Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2019 Excessive Internet Use and Its Hours Usage Control among Indonesian Students in China
At one decade, the internet has changed human lifestyles, and it harms daily student life. The adverse effects including physically and mentally problem had decreased student social skill and coping styles on real life. The aims of these studies were to explore the predictions of Internet hour usage on Indonesian student internet excessive use. Indonesian students in Wuhan have been participating in this study. This study using quantitative approached using descriptive statistic. The main finding revealed, regarding the daily internet use, comparison among Indonesian on internet addiction level have the difference which is Indonesian students using the Internet from less than 1hour until more than 12 hours per day otherwise students no one uses the Internet less than 1 hour. The data above revealed internet addiction level on Indonesian could be described based on daily internet usage. Therefore, daily internet usage could predict the Indonesian level addiction on the Internet. Otherwise, it could not be applied to the students, whereas Indonesian students on the daily usage have higher Internet addictive level than Chinese students.
3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 332-336, 2019
2019 Survei Faktor yang Mempengaruhi Pertimbangan Orang Tua dalam Pemilihan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Surabaya
Taman Kanak-kanak (TK) merupakan jenjang pendidikan formal untuk anak usia dini yang telah memasuki usia empat sampai lima tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang memengaruhi pertimbangan orang tua dalam pemilihan TK bagi anak di kota Surabaya dan berapa presentase pada setiap faktornya.
Jurnal PAUD Teratai Vol 8 No 2, 2019
2019 The impact of adduction of folding paper stages for children’s fine motor skills
The purpose of this study is to illustrate the impact of giving folding stages to the subtle motoric abilities of children, especially in folding paper. The sample in this study was 15 children. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The research observation sheet includes measuring the ability to fold a child, 3 namely: 1) the child is able to connect the a to b side symmetrically correctly, 2) the child is able to connect a side to b quickly and press it firmly, 3) the child is able to make the fold neat with symmetrical folds. Data analysis techniques use the interactive model Miles and Huberman. From the results of the research carried out giving stages of paper folding greatly impacted on the fine motor skills of children, especially in folding. In general, children become more able to do origami folding activities independently without teacher guidance.
3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 223-226, 2019
2019 Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak
Kegiatan penelitian action research ini bertujuan untuk meningkatkan anak dalam menyimak melalui kegitan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK di Jayanegara Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan refleksi persiklus. Berdasarkan oleh data diperoleh data aktivitas menyimak anak dalam mengikuti kegiatan bercerita (respon anak yang terwujud dalam sikap menyimak dan menjawab pertanyaan) pada siklus I sebesar 56, 25% meningkat menjadi 81, 25% pada siklus. Selain itu diperoleh bahwa buku cerita sederhana, seting tempat duduk, cara guru bercerita dengan intonasi, mimik, dan gerak tubuh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari meningkatnya kemampuan anak dalam menyimak. Pemilihan buku cerita adalah salah satu faktor utama dalam hal menarik minat anak untuk menyimak. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana berdampak pada kemampuan anak menyimak.
Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1), 53-59, 2019
2019 Pengaruh Papan Titian Modifikasi Terhadap Keseimbangan Gerak Anak Usia 4-5 Tahun
Pada usia 4-5 tahun adalah masa yang sangat berpotensi untuk melatih dan mengembangkan keseimbangan gerak anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh papan titian modifikasi terhadap keseimbangan gerak anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu), dimana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan peserta didik dari 2 TK yaitu TK Yannas Bangkalan sebagai kelas kontrol dan TK Negeri Pembina sebagai kelas eksperimen. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling purposive (judgmental sampling). Untuk mengukur sampel, menggunakan Rumus Slovin, dimana jumlah populasi yang diketahui yaitu 80 dengan batas kesalahan 5%, maka jumlah sampelnya yaitu 66 anak. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar-5,060 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0, 05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh papan titian modifikasi terhadap keseimbangan gerak anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: keseimbangan, papan titian
Jurnal PAUD Teratai 8, 2019
2019 RETRACTED: Perbedaan Kreativitas Anak Kelompok A Antara Kegiatan Kolase Bahan Alam dan Kolase Bahan Kertas
Following a rigorous, carefully concerns and considered review of the article published in JECCE (Journal of Early Childhood Education and Care) to article entitled: Â Perbedaan Kreativitas Anak Kelompok A Antara Kegiatan Kolase Bahan Alam dan Kolase Bahan Kertas Vol 2, No 1, pp. 21-29, March 2019,
Journal of Early Childhood Care and Education 2 (1), 21-29, 2019
2019 Toilet Training Guidebook for the Independent Character in Preschoolers
This research develops toilet training guidebook with paired storybook. Specifically, this study aims to (1) to develop a toilet training guidebook on the independence of early childhood,(2) to find out the feasibility of developing a toilet training guidebook on the independence of early childhood,(3) to describe the effectiveness of toilet training guidebooks on children's independence early age. This type of research method Research and Development. The subjects in this study were 40 children in 4 Play Groups in Surabaya. Data collection techniques used were interviews, questionnaires, and observations. Based on the results of the study, proper development that used to guide the teacher in choosing an alternative class setting to be used in his class of 84%. Based on the value of the initial field, the main field trials and operational field trials (3, 4) of the 1-4 scale, the toilet training manual on early childhood independence to increase children's knowledge about the way children do proper toilet training. The effectiveness of guidebook toilet training are teacher activities scored 85% with very good categories. Student activities showed a score of 86% in the good category. Therefore, this guidebook is worth using to facilitate the toilet training process of early childhood.
