Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI TUTOR DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET B KELAS 7 DI SPNF SKB NEGERI KABUPATEN MALANG
Dalam proses pembelajaran pada Pendidikan Nonformal peserta didik mendapatkan pendampingan dari seorang tutor. Keberhasilan peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaiakan dan efektiv tidaknya proses pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh kemampuan dan kompetensi tutor saat menyampaikan bahan ajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi tutor, tingkat keefektifan pembelajaran, dan hubungan kompetensi tutor dengan keefektifan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rumus korelasi product moment, responden dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kesetaraan paket B kelas 7 di SPNF SKB Negeri Kab. Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi produk moment. Hasil dalam penelitian ini adalah Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dari r hitung menunjukkan nilai lebih tinggi daripada nilai r table (0,487 ≥ 0,349) yang artinya ada korelasi yang positive antara kompetensi tutor dengan keefektifan pembelajaran, hasil tersebut juga didukung dengan perhitungan persentase kompetensi pedagogik 78, 57%, kompetensi kepribadian 83, 33%, kompetensi social 93, 75%, kompetensi professional 81, 25% dan untuk keefektifan pembelajaran, mutu pengajaran 87, 5%, tingkat pengajaran yang tepat 91, 6%, insentif 87, 5% dan waktu 75%.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (1), 135-146, 2020
2020 Background Analysis of Income Parents With Social Development and Moral Religius Children
The purpose of this study is to find out how the background of parents’ income levels with social behavior and the development of religious morals in educating children’s social and moral religious behavior, knowing what values children get from these social behaviors, and how children’s actions are in applying religious morals in society. The location of this research is in this study conducted at KB Al-ahmadi Surabaya, with the research subjects are parents and children in the Al Ahmadi play group. This research is a qualitative descriptive study. The data collection techniques used were in-depth interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is an interactive model analysis. To obtain data with a high level of validity, the data triangulation method with the source was used. The results of this study indicate. There are still many parents who give their role in work matters, so that many parents cannot fully supervise their children because they are busy earning a living. But there are parents who teach themselves social and religious moral behavior towards their children, they want to take a direct role in shaping the role of religion in children in shaping the character and personality values of the child.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 213-217, 2020
2020 The Corporate Social Responsibility Program in Community Empowerment
Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) actors are the major role in national economic development. Strategies and innovations in community empowerment efforts are important programs. Community empowerment can be implemented through the Corporate Social Responsibility (CSR) program. The purpose of this research is to describe and analyze the CSR program in UMKM mentoring of community empowerment efforts. This research method uses a qualitative approach, with descriptive qualitative research type. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The number of research subjects in this study were 12 UMKM fostered partners. The research data analysis techniques in this study were data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that the UMKM CSR implementation of the mentoring model carried out by the company, starting from mentoring, providing motivation, sharing and care, monthly reports by fostered partners, and umkm exhibition, it can be said that corporate social responsibility can be called corporate citizenship.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 98-104, 2020
2020 Pelaksanaan Fungsi Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban
Masalah yang terjadi dimana pengelolaan kelompok bermain masih kurang optimal diantaranya ketidakseimbangan antara pola pengelolaan yang seharusnya ditetapkan dilembaga tersebut namun tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Mengingat pentingnya kelompok bermain dimana pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatur implementasinya agar dapat dilakukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yakni pengelola, pendidik dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Setelah itu diuji nilai kebenarannya dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengetahui (1) proses pelaksanaan fungsi fungsi manajemen bedasarkan teori teori yang ada meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sudah sesuai dan proses implementasinya dilakukan dengan baik dan benar (2) faktor penghambat dan penunjang terselesaikan dengan dan antara pengelola dan pendidik sangat baik kerjasamanya.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (1), 116-123, 2020
2020 Concept of human resources development to improve teacher performance: multi-case study
This study aims to analyze the concept of Human Resource Development carried out by schools in improving the performance of teaching staff at Elementary School Muhammadiyah of 1 Jember and Al Baitul Amien of 1 Jember. This research method uses a qualitative approach with a multi-case study design. The multi-case study used in this study uses two research sites. Data collection techniques in this study used participant observation, documentation, and interviews. Based on the research conducted, it can be concluded that the concept of the human resource development program carried out by these schools to improve the quality of teacher performance, namely:(1) increasing the abilities, skills, attitudes, and responsibilities of educators (teachers) to be more effective and efficient,(2) optimizing human resource development as much as possible by delegating to educators (teachers), and (3) striving to improve education quality by recommending educators (teachers) to take further studies to a higher level. There is no multi-case study research in improving the performance of students.
