Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR
This research was conducted based on the lacks of creative thinking skill from elementary school students based on their experience and knowledge. The purpose of this study was to examine the significant differences in creative thinking skill between two classes that use social inquiry learning model and conventional learning model. This study used quantitative method with (quasi-experimental design) by using non-equivalent control group design research. The t-test analysis showed that the value of-t count<-t table (-4,096<-2.006) and significance value (0.000< 0.05), whereas the result of the N-Gain test, indicated that the average value of the experiment class has increased by 0.58 and 0.22 on the control class. The result of the present study shows that there is a significant difference in creative thinking skill between two classes that use social inquiry learning model and conventional learning model.
ICPECE 2017, 2018
2018 Pelatihan Keterampilan Informasi Melalui Pembuatan Media Literasi
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) masih dihadapkan pada sejumlah kendala diantaranya (1) program literasi masih belum tersosialisasikan dengan baik,(2) pemahaman peserta terhadap strategi implementasi gerakan literasi masih terbatas,(3) berdasarkan analisis kebutuhan guru menghendaki pengalaman praktis mengintegrasikan literasi ke dalam pembelajaran. Kendala tersebut dialami oleh guru-guru SD di Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Tujuan kegiatan ini untuk memfasilitasi kelompok sasaran yang difokuskan (1) pembuatan media literasi baik secara konseptual teoritis maupun praktik,(2) strategi implementasi program literasi di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi alur tahapan kegiatan, cara kerja dan output/luaran kegiatan pengabdian pada masyarakat. Cara kerja meliputi (1) pembagian materi sesuai bidang keahlian,(2) pendampingan …
Jurnal Publikasi Pendidikan 8 (1), 13-18, 2018
2018 Special Service Class, An Elementary School Program for Street Children
This study aimed to delineate and to describe the elementary school program for street children called special service class in elementary school at Surabaya. Using qualitative approach, data was collected through observation, interview, and documentation study. This research focused on the implementation of special service class program including supporting factors and its obstacles, and the stakeholder’s respond to the accomplishment of the program. As a result, implementation of special service class program run quite well. It can be seen by reaching the purpose of the program to capture street children in order to get an education in formal school. Availability of teacher and infrastructure became supporting factors but one of the obstacles was the lack of parent’s awareness about the importance of education for their children. The society declared they supported the program to help them getting a formal education.
International Journal of Educational Science and Research 8 (3), 147-156, 2018
2018 HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT TERAMPIL DENGAN PEMBENTUKAN JIWA WIRAUSAHA
Tingkat pengangguran di Kabupaten Nganjuk masih tinggi, hal ini disebabkan karena banyaknya masyarakat dengan tingkat pendidikan dan keterampilan dibawah standar minimal yang dibutuhkan pasar kerja. Sehingga masyarakat perlu diberdayakan melalui salah satu satuan pendidikan nonformal yaitu pelatihan. Pelatihan menjahit tingkat terampil diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, dalam hal ini pelatihan juga diselenggarakan untuk membentuk jiwa wirausaha warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pelatihan menjahit tingkat terampil dengan pembentukan jiwa wirausaha warga belajar di LKP Modes Wahyu Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini ada 27 orang dari warga belajar LKP Modes Wahyu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Metode ini digunakan untuk menganalisis sampel berukuran kurang dari 30. Hasil penelitian menggunakan analisis korelasi menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,685> 0,381) yang artinya terdapat korelasi antara kedua variabel. Hubungan antar kedua variabel termasuk dalam kategori kuat yakni berada pada interval 0, 60-0,799. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti ada korelasi antara pelatihan menjahit tingkat terampil dengan pembentukan jiwa wirausaha. Pelatihan menjahit memberikan konstribusi terhadap pembentukan jiwa wirausaha sebesar 73, 16 …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 2 (1), 1-7, 2018
2018 Local Wisdom of Samin Community: Core Values to Building Character
The phenomenon happens more and more and it affects people's behavior which resulted to been being far from the roots of the tradition and local wisdom. It certainly raises the concerns about the erosion of values of national character, such as a culture of mutual cooperation. The Samin community in East Java with the basic principles of honesty, solidarity, and simplicity are still growing, with a simple lifestyle, hardworking, diligent prayer, fasting, and charity to others. These values into its own power deals with conflict or violence because of the philosophy that does not want to hurt others. The values that developed in Samin community could become the core values or basic values to shape the character. The character as an individual identity is the picture of quality that determines an individual to be recognized as a unique person and distinguishes from others.
