Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 The Evaluation of Athletic Extracurricular Management of Dr. Soetomo and Jalan Jawa Junior High School in Surabaya
One of the fundamental strategies in attempts to develop athletic sports in Surabaya was to conduct special training through athletic extracurricular activities in schools, hence it was the starting point for the discovery of potential athletes. The purpose of this study was to determine the strengths, weaknesses, opportunities, and Threat from athletic extracurricular management which included Planning, Organizing, Implementing and Supervising which was conducted by Dr. Soetomo and Jalan Jawa Junior High School in Surabaya. The approach used in this study was a qualitative approach and the type of evaluative research (Evaluation Research) used descriptive methods. The evaluation design used in this study was the SWOT Analysis. The results and conclusions of this study indicated that the athletic extracurricular management at Dr Soetomo Junior High School; The Planning was already a good program, The Organizing used the organizational structure and cooperation which already existed so the working mechanism was clear of its functions and parts, The Actuating contained the schedule of activities, the attendance of students and the coaches are well-monitored by the extracurricular coordinator, The Controlling implemented a routine evaluation that carried out at the end of the school year, but for the achievements have not been as the expectation. On the other hand, Jalan Jawa Junior High School implemented the management as; The Planning of this school did not have a good program, The Organizing included the involved cooperation of leaders, teachers and parents of students was very good, The Actuating related to the …
Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education …, 2020
2020 Pengaruh latihan hiit dan saq terhadap kelincahan dan kecepatan
Latihan adalah proses sistematis dan terprogram yang dilakukan berulang kali dengan beban bertahap untuk tujuan tertentu seperti peningkatan kelincahan, kecepatan dan daya tahan kardiovaskular. HIIT adalah latihan yang menggunakan intensitas tinggi dengan beban latihan di atas ambang anaerob dalam waktu singkat dengan waktu istirahat 1: 2 (30 detik: 60 detik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pelatihan High Intensity Interval Training (HIIT) dan Speed, Agility and Quickness (SAQ) pada kelincahan dan kecepatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental menggunakan pencocokan desain saja dan analisis data menggunakan uji-t. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa peserta Ekstrakulikuler SMAN 1 Lawang kabupaten Malang. Data dikumpulkan dengan Pre-Test dan Post-Test dari tes Agility menggunakan T-test, tes kecepatan menggunakan run test 30 m. Hasil menemukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kelincahan dan kecepatan masing-masing 3, 2%, dan 4, 2%. Sedangkan untuk metode Latihan menggunakan SAQ didapatkan hasil 0, 79% dan 3, 7%. Kesimpulannya, sesi metode pelatihan HIIT dapat digunakan untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan.
Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 19 (2), 146-153, 2020
2020 PENGELOLAAN PKBM DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA LOKAL
Penulisn artikel ini untuk mengetahui pengelolaan yang baik bagi lembaga pendidikan, teruntuk lembaga pendidikan nonformal yaitu PKBM. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan PKBM Budi Utama dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal yang dikaitkan dengan standar pengelolaan pendidikan nonformal. Metode penelitian yang digunakna yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif tipe studi kasus. Data yang dianalisis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu, dengan Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi Data. Sedangakan dalam pengecekan keabsahan data (triangulasi) dilakukan dengan, triangulasi sumber, tringaulasi teknik, dan tringaulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan PKBM Budi Utama sesuai dengan pengelolaan atau manajemen PNF yaitu dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan serta pengelolaanya lebih pada pengembangan potensi sumber daya manusai lokal Sehingga dalam pengembangan sumber daya manusia lokal dengan memberikan fasilitas bagi masyarakat yang memiliki kemampuan mengajar ataupun lainya dan juga memberikan pembelajaran dalam bentuk pelatihan atau keterampilan. Faktor pendukung dari pengelolaan PKBM dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal yaitu dari sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya non-manusia, sedangkan untuk faktor penghambat yaitu dari latar belakang warga belajar atau peserta didik.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (2), 26-35, 2020
2020 PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DASAR DI UPTD SPNF SKB KABUPATEN MAGETAN