Studies in Learning and Teaching 1 (3), 140-150, 2020
2020 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantu Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu teknik mind mapping terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V di SD Negeri Simomulyo IV/101 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent (pretest and posttest) control group design dengan populasi merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri Simomulyo IV/101 Surabaya dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dalam bentuk tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t dan N-Gain dengan menggunakan program SPSS 25, 00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran CIRC dengan teknik mind mapping berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial siswa kelas V dibuktikan dengan hasil uji t dengan sign sebesar 1,674;(2) model pembelajaran CIRC dengan teknik mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V thitung adalah 4,041 apabila dibandingkan maka thitung> …
Jurnal Education and Development 8 (2), 567-567, 2020
2020 Development of learning content in computer based media with articulate storyline to improve civics learning outcomes in third grade elementary school students
International Journal of Innovative Science Research Technology 5 (2), 2020
2020 Gambaran kebutuhan pembelajaran daring pkbm budi utama surabaya pada masa pandemi covid-19
Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak pada perubahan model pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring di PKBM Budi Utama berlangsung spontan tanpa persiapan. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran kebutuhan pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. 167 peserta didik kesetaraan dan 18 tutor menjadi responden dengan mengisi survei kebutuhan pembelajaran daring melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88, 17% responden menginginkan adanya sosialisasi pembelajaran daring; 69, 89% responden memilih pembelajaran daring melalui google classroom; 45, 16% memilih model pembelajaran video tutorial; 94, 08% membutuhkan sumber internet dari wifi dan paket data dan 82, 25% responden khawatir kesulitan memahami pelajaran matematika pembelajaran daring. Simpulan penelitian ini adalah kebutuhan pembelajaran daring di PKBM Budi Utama meliputi media, aplikasi, dan model pembelajaran.AbstractCovid-19 pandemic has an impact on changing face-to-face learning models to online learning. Online learning in Budi Utama's PKBM took place spontaneously without preparation. The research objective is to provide an overview of the needs of implementing online learning. The study uses a quantitative descriptive approach with survey methods. 167 equality students and 18 tutors became respondents by filling out a survey of online learning needs through Google Form. The results showed that 88.17% of respondents wanted online learning socialization; 69.89 …
Jurnal Pendidikan Nonformal 15 (1), 38-44, 2020
2020 Teacher’s Perceptions of Ecoliteracy Practice to Sustainable Communities in Primary Schools
The purpose of this study is to investigate the perceptions and explore the experiences of sustainability community-based ecoliteracy practices in elementary schools which includes creating conditions, using strategies, and achieving learning outcomes. This study uses a quantitative analysis approach with a survey method. The population in this study were 1070 teachers at 56 primary schools in the west part of Surabaya. The number of samples taken was 63 teachers from 9 schools using the two-stage cluster sampling technique. The demography of respondents were described based on gender, age, level of class teaching, and teaching experience. The data was collected using a questionnaire with google form. The data analysis technique used descriptive statistics by calculating the percentage of each variable. The results showed the practice of ecoliteracy learning which includes the management of the learning environment, the use of learning methods and strategies, and the overall learning outcomes that are sustainable community oriented to ecoliteracy practice in elementary schools which has enough category. The implication of this research is that it can be used as material for improving eco-literacy programs as well as promoting Education Sustainable Development in elementary schools.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 429-435, 2020
2020 Peran Kepercayaan Diri dan Kemampuan Multitasking terhadap Readiness to Change pada Mahasiswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan multitasking dengan readiness to change pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Seluruh 30 mahasiswa pengurus Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya direkrut secara purposif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan kemampuan multitasking dengan readiness to change. Analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis penelitian ini diterima. Studi ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang bersifat positif antara kepercayaan diri dan kemampuan multitasking dengan readiness to change pada subjek.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 10 (2), 150, 2020