Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2019 Model Orientation of Social Mobility and Communication Based on Problem-Based Learning Concepts for Environmental Understanding on Visually Impaired Students
This study aims to produce a prototype product of the model orientation of social mobility and communication based on problem-based learning for understanding environmental concepts on visually impaired students. This development research uses the Educational Research Development (R & D) design models from Gall, Gall and Borg (2003). The result of prototype products, as follows: 1) practical guide books on braille and alerts access to in-outdoor environments and roads to various campus environment, 2) audio program application in android as part of problem based learning, 3) authentic assessment tool for measuring success in social mobility and communication orientation.
3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 141-148, 2019
2019 Buku Panduan Guru dalam Bimbingan Pribadi Sosial dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis di SD Inklusi
Social interaction provides an opportunity for children with special needs how to interact with people different from themselves. Social competence is developed by the way children with special needs learn to interact with normal people and learners are shown real life situations in the classroom. Building a social interaction of children with autism in the scope of the school is not easy, so there needs to be guidance from teachers to build social interaction of children in the environment. To assist teachers in providing autistic child counseling services it is necessary to have a personalized social guidance guide that is molded into a manual. The purpose of this manual is to make it easier for teachers to deal with the problem of autistic children in terms of social interaction.
Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 23-27, 2019
2018 Social Media on Narcissism and Self-Esteem
This study to discover how narcissism can affect posting behavior on SNS among young adults and how self-esteem can affect posting behavior on SNS among young adults in Banda Aceh. The instrument used for the pilot study was found to be multi-dimensional. Therefore, ANOVA method was selected as an appropriate statistical procedure for the assessment of the internal reliability of the pilot study instrument. It was thus determined that if the final instrument adopted proved to be multidimensional, the Hoyt-Stunkard ANOVA would also be applied to their sponges to the instrument. The Hoyt-Stunkard method was developed for use in determining internal consistency for unrestricted scoring items. Thus, it is appropriate to use this method for non-summated Likert scale scores. The current study revealed self-esteem could be effect to posting behavior but not significantly. Self-esteem and social influence could …
Proceeding the International Conference on Education Innovation 2 (1), 20-24, 2018
2018 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis diproyeksikan untuk meningkatkan pemikiran kritis dan kreativitas siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas B pada semester III di PG PAUD Unesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemikiran kritis dan kreatif oleh siswa dalam kelompok B pada semester III di PG PAUD Unesa..
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1), 66-72, 2018
2018 Resiliensi Anak Jalanan Terhadap Penggunaan Narkoba
Anak jalanan atau sering disingkat anjal adalah sebuah istilah umum yang mengacu pada anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan, namun masih memiliki hubungan dengan keluarganya. Umumnya mengalami tekanan hidup dan tindak kekerasan di jalan, sebagai bentuk pelarian dari permasalahan hidup yang mereka alami adalah dengan menggunakan narkoba. Tapi tidak semua anak jalanan melakukan perilaku negatif tersebut, meskipun mereka mengalami tekanan dan permasalahan yang sama. Kemampuan anak jalanan untuk tetap berdiri teguh di tengah-tengah banyaknya kesulitan yang dihadapinya disebut dengan resiliensi. Resiliensi adalah kemampuan individu untuk dapat beradaptasi dengan baik meskipun dihadapkan dengan keadaan yang sulit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 anak jalanan, yaitu 2 anak berkriteria belum pernah menggunakan narkoba dan 2 anak mantan pecandu narkoba. Teknik pengumpulan data adalah Observasi Non-Partisipan, Wawancara Mendalam dan FGD. Teknik analisa menggunakan model Miles dan Huberman. Validitas menggunakan uji Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, dan Confirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui aspek dan sumber resiliensi yang terbentuk membuat responden tidak mendekati perilaku destruktif yaitu penggunaan narkoba. Penggunaan narkoba yang adiktif disebabkan untuk menghilangkan rasa sakit akibat efek dari narkoba itu sendiri. Resiliensi yang terbentuk berdasarkan regulasi emosi, optimis, impuls control, causal analysis, empati …
Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi 9 (1), 50-55, 2018
2018 Pengaruh Permainan Congklak Berkartu Bilangan terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Konsep Banyak dan Sedikit pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak
Pembelajaran kognitif di Taman Kanak-kanak dapat dilaksanakan dengan permainan yang menyenangkan. Salah satu permainan yang dapat merangsang perkembangan berfikir anak adalah permainan congklak berkartu bilangan. Rumusan masalah penelitian ini:(1) Apakah permainan congklak berkartu bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia Taman Kanakkanak?,(2) Apakah permainan congklak berkartu bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit pada anak usia Taman Kanakkanak?,(3) Apakah permainan congklak berkartu bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan dan konsep banyak dan sedikit pada anak usia Taman Kanak-kanak? Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh permainan congklak berkartu bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan dan konsep banyak dan sedikit pada anak usia taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang akan menguji hipotesis. Pada kelompok eksperimen diberikan pengaruh atau treatment yaitu permainan congklak berkartu bilangan. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, satu variabel bebas (permainan congklak berkartu bilangan) dan dua variabel terikat (konsep bilangan dan konsep banyak dan sedikit). Penelitian ini dilaksanakan pada empat TK, yaitu dua TK untuk kelompok eksperimen dan dua TK untuk kelompok kontrol. Sebelum peneliti memberikan perlakuan permainan congklak berkartu bilangan, peneliti membuat instrumen yang diberikan kepada dua kelompok tersebut agar dapat diketahui tingkat validitas dan …
Early Childhood Education Journal of Indonesia 1 (1), 1-9, 2018
2018 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELOMPAT MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI BALON PADA ANAK KELOMPOK A TK PANCAMURNI I KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatan kemampuan melompat anak melalui permainan modifikasi balon pada anak kelompok A TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 68, 75% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87, 50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 65, 63% meningkat menjadi 87, 50% pada siklus II. Nilai rata-rata Kemampuan melompat siklus I sebesar 60, 00% dan pada siklus II meningkat menjadi 80, 00%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan melompat melalui permainan modifikasi balonpada anak kelompok A TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk. Kata kunci: Permainan Modifikasi Balon, motorik kasar
OJS Unesa 7 (Pendidikan), 2018
2018 Pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto
Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Tribuana Sooko Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan menggunakan tabel penolong wilcoxson match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel= 52, yang berarti Thitung< Ttabel (0< 52). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto.
Jurnal Teratai 7 (2), 2018
2018 Pengaruh Permainan Boy-boyan Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun
Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dengan permainan boy-boyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental one group pretest posttest design dan data dikumpulkan dengan menggunakan observasi non-participant. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Karomah Surabaya dengan jumlah 40 anak. Dari 40 anak tersebut menggunakan sampel penelitian dengan taraf signifikansi kesalahan melalui tabel Krecjie menjadi 36 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan SOP langkah-langkah penelitian, lembar observasi atau pengamatan yang berbentuk check list, lembar validasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensia dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian ini berupa permainan boy-boyan yang mempengaruhi kemampuan fisik mototik anak usia 5-6 tahun. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi yang memberikan saran pada lembar validasi, lembar observasi, dan permainan boy-boyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai setelah perlakuan (posttest) yang lebih baik jika dibandingkan dengan nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada setiap data pretest dan posttest menunjukkan untuk nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) 2,102 sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3,065. Nilai median sebelum perlakuan (pretest) 2, sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3. Nilai modus sebelum perlakuan (pretest) 2, sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3. Nilai …
Jurnal PAUD Teratai 7 (2), 1-8, 2018
2018 Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Kosgoro Surabaya
Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro dengan adanya implementasi media boneka jari. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Kosgoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/simpulan. Hasil penelitian implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro menunjukkan bahwa anak lebih aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama kegiatan berbicara dengan media boneka jari. Guru lebih mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media boneka jari sebagai penunjang dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hampir semua anak sudah berkembang kemampuan berbicaranya dan hanya sedikit sekali anak yang masih perlu banyak bimbingan guru dalam berbicara ketika bercerita.
Jurnal PAUD Teratai 7 (01), 1-5, 2018