Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 The Development of The Management of Inclusive Schools Curriculum and Learning Model
International Conference on Special Education In South East Asia Region 10th …, 2020
2020 Creative Problem Solving Training to Enhance Students Problem Solving Skills on Career Issues
This study aims to describe the application of creative problem solving to improve career problem solving skills and describe improvement in career problem solving skills with creative problem solving for grades nine students in Public Junior High School. Research conducted using the type of Counseling and Guidance Action Research conducted on a cyclical basis. In each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used include: questionnaire, rating scale, observation of teacher and student activities and interviews. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis. The subjects in this study amounted to 32 students consisting of 11 male students and 21 female students. From the results of the questionnaire analysis in the first cycle, scores obtained from career problem solving skills changed from the classical average number of 44% to 69%. Cycle II experienced a change in classical completeness in scores on career problem solving skills from 69% to 84%. Furthermore, from the data analysis of the rating scale, the average score of career problem solving skills has increased from 22% to 69%. Cycle II has increased from 69% to 94%. Comparison of classical completeness between cycles of questionnaire instruments and rating scales which indicate a change in positive signs of 15% and 25%. The results of teacher activity observation reached 80%, and observation of student activities reached 80%. The results of the interviews showed an increase in aspects of being happy with the training, instructions given, the course of the training, the need for techniques to be used and …
2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019), 6-10, 2020
2020 Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru
Penulisan artikel bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai komunikator, konselor, dan konsultan dalam meningkatkan mutu profesional guru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi literatur terhadap 25 jurnal yang terbagi dari 15 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional. Dari beberapa jurnal tersebut dapat diketahui bahwasanya: 1) Peran kepala sekolah sebagai komunikator dalam upaya melakukan penjaminan mutu adalah dengan memberi pengaruh terhadap bawahannya (orang tua peserta didik, guru, siswa, dan tenaga administrasi) untuk mencapai keinginan yang dicita-citakan, mengingat pentingnya meningkatkan kualitas peserta didik, oleh sebab itu kepemimpinan kepala sekolah lebih ditekankan dalam peningkatan mutu profesional pendidik serta mutu lulusan. 2) Peran kepala sekolah sebagai konselor dalam upaya meningkatkan profesional guru dengan pengguna jasa pendidikan meliputi perbaikan secara terus menerus, memiliki visi dan misi kedepan, berpusat pada kebutuhan siswa sehingga tidak hanya prestasi siswa saja yang meningkat melainkan juga meningkatkan mutu dan kualitas profesi guru itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dapat ditingkatkan. 3) Peran kepala sekolah sebagai konsultan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu profesional guru adalah mampu menciptakan perubahan yang mendasar bagi karyawan, guru dan siswanya yang dilandasi dengan nilai-nilai agama, sistem budaya untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas pengikutnya dalam mencapai visi misi sekolah.
Dinamika Manajemen Pendidikan 5 (1), 68-76, 2020
2020 PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS UNTUK PERKULIAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS AWAL JURUSAN S1 PGSD FIP UNESA
Materi Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) dalam mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Awal S1 PGSD FIP UNESA belum cukupmembekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik untuk menguatkan dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis kata dan kalimat sederhana yang telah dikuasai siswa. Dilakukan penelitian pengembangan berdasarkan teori pengembangan Borg & Gall sampai langkah revisi akhir produk berdasarkan masukan validator. Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, dan angket terbuka yang selanjutnya dianalisis dengan rumus persentase dan uji t. Terdapat 3 strategi membaca, yaitu serempak, bergema, dan berpasangan. Terdapat 6 strategi menulis, yaitu membuat: kartu abjad, dinding kata, kamus pribadi, jurnal harian, jurnal respon, dan buku mini. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodul yang dikembangkan telah layak, efektif, dan direspon positif oleh mahasiswa untuk digunakan sebagai materi MMP. Keberadaanmodul membaca dan menulis ini dapatmembekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik untuk menguatkan dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa di kelas awal sekolah dasar.
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2020
2020 Hubungan antara Pelibatan Orang Tua dan Perang Teman Sebaya dengan Perencanaan Studi Lanjut Peserta Didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pelibatan orang tua dan perencanaan studi lajut peserta didik di SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo,(2) hubungan antara peran teman sebaya dengan perencanaan studi lanjut peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokro Surabaya, dan (3) hubungan antara pelibatan orang tua dan peran teman sebaya dengan perencanaan studi lanjut peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pelibatan orang tua, skala peran teman sebaya dan skala perencanaan studi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 289 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan korelasi ganda regresi linier dengan menggunakan variabel pelibatan orang tua (X1), variabel peran teman sebaya (X2) sebagai variabel terikat dan variabel perencanaan studi lanjut (Y) sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai koefisien korelasi antara X1 dengan Y sebesar 0,311 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelibatan orang tua dan perencanaan studi lanjut.(2) nilai koefisien korelasi antara X2 dengan Y sebesar 0,143 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang …
Jurnal BK Unesa 11 (1), 2020
2020 Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi implementasi/penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa dalam penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang meliputi empat hal, yaitu (1) Konteks: penilaian yang dilakukan sesuai dengan pedoman penilaian PAUD Permendikbud RI No 146 Tahun 2014,(2) Input: Masukan dalam penelitian ini, adalah latar belakang pendidik, sarana prasarana yang tersedia cukup menunjang, dan peran guru pada penilaian portofolio mendukung,(3) Proses pelaksanaan penilaian berbasis portofolio sesuai dilakukan berdasarkan langkah-langkah penilaian portofolio menurut Supranata dan Hatta,(4) Produk atau hasil penilaian berbasis portofolio yang dilakukan yaitu berupa dokumen semua perkembangan anak yang sudah dikumpulkan selama satu semester yaitu satu bendel map dengan menuliskan nama dari masing-masing anak serta raport anak. Kesimpulan dari keseluruhan evaluasi implementasi penilaian berbasis portofolio sudah cukup baik namun masih diperlukan pembenahan dalam penggunaan pedoman penilaian yang ada.
