Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Developing Career Guidance Package For Interest knowledge To Physically Handicapped Students Of SMALB-D
This research had purpose ie 1) to describe developing career guidance package suitable with the characteristic by identifying and observing the Physically Handicapped students’ needs and characteristic, and 2) to know the quality by looking at the properness of career guidance package for interest knowledge to Physically Handicapped students of SMALB-D through feasibility test, exactness test, and acceptability test.
Jurnal TEKPEN 1 (2), 2016
2016 Pengaruh Metode Pembiasaan terhadap Perilaku Moral Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan terhadap perilaku moral pada anak kelompok B di TK Darrul Muttaqin Nganjuk. Sampel penelitian berjumlah 24 anak kelompok B di TK Darrul Muttaqin Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung< Ttabel (0< 81) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) tidak ditolak dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung< Ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode pembiasaan terhadap perilaku moral pada anak kelompok B di TK Darrul Muttaqin Nganjuk. Kata Kunci: Metode pembiasaan, perilaku moral.
Jurnal PAUD Teratai 5 (3), 1-5, 2016
2016 Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Berbasis Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok a
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercakap-cakap berbasis media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Gresik. Subjek penelitian berjumlah 20 anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung< Ttabel (0< 52) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung< Ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode bercakap-cakap berbasis media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Gresik.
Jurnal PAUD Teratai 5 (03), 68-72, 2016
2016 Pengaruh Penggunaan Media Papan Magnet Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitin eksperimen, desain pra-eksperimen tipe one group pre-test–post-test desaign. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III dan sampel penelitiannya sebagian siswa kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya. Teknik analisis data menggunakan teknik uji beda dengan rumus t-test. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa setelah diberi perlakuan dengan media papan magnet. Rata-rata hasil uji-t nilai pre-test sebesar 70, 36 dan nilai post-test sebesar 78, 26. Dari hasil analisis data dengan uji t diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel (6, 26> 2, 01410). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media papan magnet terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya.
Jpgsd 4 (02), 161-172, 2016
2016 Pengaruh Metode Pemberian Tugas Berbasis Media Sedotan Terhadap Kemampuan Mengenal Pola Anak Kelompok A
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode pemberian tugas berbasis media sedotan terhadap kemampuan mengenal pola anak kelompok A. Populasi penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan tabel penolong wilcoxon match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel= 52, yang berarti Thitung< Ttabel (0< 52). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas berbasis media sedotan terhadap kemampuan mengenal pola anak kelompok A. Kata kunci: Metode pemberian tugas berbasis media sedotan, Kemampuan mengenal pola
PAUD Teratai 5 (2), 2016
2016 Pengaruh Metode Bermain Berbasis Fun Cooking Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Kelompok A
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode bermain berbasis fun cooking terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A. Populasi penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan tabel penolong wilcoxon match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel= 52, yang berarti Thitung< Ttabel (0< 52). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain berbasis fun cooking terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A.
PAUD Teratai 5 (2), 2016
2016 Upaya Meningkatkan Kemampuan Ekspresi Anak Melalui Kegiatan Menyanyi Anak Usia 3-4 Tahun
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekspresi anak melalui kegiatan menyanyi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Nur Azizah Mojokerto dengan jumlah 8 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan ekspresi anak melalui kegiatan menyanyi sebesar 50% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan menyanyi dapat meningkatkan ekspresi anak pada anak usia 3-4 tahun di KB Nur Azizah Mojokerto.
PAUD Teratai 5 (3), 3-6, 2016
2016 Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Media Pasir pada Anak Kelompok A di TK Kyai Hasyim
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Kyai Hasyim. Subyek penelitian adalah anak usia dini kelompok A di TK Kyai Hasyim Surabaya yang berjumlah sebanyak 20 anak usia dini, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, dan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan menulis permulaan, yaitu siklus I sebesar 69% dan pada siklus II mencapai sebesar 86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak.
PAUD Teratai 5 (1), 1-5, 2016
2016 Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Melalui Media Dadu Gambar pada Anak Kelompok A
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi anak melalui media dadu gambar. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Alif berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sebesar 31% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa media dadu gambar dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Kata kunci: Kemampuan Literasi, media Dadu gambar, Anak usia dini.
PAUD Teratai 5 (2), 1-4, 2016
2016 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui permainan balon. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Permata Bunda Cembor Mojokerto dengan jumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna melalui permainan balon sebesar 41, 6% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa permainan balon dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak anak usia 3-4 tahun di KB Permata Bunda Cembor Mojokerto. Kata Kunci: Mengenal warna, Permainan …
PAUD Teratai 5 (3), 109-113, 2016