3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 52-56, 2019
2019 Evaluasi Program Pengembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Tk Taman Ananda Wiyung Surabaya
Penelitian dilatarbelakangi pada program pembelajaran motorik halus di TK Taman Ananda yang berjalan bertahun-tahun tanpa banyak perubahan. Penelitain evaluasi digunakan untuk mengetahui dan melihat sejauh mana keefektifan tujuan program pengembangan motorik halus yang sedang berjalan di sekolah TK Taman Ananda. Jenis penelitian evaluasi ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles and Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data 4) verifikasi data/kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) program pengembangan motorik halus di TK Taman Ananda tidak mencapai tujuan pembelajaran sebab perangkat pembelajaran tidak sesuai dengan STPPA dan terjadi kesalahan Kompetensi Dasar (2) perangkat pembelajaran yang digunakan telah sesuai dan lengkap (KTSP, Prosem dan RKTK), serta perangkat yang kurang sesuai (RPPM dan RPPH) dan tidak tersedia (program supervisi dan silabus) 3) perangkat pembelajaran berpengaruh penting terhadap keefektifan pengembangan motorik halus anak. Kata kunci: motorik halus, evaluasi, perangkat pembelajaran
Jurnal PAUD Teratai 8 (3), 2019
2019 PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MITIGASI BENCANA ALAM PADA PERILAKU KESELAMATAN KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA
Indonesia rawan akan bencana, dan mitigasi bencana alam perlu diajarkan pada anak sejak dini. Mereka individu yang bukan hanya untuk diselamatkan tetapi mereka bisa menyelamatkan diri sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku panduan mitigasi bencana alam pada perilaku keselamatan kelompok B Usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Rungkut Surabaya bahwa wilayah tersebut rawan terjadi potensi gempa. Di sekolah TK Islam Al Fajar dan TK Pengawas II guru mengajarkan Standart Operasional Prosedur ketika di ruang bermain, di luar kelas, ketika cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, di kamar madi, dan ketika beristirahat. Guru disekolah tersebut belum pernah melakukan mitigasi bencana alam gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan buku panduan mitigasi bencana gempa bumi pada pembelajaran kesehatan dan perilaku keselamatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 guru TK Islam Al Fajar dan 10 guru TK Pengawas II, ahli materi, ahli media. Objek penelitian ini adalah pengembangan media buku panduan mitigasi bencana gempa bumi. Pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan angket. Media buku panduan mitigasi bencana gempa bumi layak digunakan untuk pengembangan pembelajaran kesehatan dan perilaku keselamatan. Kelayakan uji coba kelompok besar kategori “layak”(95, 31% dan 86, 71%), keefektifan kategori “layak”(91, 0125%), ahli materi “sangat valid”(86, 66%), ahli media …
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2019
2019 Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menggunting anak yang masih perlu ditingkatkan sehinggapeneliti memberikan tahapan menggunting dalam proses meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan tahapan mengunting yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 22 anak di TK Dharma Wanita Persatuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tahapan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada siklus I sebesar 81, 8% meningkat menjadi 86, 4% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tahapan menggunting mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak.ABSTRACT: This research is motivated by the fine motor ability children who still need to be improved so that researchers provide stages of cutting in the process of improving children's fine motor skills. The purpose of this study is to improve children's fine motor skills with the right stages of cutting. This research is a class action research. This class action research was carried out in two cycles. The sample in this study was group A children totaling 22 children in TK Dharma Wanita Persatuan. Data collection techniques used are observation and documentation. Based on the results of data analysis, it was found that the cutting stage could increase the fine motor skills of children in the first cycle by …
Child Education Journal 1 (2), 50-57, 2019