Penelitian dalam artikel ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada warga belajar keaksaraan fungsional. Hal ini disebabkan karena warga belajar keaksaraan mengalami kesulitan dalam belajar membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran tutor dalam mengembangkan motivasi belajar warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan uji keabasahan data menggunakan credibility, confirmability dan transferability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran tutor dapat mengembangkan motivasi belajar warga belajar yaitu dengan memberikan pembelajaran dan media sesuai dengan …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (3), 99-103, 2020
2020 PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN TATA RIAS DALAM MEMBENTUK PERIAS YANG TERAMPIL DI PKBM INSAN MULIA JOMBANG
Program pembelajaran hakekatnya merupakan jawaban terhadap masalah belajar yang dihadapi oleh perorangan dan sekelompok orang (calon peserta belajar). Fokus program pembelajaran pada hakikatnya meliputi aspek: tujuan pembelajaran akan dicapai, bahan atau materi belajar yang diberikan untuk peserta didik, strategi yang digunakan, dan pendekatan penilaian yang akan dilaksanakan untuk mencapi keberhasilan program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran program kewirausahaan tata rias dalam membentuk perias yang terampil di PKBM Insan Mulia Jombang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Tempat penelitian di PKBM Insan Mulia Jombang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dikumentasi. Analisis data dalam …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (3), 79-87, 2020
2020 Kompetensi Tutor Dan Kualitas Pembelajaran Di Lembaga Kursus English Is Friend Surabaya
Penggunaan bahasa Inggris di era saat ini tentunya sangat penting. Namun lembaga formal dirasa belum cukup untuk memberikan pendidikan berbahasa yang maksimal. Untuk itu muncullah lembaga kursus bahasa. Salah satu lembaga kursus bahasa di Surabaya bernama lembaga kursus English Is Friend. Lembaga ini berada di Surabaya bagian barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi tutor serta kualitas pembelajaran di lembaga kursus English Is Friend Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) tutor di lembaga kursus memiliki kompetensi yang mendukung pembelajaran walaupun belum sepenuhnya.(2) kualitas pembelajaran di lembaga kursus EIF memperhatikan perilaku pendidik, aktivitas peserta didik, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, serta sistem pembelajaran.(3) Peran tutor yang menonjol dalam memaksimalkan kegiatan pembelajaran adalah adalah fasilitator dan motivator. Semakin baik kompetensi yang ada pada diri tutor di lembaga kursus EIF tentunya semakin baik pula kualitas pembelajarannya.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (1), 82-92, 2020
2020 Marketing Program Pendidikan Luar Sekolah
Pendidikan merupakan produk jasa yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan yang bersifat non profit. Konsep pemasaran dalam pendidikan bukan untuk mengejar laba atau bersifat komersial. Pemasaran dalam lembaga pendidikan seperti Sanggar Kegiatan Belajar lebih ditujukan untuk memberikan layanan yang prima kepada konsumen pendidikan, dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, sehingga keuntungan yang diperoleh berupa bertambahnya minat masyarakat terhadap program pendidikan luar sekolah dan SKB lebih dikenal dinmasyarakat. Penelitian di SKB Bantul ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pamong, pendidik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini penerapan strategi marketing di SKB Bantul dinilai sudah tepat, akan tetapi masih kurang maksimal pada beberapa program. Oleh karena itu, perlu adanya strategi marketing yang tepat agar lebih meningkatkan minat masyarakat terhadap program pendidikan luar sekolah.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (1), 51-62, 2020
2020 Building the Character of Children Through Non-Formal Education in Schools
The research objective is to determine the role of Non-formal Education (NFE) programs in schools and children’ s interest in Non-formal Education The study uses a quantitative analysis approach. The results show there is a holistic and synergistic relationship between Non-formal Education and schools. The interest of students who take the Non-formal Education program at school is †œoptionalâ€, there is no compulsion, according to students’ interests, is entertaining, gives †œadded value†to children. NFE program analysis that strengthens the character of children includes; sports specialities strengthen the character of sportsmanship, tenacity and courage. An additional program of subject matter reinforces the character of diligent learning. The culinary training program strengthens character not to give up and the Islamic arts program strengthens creative character. Non-formal education is really needed to support the character in extracurricular in formal education NFE program in schools is very useful to provide reinforcement of positive character and even become a †œmust†so that students’ character develops well.
Journal of Nonformal Education 6 (non formal education), 69-76, 2020
2020 Retracted notice to
Artikel ditarik pada 17 Juli 2020 karena telah terbit di Character: Jurnal Penelitian Psikologi Vol. 5 No. 2 (2018) https://jurnalmahasiswa. unesa. ac. id/index. php/character/article/view/25327
Indonesian Psychological Research 2 (2), 2020
2020 Peran relasi orang tua-anak terhadap kenakalan remaja: Studi literature
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 7 (04), 143-154, 2020