Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Primer Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Kapas Pada Anak Kelompok B
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna primer melalui kegiatan mewarnai dengan kapas pada tahun pelajaran 2015-2016. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di PPT Harapan Bunda yang berada pada kelompok B yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu analisis refleksi berdasarkan siklus. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 54, 19% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81, 27%. Sedangkan aktivitas anak pada siklus I sebesar 45, 83% meningkat menjadi 77, 1% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal warna primer pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 51, 09% dan siklus II meningkat dengan persentase 80, 53%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan mengenal warna primer melalui kegiatan mewarnai dengan kapas
Jurnal Paud Teratai 6 (1), 32-35, 2016
2016 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain bombik modifikasi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Sabilunnajah Gedeg Mojokerto dengan jumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain bombik modifikasi sebesar 27, 5% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bermain bombik modifikasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak anak usia 3-4 tahun di KB Sabilunnajah Gedeg Mojokerto.
Jurnal PAUD teratai 5 (03), 1-5, 2016
2016 Gambaran Kepribadian Hardiness Atlet Paralympic Atletik Lari Cepat
This research was motivated by a phenomenon of paralympic athletes with physical, visual, hearing and intellectual dissabilities that were demanded to keep confident and overcome problems. Stress often happens to athletes when the match is in progress so this stress causes failure on their competition and they are demanded to come up again after failure. Athletes need a tendency of hardiness personality to overcome every problem in the match so the atheletes can gain an achievement. The purpose of this research was to describe a paralympic athletes tendency of hardiness personality. This research used qualitative research with case-study method. A paralympic athelete who had international achievement in 200 and 400-meter sprints was recruited as the participant in this research. Data were collected using interviews, observations and document reviews which then analyzed by using thematic analysis. The results showed that the participant had tendency of hardiness personality shown by his understanding of the purpose of life, involving his self in daily activities, and controlling each of his problem. The participant also had optimism and ready to take the challenge.Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena atlet paralympic dengan ketidakmampuan secara fisik, penglihatan, pendengaran dan intelektual yang dituntut untuk tetap percaya diri dan mampu mengatasi permasalahan. Stres seringkali terjadi pada atlet ketika pertandingan berlangsung sehingga stres ini menyebabkan kegagalan dipertandingannya dan mereka dituntut untuk bangkit kembali setelah kegagalan. Atlet membutuhkan kecenderungan kepribadian …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 6 (2), 91-101, 2016
2016 Pengaruh Mind Control Training Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Atlet Putri UKM Bola Voli Unesa
The study was aimed to determine the effect of Mind Control Training on concentration among female athletes of a volleyball student club in Universitas Negeri Surabaya (Unesa). This study used a quasi-experimental method with untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. The subjects were sixteen female athletes who were divided into experimental and control groups. Mind Control Training treatment was given only in the experimental group, while the control group was not given any treatment. Data were obtained by performing the pretest and posttest in both groups with using Grid Concentration Exercise. Data were analyzed using wilcoxon test and gain score. The result shows that there is a significant difference between the concentration score before and after treatment in the experimental group (Sig.= 0,012, p< 0, 05). In addition, the increase in the concentration of female athletes of student activity units volleyball Unesa can be seen from gain score in both groups, the experimental groups had an higher value of gain sccore than control group (19,875> 10). This means that the hypothesis of this study is accepted that the Mind Control Training is effective to increase the concentration of female athletes of volleyball student club in Universitas Negeri Surabaya.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh mind control training terhadap peningkatan konsentrasi pada atlet putri unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan untreated control group design with dependent pretest …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 7 (1), 16-25, 2016
2016 Pengaruh pelatihan otogenik terhadap penurunan kecemasan atlet bulutangkis
