Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2020 | Keterkaitan Penyelenggaraan Program Bimbingan Pra Nikah Dengan Konsep Keluarga Sejahtera Bagi Calon Pengantin | Kesejahteraan dalam rumah tangga sangat penting, namun pada tahun 2019 masih ada 57.600. 000 keluarga di Indonesia yang belum mencapai tingkat kesejahteraan atau disebut sebagai keluarga pra-sejahtera, data dari Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa persentase keluarga miskin di Indonesia pada bulan September 2019 tercatat 9, 22%. Atas dasar tersebut Kementerian Agama Republik Indonesia membuat program bimbingan pra nikah yang diamanahkan kepada Kantor urusan Agama (KUA). Pada bimbingan tersebut calon pengantin akan dibina agar mampu menyiapkan diri untuk memahami konsep keluarga sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis keterkaitan antara penyelenggaraan bimbingan pra nikah dengan pemahaman konsep keluarga sejahtera bagi Calon Pengantin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan. Hasil dari pada penelitian ini ditemukan adanya keterkaitan penyelenggaraan program bimbingan pra nikah dengan pemahaman konsep keluarga sejahtera dibuktikan dengan adanya program bimbingan nikah untuk membangun pengetahuan baru bagi calon pengantin yang akan membentuk pemahaman tentang konsep keluarga sejahtera |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (4), 10-19, 2020 | |
2020 | Metakognitif dalam Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk melatihkan kemampuan metakognitif pada peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Perangkat yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, Penilaian Hasil Belajar/PHB (istilah untuk THB dalam kurikulum 2013) dan Tes Kemampuan Metakognitif/TKM berupa angket kemampuan metakognitif. Proses pengembangan perangkat tersebut mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu:(1) fase investigasi awal,(2) fase desain,(3) fase realisasi,(4) fase tes, evaluasi dan revisi, serta (5) fase implementasi. Pada fase tes, evaluasi dan revisi, perangkat yang telah dikembangkan, kemudian diujicoba pada kelas ujicoba. Hasil ujicoba tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik, dilihat dari:(1) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, yang berkategori terlaksana dengan sangat baik,(2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran yang berkategori aktif,(3) respon peserta didik terhadap pembelajaran yang berkategori positif,(4) ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga tercapai. Kegiatan belajar yang terjadi pada setiap pembelajaran baik di kelas ujicoba maupun implementasi mengacu pada learning trajectory yang dikembangkan oleh peneliti. Melalui learning trajectory inilah metakognitif dilatihkan dalam pembelajaran RME dilihat dari aktivitas metakognitif yang dilakukan peserta didik selama pembelajaran, bahkan pada kelas implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan perangkat berbasis RME ini efektif untuk meningkatkan … |
Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA 10 (2), 160-176, 2020 | |
2020 | Proses Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19 | Peserta didik di sekolah dasar memasuki tahap operasional konkrit, sehingga memerlukan suatu media untuk dapat menangkap berbagai konsep yang ada. Salah satu mata pelajaran yang terkesan abstrak adalah matematika. Pembelajaran matematika memerlukan benda konkrit dan penjelasan dari guru. Adanya wabah virus corona ini menjadikan pembelajaran harus serba online, tidak terkecuali matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses belajar matematika selama pandemi virus corona ini berlangsung dan memaparkan dampak dari adanya daring selama pandemi virus corona. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika dilakukan secara daring di berbagai sekolah dan ada pula yang masih mengharuskan untuk orang tuanya mengambil tugas anaknya ke sekolah. Berbagai dampak dirasakan oleh guru, peserta didik, maupun orang tua selama pembelajaran daring di tengah pandemi ini, ada yang positif maupun yang negatif. |
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2020 | |
2020 | Pengaruh bimbingan belajar secara luring dan daring di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa di Kecamatan Banjarnegara | Semarang: UNNES, 2020 | ||
2020 | Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar | Budaya yang terdapat di Indonesia bermacam-macam, salah satunya adalah rumah adat. Arsitektur rumah adat dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematikaang berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi rumah adat Joglo di Ponorogo pada materi geometri di Sekolah Dasar. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data hasil observasi, dokumentasi dan kajian studi literatur. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa:(1) terdapat konsep geometri dalam rumah adat Joglo di Ponorogo yang terdiri dari bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga, belah ketupat, lingkaran) dan bangun ruang (limas dan balok);(2) konsep geometri yang terdapat pada rumah adat Joglo dapat dijadikan alternatif sumber belajar matematika khususnya materi geometri berbasis etnomatematika. |
Jpgsd 8 (3), 591-600, 2020 | |
