Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengaruh Permainan Bentuk Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Di TK Nusa Indah II
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk pada anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan. Kurangnya kemampuan mengenal bentuk dikarenakan pembelajaran tentang bentuk geometri jarang dilakukan karena anak lebih sering mengerjakan LKA. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak yaitu dengan melakukan permainan bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bentuk geometri terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design yang kemudian menggunakan nonequivalen control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan yang berjumlah 32 anak dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik non
Jurnal: PG-PAUD Universitas Negeri Surabaya, 2016
2016 DEVELOPING PARENTS’PARENTING ANALISYS TOWARD CHILDREN’S SOCIAL EMOTIONAL (A CASE STUDY OF FAMILY WITH YOUNG MOTHER)
This qualitative study aimed to assess the parenting provided by young mother with low parenting knowledge on child’s social emotional. This study used the case study design. The location of this research is conducted in a family with young mother who has low education and a 2 year old child who has the emotion of fear in interacting with others, placed on the Kebonsari Village of Tuban District, Tuban. This study’s technique data collecting used observation, interviews, and documentation. To analyze the results of this study used data triangulation technique with Miles and Huberman models. Based on the research and data analysis which was processed using data triangulation technique, the results are obtained as follows:(1) the behavior of the emotion of fear of interacting with others is demonstrated by the child due to parenting less proper by the young mothers with low education, so it is difficult to eliminate the habit,(2) the behavior of a child who is excessively afraid of interacting with others is the impact of parents’ parenting which were improper,(3) the participation of the core family, relatives, and society needs to be conducted so that the young mother’s parenting is precise as expected.
Jurnal TEKPEN 1 (2), 2016
2016 Pola Pengasuhan Anak Usia Dini
Unesa University Press 1, 1-146, 2016
2016 Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bermain outdoor dan kegiatan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini khususnya anak di TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain PretestPosttest Control Group Design dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data pengujian hipotesis penelitian menggunakan program SPSS 20.0 for Windows Evaluation Version dengan teknik Anova 2 jalur (Uji F). Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Anova 2 jalur (Uji F), maka diperoleh sebagai berikut:(1) nilai df= 1 dan taraf signifikansi α= 0, 05 diperoleh nilai koefisien F= 2,134 dan sig.= 0,107, menunjukkan taraf signifikansi di atas α= 0, 05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan bermain outdoor,(2) nilai df= 1 dan taraf signifikansi α= 0, 05 diperoleh nilai koefisien F= 1,733 dan sig.= 0,171, menunjukkan taraf signifikansi di atas α= 0, 05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan finger painting, dan (3) nilai df= 1 dan taraf signifikansi α= 0, 05 diperoleh nilai koefisien F= 2,778 dan sig.= 0,101, menunjukkan taraf signifikansi di atas α= 0, 05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan bermain outdoor dan kegiatan finger painting.AbstractThis study aimed to assess the effect of outdoor play and activities finger painting to the creativity of children in Kindergarten. This study uses a quantitative research approach with a model of experimental research …
JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 1 (1), 73-81, 2016
2016 Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Outdoor Learning Bermedia Lingkungan Alam Pada Anak Kelompok a
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui outdoor learning bermedia lingkungan alam. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Imtaq Kota Mojokerto dengan jumlah 15 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan warna melalui outdoor learning bermedia lingkungan alam sebesar 4, 8% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa outdoor learning bermedia lingkungan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok A TK Imtaq Kota Mojokerto.
PAUD Teratai 5, 2016
2016 Developing Early Childhood Discipline Approach to Restitution
This study aims to provide information on effective approaches to implement in developing discipline in early childhood. Restitution approach is the theory advanced by Diane Gossen used to discipline children in a way to create conditions for children to correct their mistake and returned to the group. Teaching children correct the mistakes and learn from the process have effects that are more effective to correct behavior rather than punishment. Efforts to develop the discipline of children with restitution approach done by teaching the child how to correct mistakes made by the imposition of sanctions/consequences to instill the awareness that such errors do not recur. Teachers act as manager on a dialogue with children, with emphasis on children's internal resources that can be used alone to solve the problem and foster intrinsic motivation in itself.