The purpose of this study was to examine the effect of autogenic training on the decrease of anxiety among Badminton athletes. Autogenic training is a training focused on suggesting the athletes specific part of body to get its sensations. This study used an experimental method with pretest-posttest control group design. The subject of this study were 12 athletes under 18 years old at Surabaya Hi-Qua Wima Badminton Association. Autogenic training treatment is given only in the experimental group. Data were obtained by using sport anxiety scale, adapted from Amir (2012) and developed from SAS (sport anxiety scale) and analyzed using Gain Score and Wilcoxon Test. The result showed significant score= 0.027,(p< 0.05) it means, that the autogenic training is able to decrease the anxiety on badminton athletes after autogenic training was given. In addition, the decrease in the anxiety of badminton athletes can be seen from gain score in both groups, the experiment group had an lower value of gain score than control group (34, 67< 43, 33), it means that the autogenic training is able to decrease the anxiety of badminton athletes. The result shows that the hypothesis of this study that œthere is the effect of autogenic training on the decrease anxiety badminton athletes can be accepted.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek dari pelatihan otogenik terhadap penurunan kecemasan atlet. Pelatihan otogenik adalah pelatihan yang dilakukan dengan cara memfokuskan pada area tubuh tertentu dengan memberikan sugesti kepada atlet agar merasakan sensasi dari sugesti tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 6 (2), 107-112, 2016
2016 Psikologi Eksperimen (Sebuah Pengantar)
Surabaya: Unesa University Press, 2016
2016 Kecemasan olahraga: Teori, pengukuran, dan latihan mental
Surabaya: Unesa University Press, 2016
2016 Dampak psikologis pada perkawinan remaja di Jawa Timur
Remaja adalah individu yang berusia 13-18 tahun. Menurut PBB, perkawinan pada remaja secara umum didefinisikan sebagai pernikahan yang dilakukan di bawah umur 18 tahun. Definisi ini tidak terbatas pada masalah perbedaan budaya, benua ataupun area. Terlepas dari faktor apapun yang menyebabkan individu terjebak dalam perkawinan, praktik perkawinan remaja ini memiliki dampaknya tersendiri bagi yang bersangkutan. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran dampak psikologis dari perkawinan remaja di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, variabel yang akan diteliti dampak psikologis pada perkawinan remaja yang akan digali secara mendalam. Untuk memungkinkan analisis data antar subjek, maka subjek penelitian akan berjumlah dua subjek dari masing-masing daerah. Total jumlah subjek adalah enam orang yang tersebar di Kota Surabaya, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Gresik. Teknik sampling yang digunakan adalah pengambilan sampel bola salju. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memperkaya referensi dan pengetahuan mengenai perkawinan remaja di Jawa Timur. Manfaat penelitian ini adalah dapat menjadi acuan untuk intervensi dalam penurunan angka perkawinan remaja di Jawa Timur. Sehingga dalam tujuan jangka panjang diharapkan penelitian ini mampu memberikan kesadaran bagi setiap orang, terutama peran pemerintah dalam pencegahan praktik pernikahan di usia muda.
Jurnal penelitian psikologi 7 (2), 15-39, 2016
2016 THE INFLUENCE OF TOTAL PHYSICAL RESPONSE METHOD TOWARD UNDERSTANDING VOCABULARY OF HEARING IMPAIRMENT CHILDREN IN SPECIAL NEED KINDERGARTEN DHARMA WANITA SIDOARJO
The purpose of this research was to know the influence of Total Physical Response method toward vocabulary understanding to hearing impairment children preparation class in Dharma Wanita Special Need Kindergarten-B| Sidoarjo. This research used pre experiment with “One Group, pre-test–post-test design”. The data collection method used test and the data technique analysis used sign test non parametric statistic. The research result showed that there was score enhancement of vocabulary understanding ability in pre-test it was 45, 16 to be 78, 16 in post-test. Based on the data analysis it indicated that ZH= 2, 05> Z table= 1, 96 to 5% significant level (two sides test). So it could be concluded that there was significant influence of Total Physical Response method toward vocabulary understanding to preparation class of hearing impairment children in Dharma Wanita Special Need Kindergarten-B Sidoarjo.
Jurnal TEKPEN 1 (3), 2016
2016 Meningkatkan Kedisiplinan dan Sikap Kooperatif melalui Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Anak Kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan melalui model pembelajaran sentra bermain anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya.(2) mendiskripsikan peningkatan sikap kooperatif melalui model pelajaran sentra bermain peran anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya.(3) untuk mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan dan sikap kooperatif anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan aktivitas anak dan lembar pengamatan aktivitas guru. Pengumpulan data dianalisis dan diolah untuk menentukan langkah yang perlu ditingkatkan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada perbandingan keberhasilan …
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 2 (1), 21-42, 2016