2020 | Learning For Students With Hearing Impairment In Inclusive Class On Sensorimotor Development Course | Hearing impairment has implications in learning due to the difficulty to hear and understand conversations. The purpose of this study was to describe learning for students with hearing impairments in inclusive class on Sensorimotor Development Course. This research was a qualitative research with a single case study research design. The study was conducted at Universitas Negeri Surabaya. Research subjects were student with hearing impairment, lecturer, volunteer, and classmate in inclusive class on Sensorimotor Development Course. Data collection techniques were in-depth interviews and observation. Data validity technique was triangulation. Data were analyzed based on the Miles & Huberman Flow Model which included three processes, namely data reduction, data display, and conclusions. The results showed that learning for students with hearing impairments in inclusive class on Sensorimotor Development Course needs to consider the following:(1) seating placement,(2) optimization of visual information,(3) modification of teaching,(4) volunteer support, and (5) teamwork. |
International Conference on Special Education In South East Asia Region 10th …, 2020 | |
2020 | Hubungan antara job demands dengan persepsi terhadap safety performance pada karyawan divisi kapal perang Pt. Pal Indonesia (PERSERO) | Safety performance karyawan menjadi salah satu faktor penting dalam keselamatan kerja di perusahaan, terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi dan memiliki potensi kecelakaan kerja yang tinggi. Tuntutan pekerjaan yang tinggi terkadang membuat karyawan kurang fokus terhadap komponen keselamatan kerja yang ada. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan koesioner dengan skala Likert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara job demands dengan persepsi terhadap safety performance pada karyawan di Divisi Kapal Perang PT PAL Indonesia (Persero). Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti hanya melibatkan karyawan yang bekerja secara langsung di lapangan serta berstatus pekerja tetap. Penelitian ini melibatkan 73 orang dengan rincian 32 karyawan digunakan untuk tryout dan 41 karyawan digunakan untuk pengambilan data. Skala yang dibuat disusun berdasarkan teori masing-masing variabel dan dianalisis dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara job demands dengan persepsi terhadap safety performance pada karyawan Divisi Kapal Perang PT PAL Indonesia (Persero). Hubungan kedua variabel yang searah dapat diartikan bahwa semakin tinggi job demands maka semakin tinggi pula persepsi terhadap safety performance karyawan. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 4 (07), 215-228, 2020 | |
2020 | Implementation of Total Quality Management (TQM) of Curriculum Field in Khadijah Senior High School Surabaya | This study was conducted to find out the description of the implementation of total quality management (TQM) of curriculum field in Khadijah Senior High School by paying attention to:(a) the process of disseminating the integrated quality standards in the curriculum,(b) the process of establishing an integrated quality assurance standard in the curriculum,(c) the implementation process and fulfillment of integrated quality standards in the curriculum, and (d) the process of monitoring and evaluating the assurance of integrated quality standards in the curriculum. The method used is qualitative research because it aims to obtain in-depth data and information, so that the goal to know the implementation process of integrated quality assurance in the curriculum can be achieved. This research used case study type. A research that uses this type of case study will uncover the phenomenon that exists by collecting and using … |
International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (3), 2020 | |
2020 | The impact of transformational leadership on lecturer performance: A quantitative study in higher education | Transformational leadership is a dire need for improving the performance of universities today. The model of transformational leadership is critical increasing the self-confidence of subordinates which will affect the increase in lecturer performance. This research aims to investigation the impact of the transformational leadership on lecturer performance. The method of exploration is quantitative examination, by circulating multifaceted authority polls (MLQ Form 5X) which an exploration instrument to gather information with purposive sampling procedure of 370 state lecturers in Surabaya. Statistic quantitative that utilizing graphic factual strategies to test the immediate impact between the factors with the Structural Equation Model. The main findings reveal that leadership has a significant impact on lecturer performance. The result on this study also groundbreaking initiative on each measurement of lecturer performance (productivity, work quality; initiative, teamwork, motivation; problem-solving, pressure; effective work; needs supervision and interpersonal impact). The discoveries of this examination uncover that transformational leadership lead improving the lecturer performance with groundbreaking authority positively affects instructor execution. |
PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 17 (6), 13841-13858, 2020 | |
2020 | The Impact Of COVID-19: What School Principals As Instructional Leaders Act? | The study is conducted to determine, explain, and analyze the role of the principal as a learning leader in the COVID-19 pandemic era. Design/methodology/ |
IJEBD International Journal Of Entrepreneurship And Business Development …, 2020 |