Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Pengaruh MBKM Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui minat berwirausaha mahasiswa melalui pendidikan kewirausahaan berbasis MBKM kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan subjek penelitiannya adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Hasilnya, terbukti bahwa pendidikan kewirausahaan berbasis MBKM dapat merangsang minat mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa merasa bermanfaat untuk mencapai potensi mereka dalam semangat kerjasama dan gotong royong serta mengembangkan kesadaran peduli terhadap sesama dan lingkungan.
MOTORIC 5 (2), 311-318, 2021
2021 MEDIA AUDIBLE BALL ELEKTRIK UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DALAM BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA TUNANETRA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fasilitas pembelajaran sepak bola dengan fasilitas bola sepak bersuara yang kurang memadai bagi siswa tunanetra dan perlu mendapat perhatian lebih. Siswa tunanetra sebenarnya telah menggunakan media suara pada bola tersebut, namun suara yang dihasilkan oleh bola tersebut masih sangat terbatas, bola baru akan berbunyi atau mengeluarkan suara jika bola sedang bergerak. Jika bola diam atau tidak ada gerakan, bola tidak akan mengeluarkan suara. Untuk itu diperlukan solusi membuat bola khusus tunanetra yang dapat berbunyi dalam posisi diam atau tanpa digerakkan sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa tunanetra untuk bergerak atau bermain dengan bola tersebut. Dengan dukungan teknologi akan memberikan dukungan kepada tujuan guru untuk memotivasi semua siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk audible ball elektrik untuk meningkatkan efektivitas dalam bermain sepak bola siswa tunanetra yang teruji kelayakannya dari aspek kevalidannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan uji validitas dari beberapa ahli diperoleh hasil:(1) ahli media 93%,(2) ahli materi pendidikan khusus 95%,(3) ahli olahraga 79%. Kevalidan media sangat tinggi, artinya media bola audibel elctronic sangat layak digunakan dalam program pembelajaran olahraga siswa tunanetra.
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need 1 (1), 2021
2021 Pengembangan Media Booklet Timbul Berbasis Braille Materi Kenampakan Alam Provinsi Jawa Timur
Pengetahuan geospasial pada anak tunanetra memerlukan kebaruan dan kepraktisan dari penggunaan peta timbul menjadi media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk pengenalan lingkungan. Penelitian ini menghasilkan prototipe Buku Braille Materi Penampilan Alam di Provinsi Jawa Timur Untuk Siswa Tunanetra Kelas IV SDLB. Penelitian ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu pengembangan media menggunakan model ADDIE, dilanjutkan dengan uji validasi ahli dan mengetahui kepraktisan respon guru serta evaluasi hasil belajar pretest dan posttest dengan menggunakan perhitungan Gain Score. Berdasarkan hasil uji validasi ahli pendidikan luar biasa yang terdiri dari ahli yang menunjukkan persentase kelayakan 75%, ahli media yang menunjukkan persentase kelayakan 82%, ahli materi yang menunjukkan persentase 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layak digunakan oleh siswa tunanetra. Berdasarkan respon guru terhadap media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 90%. Berdasarkan perolehan skor tes dengan subjek 6 siswa di kelas IV menunjukkan nilai< g>= 0, 5. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa tunanetra mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media booklet timbul berdasarkan tampilan bahan alam braille di Provinsi Jawa Timur. Media buklet berbasis Braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB dinilai layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB.
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need 1 (2), 2021
2021 The Effect of Using Exchange Audible Ball Towards Football Gameplay for Children with Visual Impairment in Surabaya
Children with visual impairment have extremely complicated developmental issues that affect their vision, social interaction, emotions, and movement. They require unique tools and approaches for improving communication and football abilities, particularly in-game skills. One technique is to test and practice. This study was carried out utilizing the Single Subject Research technique using an ABA design. The data was collected over the course of 16 sessions. The findings of this study demonstrated the effect of employing an audible exchange ball in football playtime for children with vision impairment in Surabaya Surabaya. This was demonstrated with a 0% overlap percentage.