Jurnal TEKPEN 1 (2), 2016
2016 Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Primer Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Kapas Pada Anak Kelompok B
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna primer melalui kegiatan mewarnai dengan kapas pada tahun pelajaran 2015-2016. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di PPT Harapan Bunda yang berada pada kelompok B yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu analisis refleksi berdasarkan siklus. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 54, 19% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81, 27%. Sedangkan aktivitas anak pada siklus I sebesar 45, 83% meningkat menjadi 77, 1% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal warna primer pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 51, 09% dan siklus II meningkat dengan persentase 80, 53%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan mengenal warna primer melalui kegiatan mewarnai dengan kapas
Jurnal Paud Teratai 6 (1), 32-35, 2016
2016 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain bombik modifikasi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Sabilunnajah Gedeg Mojokerto dengan jumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain bombik modifikasi sebesar 27, 5% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bermain bombik modifikasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak anak usia 3-4 tahun di KB Sabilunnajah Gedeg Mojokerto.
Jurnal PAUD teratai 5 (03), 1-5, 2016
2016 Gambaran Kepribadian Hardiness Atlet Paralympic Atletik Lari Cepat
This research was motivated by a phenomenon of paralympic athletes with physical, visual, hearing and intellectual dissabilities that were demanded to keep confident and overcome problems. Stress often happens to athletes when the match is in progress so this stress causes failure on their competition and they are demanded to come up again after failure. Athletes need a tendency of hardiness personality to overcome every problem in the match so the atheletes can gain an achievement. The purpose of this research was to describe a paralympic athletes tendency of hardiness personality. This research used qualitative research with case-study method. A paralympic athelete who had international achievement in 200 and 400-meter sprints was recruited as the participant in this research. Data were collected using interviews, observations and document reviews which then analyzed by using thematic analysis. The results showed that the participant had tendency of hardiness personality shown by his understanding of the purpose of life, involving his self in daily activities, and controlling each of his problem. The participant also had optimism and ready to take the challenge.Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena atlet paralympic dengan ketidakmampuan secara fisik, penglihatan, pendengaran dan intelektual yang dituntut untuk tetap percaya diri dan mampu mengatasi permasalahan. Stres seringkali terjadi pada atlet ketika pertandingan berlangsung sehingga stres ini menyebabkan kegagalan dipertandingannya dan mereka dituntut untuk bangkit kembali setelah kegagalan. Atlet membutuhkan kecenderungan kepribadian …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 6 (2), 91-101, 2016
2016 Pengaruh Mind Control Training Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Atlet Putri UKM Bola Voli Unesa
The study was aimed to determine the effect of Mind Control Training on concentration among female athletes of a volleyball student club in Universitas Negeri Surabaya (Unesa). This study used a quasi-experimental method with untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. The subjects were sixteen female athletes who were divided into experimental and control groups. Mind Control Training treatment was given only in the experimental group, while the control group was not given any treatment. Data were obtained by performing the pretest and posttest in both groups with using Grid Concentration Exercise. Data were analyzed using wilcoxon test and gain score. The result shows that there is a significant difference between the concentration score before and after treatment in the experimental group (Sig.= 0,012, p< 0, 05). In addition, the increase in the concentration of female athletes of student activity units volleyball Unesa can be seen from gain score in both groups, the experimental groups had an higher value of gain sccore than control group (19,875> 10). This means that the hypothesis of this study is accepted that the Mind Control Training is effective to increase the concentration of female athletes of volleyball student club in Universitas Negeri Surabaya.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh mind control training terhadap peningkatan konsentrasi pada atlet putri unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan untreated control group design with dependent pretest …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 7 (1), 16-25, 2016