kartu Bergambar ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media yang bisa digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris khususnya pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan. Media Kartu Bergambar dipilih berdasarkan atas pertimbangan dan sesuai dengan identifikasi masalah pada sekolah tersebut.
Jurnal Teknologi Pendidikan 1, 1-8, 2016
2016 Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan pada Kelas V Sdn Waru I Sidoarjo
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa mengggunakan model pembelajaran snowball throwing. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes.. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 66% pada siklus I dan 89% pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 62, 5% pada siklus I dan 91% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 42% pada siklus I dan 83% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, 270-281, 2016