Proceedings of the 1st International Conference on Education Innovation …, 2018
2018 Contributing factors toward the participation of education equality program learners
Success of Learners in learning is determined strongly by the learners themselves. One factor that determines the success is the existence of learning participation of the learners themselves. In non-formal education,  learning participation is an inseparable part of the circuit of the learning. This research is aimed to review what factors that contributed to the learning participation of the learners of Package B (National Junior High School Equivalency) Equality Learning Program in SKB (District Technical Office for Early Childhood, Nonformal and Informal Education) Gresik. Method used to conduct the research is qualitative approach. In SKB Gresik as place of the research, the researcher use several informants for data exploration, by using interview, observation, questionnaire, and documentation of package B  Equality Education Program as a way to explore data. Data obtained, then, analyzed by data collection procedure, data reduction, data presentation, data interpretation, and data conclusion. The result of the research show that learners participation in package B equality program in SKB Gresik are tangible in three forms, that are:(a) participation in planning stage,(b) participation in executing stage,(c) participation in evaluation stage. Then, factor that influence participation of learners are consists of internal and external factors. Internal factors include physical condition such as health, age, functioning of five sense, and psychological condition of the learners themselves. Then external factors include the education level of the parents, socio-economical condition of the family, educator’ s competence,  and learning method …
Journal of Nonformal Education 4 (1), 79-88, 2018
2018 Manajemen kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam perspektif teori pertukaran sosial (studi multi-kasus pada tiga SMK di Kota Mojokerto)
ABSTRAK Hariyati Nunuk. 2018. Manajemen Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Perspektif Teori Pertukaran Sosial (Studi Multi-kasus pada Tiga SMK di Kota Mojokerto). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. Ph.D. (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci manajemen kerjasama SMK dunia usaha/dunia industri teori pertukaran sosial Permasalahan miss match antara SMK dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) merupakan permasalahan klasik yang sejauh ini belum ada solusi yang tepat untuk mengatasinya. Permasalahan tersebut mencakup pengelolaan pembelajaran dengan substansi materi dan keterampilan yang diajarkan kepada siswa serta perwujudan menyeluruh dari rangkaian manajemen kerjasama antara kedua belah pihak. Kompleksitas manajemen kerjasama antara SMK dengan DUDI mengilustrasikan adanya unsur pertukaran kedua belah pihak dalam mewujudkan kerjasama yang mutualis. Penelitian ini berfokus pada profil kompetensi lulusan SMK karakteristik DUDI sebagai Institusi Pasangan (IP) kelembagaan Tim Kelompok Kerja perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kerjasama SMK dengan DUDI upaya strategis SMK dalam menjalin dan memelihara kerjasama serta nilai hubungan kerjasama antara SMK dan DUDI. Penelitian ini dilakukan pada tiga SMK di Kota Mojokerto yaitu SMK Negeri 1 Kota Mojokerto SMK Taman Siswa Kota Mojokerto dan SMK PGRI Kota Mojokerto. Peneliti mengggunakan pendekatan kualitatif …
Universitas Negeri Malang, 2018
2018 Budaya Sekolah di SDIT Ustman Bin Affan Surabaya
BUDAYA SEKOLAH DI SDIT UTSMAN BIN AFFAN   SURABAYA   Husnul Hotimah 13010714019   Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya husnulhotimah290895@ gmail. com   Nunuk Hariyati Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya nunukhariyati@ unesa. ac. id   Abstrak Budaya sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sekolah dan menjadikan sekolah yang efektif. Pentingnya budaya sekolah karena budaya sekolah merupakan identitas bagi para personil sekolah, sehingga mudah dikenali dan menjadi pembeda antara sekolah satu dengan sekolah lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis; 1) Profil budaya sekolah; 2) Implementasi budaya sekolah; dan 3) Upaya untuk menumbuhkembangkan dan memelihara budaya sekolah di SDIT Utsman Bin Affan Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan orang tua siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif melalui   dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui proses kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa:(1) Aspek budaya sekolah yang telah diterapkan terangkum dalam akhalak mulia. sedangkan elemen budaya sekolah berupa fisik dapat dilihat dari perlengkapan  sarana dan prasarana, semboyan, dan tulisan-tulisan yang dipajang di tempat-tempat strategis.(2) Implementasi budaya sekolah …
Inspirasi Manajemen Pendidikan 6 (1), 1-7, 2018
2018 Pengembangan Multimedia Berbasis Mobile Learning Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Bitmap Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Dengan Model Pengembangan Ddd-E Untuk …
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia berbasis mobile learning yang layak dan efektif pada materi perangkat lunak pengolah gambar bitmap mata pelajaran dasar desain grafis untuk kelas X Multimedia di SMKN 1 Trowulan Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan yaitu model DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate) oleh Ivers dan Barron. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Instrumen wawancara digunakan untuk validasi ahli RPP, ahli materi dan ahli media. Kemudian angket dan tes digunakan kepada peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Trowulan Mojokerto.
Universitas Negeri Surabaya, 1-7, 2018
2018 E-Learning as Media Teaching Learning Pancasila Education in Universitas Negeri Surabaya
Along with the progress in information technology, learning-based on the internet at this time is a requirement, In order to increase knowledge and broad insight for students, it is necessary to be developed by using electronic media-based learning through the utilization of the Internet network called e-learning. E-learning as one of the media in learning has an important role in overcoming the limitations of space and time in the learning process. This study aims to analyze the response of the students of the Javanese Language Education program on learning Pancasila Education through e-learning at the State University of Surabaya.
1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 220-223, 2018