Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Manajemen mutu pendidikan
Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan manajemen mutu pendidikan. Manajemen mutu adalah suatu sistem untuk membantu satuan pendidikan. Manajemen mutu merupakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan semua aktivitas kerja yang harus diselesaikan untuk mempertahankan mutu yang diinginkan. Dengan demikan, lembaga-lembaga pendidikan perlu mengembangkan sistem-sistem mutunya agar dapat membuktikan kepada publik bahwa mereka dapat memberikan layanan yang bermutu baik terkait dimensi layanan produk dan terutama terkait dimensi layanan jasanya. Pembahasan dalam buku ini adalah: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Mutu Pendidikan Bab 2 Hakikat Mutu Pendidikan Bab 3 Sejarah dan Tokoh Pemikir Mutu Bab 4 Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Bab 5 Penjaminan Mutu Internal Bab 6 Penjaminan Mutu Ektsternal Bab 7 Strategi Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Buku ini menyajikan pembahasan seputar manajemen mutu pendidikan. Adapun hal yang penulis bahas meliputi konsep dasar manajemen mutu pendidikan, hakikat mutu pendidikan, sejarah dan tokoh pemikir mutu, manajemen mutu pendidikan, penjaminan mutu internal, penjaminan mutu eksternal, akreditasi untuk penjaminan mutu eksternal, dan strategi pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan.
Yayasan Kita Menulis, 2021
2021 Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan
Kualitas lembaga pendidikan di Indonesia adalah tergantung pada pengelolan dari lembaga pendidikan itu, peran dan fungsi stategis ada pada kepala sekolah itu sendiri, lembaga pendidikan yang bermutu terbentuk karena peran serta dan upaya dari kreativitas kepala dan pengawas sekolahnya. Supervisi Pendidikan merupakan fungsi manajemen yang diperlukan untuk mengevaluasi kinerja organisasi atau unit-unit dalam suatu organisasi guna menetapkan kemajuan sesuai dengan arah yang dikehendaki, supervisi akademik dan supervisi manajerial bagian yang terpenting pembinaan dan pengaahan menuju perbaikan kinerja personal guru dan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka buku ini menampilkan materi perkuliahan dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir mengenai; Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Bab 2 Pilar Pendidikan Bab 3 Pendidik Bab 4 Peserta Didik Bab 5 Belajar Dan Pembelajaran Bab 6 Sumber Dan Media Pembelajaran Bab 7 Kesulitan Belajar Bab 8 Permasalahan Pendidikan Bab 9 Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Bab 10 Pendidikan Sepanjang Hayat Bab 11 Pendidikan di Era Globalisasi
Yayasan Kita Menulis, 2021
2021 Pengembangan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Manajemen Peserta Didik Dalam Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran daring pada mata kuliah Manajemen Peserta Didik di Angkatan 2019 (Kelas A dan B) melalui platform Google Classroom dan pengembangan bahan ajar mahasiswa untuk membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan Manajemen Peserta Didik. Hal ini sangat penting karena dengan menggunakan platform Google Classroom dan didukung dengan bahan ajar dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar dan diskusi meskipun tidak tatap muka secara langsung. Metode yang digunakan adalah ADD (Analysis, Design, Development) bahan ajar mahasiswa dan pemanfaatan platform Google Classroom untuk pembelajaran daring.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (2), 130-138, 2021
2021 Pembiasaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Pengadaan Tempat Cuci Tangan di Komplek Sekolah Labschool Unesa Lidah Wetan dan Ketintang
Awal tahun 2020 hampir semua negara di Dunia termasuk Indonesia mengalami dampak adanya pandemic virus Covid-19 yang telah memakan banyak korban jiwa. Berdasarkan rekomendasi Weatlth and Health Organization (WHO), Westafel atau sarana cuci tangan bisa menjadi salah satu cara menghambat penyebaran virus Covid-19. Kondisi tersebut mengakibatkan kebutuhan pembuatan westafel meningkat. Pada kawasan Labschool Unesa menunjang program untuk memutus ratai Covit 19 dengan cara membuat westafel sebagai sarana tempat cuci tangan disetiap sekolah. Program ini bertujuan supaya peserta didik terhindar dari virus yang membahayakan. Siswa Labschool Ketintang dan siswa Labschool Lidah perlu dilindungi dari virus covid 19. Pengadaan westafel akan memberi dampak prilaku bersih sebelum masuk ruangan kelas. Siswa dapat melakukan cuci tangan di westafel dengan sabun dan air yang mengalir. Hal ini dapat menjadi upaya dalam menerapkan protoker kesehatan.
Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram 3 (2), 130-134, 2021
2021 Urgensi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan
Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan urgensi sarana prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis artikel ini yaitu kajian literatur dan menggunakanteknik analisis isi, dimana peneliti mengkaji penelitian yang relevan berasal dari jurnal nasional, jurnal internasional, serta karya tulis lain yang relevan dengan topik artikel mengenai sarana prasarana serta prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan secara mendalam. Peneliti mengkaji penelitian terdahulu melalui beberapa tahapan, yakni: 1) Memilah penelitian yang relevan dengan topik artikel, 2) Mengumpulkan data atau informasi untuk ditelaah, 3) Menentukan state of the art dari beberapa penelitian yang dianalisis, dan 4) Mengembangkan hasil analisis data atau informasi untuk menghasilkan suatu benang merah atau pembaharuan. Hasil analisa atau kajian menunjukkan bahwa keberadaan sarana dan prasarana merupakan suatu hal yang krusial atau urgent dalam mencapai prestasi belajar terutama pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan yang banyak melaksanakan pembelajaran secara praktik. Perlu adanya pemanfaatan serta pengelolaan sarana pembelajaran agar tercapai tujuannya. Di Era Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki keunggulan dalam mengaplikasikan teknologi, hal tersebut mendorong Sekolah Menengah Kejuruan menyediakan sarana prasarana yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi tercapainya tingkat prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan.
Universitas 5, 73, 2021
2021 Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu
Ejournal. Unesa. Ac. Id 9 (2), 256-264, 2021
2021 Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Ken Blanchard-Paul Hersey
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (3), 727-738, 2021
2021 Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (3), 516-531, 2021
2021 Hubungan antara iklim organisasi dengan kualitas kehidupan kerja pada karyawan di PT. Lumina Packaging Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dengan kualitas kehidupan kerja pada karyawan di PT. Lumina Packaging Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan 116 karyawan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala iklim organisasi dan skala kualitas kehidupan kerja. Analisis data yang digunakan yaitu analisis product moment correlation. Nilai koefisien korelasi yang dihasilkan berdasarkan analisis hasil yang telah dilakukan menunjukan nilai sebesar 0,496 (r= 0,496) dengan taraf signifikansi 0,000 (p< 0, 05) artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kualitas kehidupan kerja pada karyawan di PT. Lumina Packaging Sidoarjo. Kata Kunci: iklim organisasi, kualitas kehidupan kerja, karyawan
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8 (1), 56-69, 2021
2021 Emotional Autonomy of Street Adolescence
Street adolescences grow up in an unsafe environment, making them vulnerable to growing up with risky behaviours. However, if street adolescences have good emotional autonomy, they can control their emotions and behaviours. Good emotional autonomy is important to the adolescence for their next stage of development. The impact of low emotion autonomy can cause a bad emotional attitude, aggression, and inability to adapt to the new environment. This research aims to know the picture of emotional autonomy of street adolescences in Sidoarjo-East Java. This study used a survey method using subjects collected by purposive random sampling techniques with 60 subjects from 145 out of total street children in Sidoarjo. The data was collected using the scale of emotional autonomy, and the descriptive analysis was performed using Statistic Programs. The results showed that the emotional autonomy of street teenagers was in the moderate category. Age and family conditions are some of the factors that are quite influential to the emotional autonomy of street adolescences, but gender does not affect the level of emotional autonomy in street teenagers.
International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021