Jurnal Pelita PAUD 4 (2), 187-196, 2020
2020 Pengembangan Potensi Lembaga melalui Pelatihan Kewirausahaan Paud
Pelatihan Kewirausahaan PAUD ini bertujuan mengembangkan potensi lembaga PAUD untuk mencapai kemandirian ekonomi lembaga. Sasaran pelatihan ini adalah pengelola dan guru PAUD dari perwakilan setiap gugus di Kota Kediri. Metode pelatihan menggunakan ceramah, diskusi, praktik, dan pendampingan perencanaan usaha lembaga. Pada kegiatan awal peserta diarahkan untuk memahami materi tentang manajemen lembaga PAUD, pengembangan potensi sekolah serta beberapa contoh kegiatan dan usaha yang dapat dilakukan di Lembaga PAUD. Langkah selanjutnya peserta diarahkan menganalisis situasi lembaga dan menemukan potensi yang ada di lembaga masing-masing. Potensi sekolah tersebut kemudian dikembangkan sebagai kekuatan untuk menghasilkan rancangan usaha milik lembaga. Evaluasi pelatihan dilakukan dengan menggunakan survei kepuasaan peserta dan analisis outline rancangan usaha lembaga. Hasil survei menunjukkan bahwa materi pelatihan kewirausahaan merupakan hal baru bagi peserta pelatihan, sangat bermanfaat bagi pengembangan kewirausahaan di lembaga PAUD, dan kehadiran narasumber membantu memfasilitasi peserta sehingga tidak mengalami kesulitan dalam membuat rancangan usaha lembaga. Hasil pelatihan ini adalah rancangan usaha yang dibuat oleh pengelola dan guru PAUD sesuai dengan potensi lembaga untuk mendorong kemandirian ekonomi lembaga PAUD di Kota Kediri.
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini …, 2020
2020 Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Saat Menghadapi Ujian Lisan Bahasa Inggris
Background of Study: A person who has a high anxiety, usually does not have a self-image. It often happens to students who will face oral examinations. Anxiety often arises when an oral exam takes place, so that it can reduce concentration in thinking during the exam.Objective: This research is aimed to determine the description of anxiety level on nursing students in speaking English test.Methods: This research is quantitative research by using cross sectional design method. The technique in collecting data used the Westside Test Anxiety Scale (WTAS). The data analysis technique used description analysis technique and univariat analysis.Results: The results indicated that the smallest anxiety level of 1.30 was included in anxiety comfortable/not anxious, while the highest anxiety value of 4.90 was included in very high anxiety and an average value of 2.80. In addition, the level of anxiety with male sex as much …
Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat …, 2020
2020 Spirituality and Depression with Self-Moving Trends in Adolescents: Empirical Evidence in Yogyakarta, Indonesia
Indonesia is the 14th country with the highest suicide rate in the world and the 8th highest country in ASEAN. Yogyakarta is the city that places the second rank in Indonesia with the highest child and adolescent suicide rates. The purpose of this study is to analyze spirituality and depression with suicidal tendencies in adolescents in Gunungkidul, Yogyakarta. The population in this study were high school and vocational high school students in the Gunungkidul Yogyakarta subdistrict, amounting to 988 students. The number of samples was 301 sampling techniques using purposive sampling. With inclusion criteria: students aged 15-24 years, not being treated in hospital. When the research was conducted in 12 months. Data collection techniques used in this study to capture data about Spirituality Spiritual Involvement and Beliefs Scale (SIBS), depression was measured using the Beck Depression Inventory-II. The method used is of quantitative research using multiple regression. This study found that there is a significant relationship between depression and suicidal tendencies.
Indonesian Journal of Global Health Research 2 (4), 359-366, 2020
2020 Parental Education Program Based on the ADDIE Text Book Model
The development of student textbooks on children’s education courses in the family has a mission to build student competencies in the Department of Early Childhood Teacher Education in understanding material about children’s education in the family. The use of this textbook can provide systematic direction because the written material is consistent with the RPS on children’s education courses in the family so that students are expected to be able to have fun and meaningful learning by using this textbook during lectures. Based on the results of observations and polls to students who have taken courses in children’s education in the family of 2017, the Department of PG PAUD FIP Unesa, totaling 98 students, it was found that almost 80% of students still had difficulty in understanding and doing assignments on children’s education courses in the family. This research aims to: 1) find out the validity of student textbooks on children’s education courses in the family and 2) knowing the proper use of student textbooks on children’s education courses in the family. Research conducted is development research. The development model used is ADDIE Model (analyze, design, development, implementation, evaluation). The instruments used were questionnaires and interview guidelines. Data were analyzed with qualitative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive analysis. The results of the material validation test showed that the assessment of student textbook products in children’s education courses in the family was 88.9%, while the results of the validation test of media experts showed that the assessment of student textbook …
1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting …, 2020