International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021
2021 Pengembangan Panduan Parenting Berbasis Android Untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal Anak Spektrum Autis
The lack of verbal communication ability on children with autism in everyday life and the lack of parents understanding of the verbal communication teaching approach to children with autism becomes obstacles for the development off communication. This study aims to determine the feasibility of android-based parenting guide for parents to teach verbal communication to children with autism. The method used in this study are 4D, involving stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. This study exclusively applies the three of the above stages, ie definition, design, and developmen This study applies the three of the stages mentioned, ie definition, design, and development. This study is conducted purposely until the development stage due to the pandemic of covid-19, therefore this study is yet possible to have its tryout. Data collection technique is done by employing expert validation sheets involving media experts and material experts. The result of the study indicates that the android-based parenting guide developed has met the validity aspect, so that it is feasible to be implemented. The validity aspect shown by the results of media validation is 77%, and the result of material validation is 78.6%. Based on the values of the validity test, it can be interpreted that the Android-based parenting guide to improve verbal communication for autistic spectrum children is valid to be implemented on a limited basis and with further evaluation.AbstrakRendahnya kemampuan berkomunikasi verbal anak autis dalam kehidupan sehari-hari dan kurangnya pemahaman orangtua tentang cara mengajarkan komunikasi verbal tersebut, menjadi kendala …
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need 1 (2), 2021
2020 IMPLEMENTASI PROGRAM INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI TBM RW. 08 GENTENG, CANDIREJO, SURABAYA
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendiskripsikan: implementasi program inovatif yang dikembangkan pengelola dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, faktor pendukung implementasi program inovatif, faktor penghambat implementasi program inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Kriteria keabsahan data dengan kredibilitas, transfermabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Inovatif yang dikembangkan; 1) Meningkatkan nilai tambah lembaga; 2) TBM Melakukan sosialisasi dan memberi kesadaran arti pentingnya kepada masyarakat; 3) TBM Menyelengarakan kegiatan yang bermanfaat. Partisipasi …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (3), 115-124, 2020
2020 Penerapan Pendekatan Andragogi Dalam Mewujudkan Kompetensi Warga Belajar di Kursus Menjahit SKB Cerme Gresik
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pendekatan andragogi dalam pembelejaran di kursus menjahit SKB Cerme Gresik serta menganalisis dan mendeskripsikan capaian kompetensi dari warga belajar selama mengikuti kursus. Kursus dinilai menjadi salah satu sarana penunjang pendidikan kecapakan hidup. Mayoritas warga belajar yang mengikuti kursus adalah orang usia dewasa yang membutuhkan pendekatan khusus dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tutor dan warga belajar di Kursus Menjahitb SKB Cerme Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian akan dilakukan teknik analisis data melalui Reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (3), 26-35, 2020
2020 Peran Komunitas Gerlik Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Di Jagir Wonokromo
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran komunitas gerlik dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan disiplin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan pendekatan kualitatif berupa wawancara mendalam, observasi partisipan serta dokumentasi di jagir wonokromo surabaya. Metode analisis data di dalam penelitian ini menggunakan: reduksi data, display data serta kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan: uji kredibilitas, realibilitas, dan objektifitas. Subjek penelitian adalah ketua pengurus komunitas gerlik yang sekaligus berperan sebagai fasilitator dan pendidik, anggota komunitas gerlik yang ikut berperan sebagai fasilitator dan pendidik, masyarakat sekitar jagir wonokromo yang telah menerima dan mendukung adanya komunitas gerlik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) membentuk dan memberikan pembelajaran mengenai karakter tanggung jawab dan disiplin;(2) memberikan reward kepada peserta didik;(3) menerapkan sikap tanggung jawab dan disiplin yang baik;(4) penggalakan partisipasi, tingginya partisipasi masyarakat sekitar dan orang tua akan mempercepat dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin;(5) fasilitator dalam memfasilitasi kebutuhan warga belajar;(6) pendidik dalam meningkatkan pendidikan. Faktor pendukung meliputi a) pendekatan dan komunikasi yang baik antara komunitas dengan masyarakat Jagir Wonokromo terutama pada anak usia 5-6 tahun, b) adanya respon positif dari masyarakat, c) serta komitmen dan kerja sama yang tinggi dari pengurus komunitas …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (4), 35-46, 2020
2020 Literasi Digital Dalam Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Distance Learning Di Homeschooling
Literasi digital sangat perlu dilaksanakan pada era digital saat ini, termasuk dilakukan dalam dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik. Dalam kajian PLS literasi digital sangat perlu dilakukan ke Lembaga Homeschooling yang menggunakan model pembelajaran distance learning. Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang hampir keseluruhan memanfaatkan media digital seperti internet dalam menunjang berjalannya proses belajar mengajar, agar terjadi peningkatan kompetensi pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan literasi digital dalam peningkatan kompetensi peserta didik distance learning yang ada di Homeschooling. Jenis/pendekatan penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yaitu suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dsb. Peneliti mengumpulkan berbagai literatur ilmiah terkait dengan kajian penelitian ini dari berbagai sumber dan mengkaji serta merangkumnya untuk kemudian ditulis dalam penelitian ini sebagai sebuah karya ilmiah baru. Temuan dari penelitian literasi digital dalam peningkatan kompetensi peserta didik berupa meningkatnya pengetahuan peserta didik setelah mengakses internet dilihat dari peningkatan nilai peserta didik melalui ujian yang diberikan, peningkatan keterampilan dan juga pendidikan dilihat bertambahnya kemampuan dan berkembangnya bakat yang dimiliki peserta didik, hingga perubahan sikap yang …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4 (4), 112-129, 2020
2020 Supported Model for Educational Awareness in the Low-Income Families
This study aims to produce a valid supported model for a non-formal education. Moreover, it can be use by facilitating program or society empowerment activist, and a similar program to change the awareness of educations mindset for low-income families. The research use research and development (R&D) with the purpose to develop supported model through steps:(1) introduction research;(2) planning and product development;(3) validation experts and revision;(4) users’ validation test and revision; and (5) reporting. Subjects of the test are facilitators of Program Keluarga Harapan (PKH) in Malang, Indonesia. The test is taken to know the validity of the product. Product validation tests are carried out by learning model experts and non-formal education expert. An users’ model test was used to provide an assessment to model and guide of supported low-income families to be aware of education, the results of this study produce a supported model for mindset change of education awareness among low-income families use five components, they are:(1) syntactic consisting of approach, problem determination, development of critical reflection, determination and implementation of actions, and evaluation;(2) social system;(3) reaction principle;(4) support system; and (5) impact.
1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE …, 2020