Publikasi S3 Pendidikan Dasar
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
Suradi. 2002: Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya | Unesa University Press, 0 | |||
LULUS, & Nursalim, M.(2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar (Sd) | Jurnal BK UNESA 11 (4), 0 | |||
Nursalim.(2010) | Penerapan Latihan Asertifuntuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa …, 0 | |||
dkk. 2007 Psikologi Pendidikan | UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA, 0 | |||
dkk. 2010 | Psikologi Pendidikan, 0 | |||
Satiningsih., Hariastuti, RT, Savira, SI, Budiani, S. M. 2007 | Psikologi Pendidikan, 0 | |||
Mustaji. 2010 | Media bimbingan dan konseling, 0 | |||
Suradi. 2002 | Layanan bimbingan dan konseling, 0 | |||
Penerapan Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar | Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada siswa kelas IV SDN Suci Manyar Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus penelitian. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Suci Manyar Gresik yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Serta teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 77, 38% dan siklus II sebesar 88, 16%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% dan sisklus II sebesar 87, 5%. Respon siswa pada siklus I sebesar 76, 99% dan siklus II sebesar 90, 07%. Serta hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72, 53% dan siklus II sebesar 84, 57%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Suci Manyar Gresik serta memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. |
None 6 (1), 254747, 0 |