Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Hubungan antara budaya organisasi dengan employee engagement pada karyawan Laksmi Muslimah | Sumber daya manusia dapat berperan penting dan sekaligus menjadi keunggulan bagi suatu perusahaan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara budaya organisasi dengan employee engagement pada karyawan Laksmi Muslimah. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan skala budaya organisasi dengan employee engagement. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan aktif Laksmi Muslimah sebanyak 62 karyawan, sedangkan untuk teknik sampling yang digunakan merupakan teknik sampling total dimana sebanyak 30 karyawan dikenakan tryout dan 32 sisanya dijadikan sebagai subjek dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi pearson product moment sebagai analisis data dibantu dengan software IBM SPSS 25 for windows. Hasil dari uji hipotesis menghasilkan nilai koefisien (R) sebesar 0.837 dengan nilai p= 0.000 (p> 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sifatnya positif dan signifikan antara budaya organisasi dengan employee engagement pada karyawan Laksmi Muslimah. Pada nilai koefisien (R) juga menunjukkan hubungan yang bersifat positif sehingga diartikan bahwa, semakin tinggi budaya organisasi maka akan semakin tinggi pula employee engagement pada karyawan Laksmi Muslimah. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8 (6), 1-12, 2021 | |
2021 | Hubungan antara iklim organisasi dan sistem penghargaan dengan work engagement pada karyawan PT X | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dan sistem penghargaan dengan work engagement pada karyawan PT X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 65 karyawan dengan rincian 30 karyawan digunakan untuk tryout dan sebanyak 35 karyawan digunakan untuk pengambilan data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala iklim organisasi, sistem penghargaan, dan work engagement berupa skala likert yang dibuat oleh peneliti berdasarkan indikator dari definisi variabel, yang kemudian dilakukan tryout terlebih dahulu sebelum pengambilan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi ganda untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Analisis data dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS versi 24 for windows. Berdasarkan data analisis data didapatkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel iklim organisasi dan sistem penghargaan dengan work engagement pada katyawan PT X. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin positif iklim organisasi dan sistem penghargaan di perusahaan maka semakin tinggi pula tingkat work engagement karyawan. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi Karyawan, 2021 | |
2021 | Hubungan antara workplace well-being dengan kinerja karyawan pada PT. X di Sidoarjo | Sumber daya manusia merupakan aset yang penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuan dan kesuksesan perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan dengan kinerja yang baik maka perusahaan perlu memperhatikan kesejahteaan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara workplace well-being dengan kinerja karyawan pada PT X di Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan departemen produksi unit 2 pada PT X di Sidoarjo, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 141 karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang berasal dari skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 24, 0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara workplace well-being dengan kinerja karyawan pada PT. X di Sidoarjo dibuktikan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,818, yang memiliki hubungan yang searah. |
Jurnal Penelitian Psikologi 8 (4), 1-11, 2021 | |
2021 | Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan x | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada rumah makan x yang berada di Kabupaten Jombang. metode penelitian yang digunakan dalam ini yaitu metode kuantitatif. Populasi yang digunakan merupakan konsumen dari rumah makan x cabang jombang, sedangkan teknik sampling menggunakan sampling total, sehingga didapatkan jumlah sebanyak 202 sampel yang akan dibagi sebanyak 45 untuk mengikuti try out dan 157 sisanya akan dijadikan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kualitas pelayanan dan skala kepuasan konsumen dengan jenis skala yaitu modifikasi skala likert. Hasil dari uji analisis korelasi data pada penelitian ini menggunakan Spearman’s rho dengan menggunakan bantuan SPSS 27.0 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,927 (r hitung> 0,157) dengan nilai sig. 0,000 (Sig< 0, 05). Berdasarkan hasil tersebut bahwa hipotesis terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada rumah makan “x” dapat diterima secara valid. Hubungan antara kedua variabel tersebut terbukti searah dengan hasil yang diperoleh bahwa semakin tingginya kualitas pelayanan yang diberikan pihak rumah makan, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen rumah makan tersebut. |
Jurnal Penelitian Psikologi 8 (8), 2021 | |
2021 | Efektivitas Pembelajaran Selama Pelaksanaan PTMT (Similarity) | Efektivitas Pembelajaran Selama Pelaksanaan PTMT (Similarity) - Sriwijaya University Repository Sriwijaya University Repository Home About Browse Statistic Login Efektivitas Pembelajaran Selama Pelaksanaan PTMT (Similarity) Firdaos, Rijal and Siahaan, Jonni and Anita, Anita and Sucipto, Adi and Saputra, Mochammad Ronaldy Aji and Sartika, Dewi and Kurniawati, Ani and Yayat, Suharyat and Septiawan, Diki and Purika, Dintya Ayu and Karwanto, Karwanto and Iskandar, Abdul Malik and Syarifuddin, Syarifuddin and Dominikus, Wara Sabon and Khamid, Abdul and Nurmalina, Nurmalina and Novian, Julia and Daulay, Sholihatul Hamidah and Labuem, Susana and Adi, Octa Prasetya and Ginanjar, Dede Risma and Siyono, Siyono and Farida, Ida and Lala, Sofia G. Un and Fadhilah, Mutik Nur and Mukholid, Agus and Harvianto, Yudo and Setiawan, Dony Andri and Destriana, Destriana and Andriani, Rini and … |
Turnitin Universitas Sriwijaya, 2021 | |
2021 | Evaluation of Physical Fitness Development Program Using the CIPP Model | Planning a physical developing program must have a procedure that is organized and implemented with a good method to help soldiers achieve a good level of physical fitness. The purpose of this research is to evaluate how the implementation of the physical fitness development program at Naval Academy, Surabaya. This research is an evaluative study using a descriptive qualitative approach. The subject of this study are the department of Physical staff as respondents including the head of the department and 3 representatives at the Indonesian Naval Academy. The evaluation model used is the CIPP (Contex, Input, Process and Product) evaluation model developed by Stufflebeam and Shinkfield. Data were collected through structured interviews, observation and documentation analysis. The findings show that in general the four aspects of context, inputs, processes and products make a positive contribution to … |
rigeo 11 (8), 2021 | |
2021 | Kepemimpinan Pendidikan | Buku Kepemimpinan Pendidikan ini ditulis untuk dapat mengetahui, memahami dan mengimplementasikan pengetahuan tentang kepemimpinan yang sangat dibutuhkan dalam lembaga pendidikan, baik formal, informal maupun nonformal. Materi yang disajikan secara komprehensif tentang kepemimpinan secara filosofis, tujuan dan fungsi, syarat, pendekatan, gaya, dan implikasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang kepemimpinan. Adapun struktur isi buku ini dibangun atas sembilan pokok bahasan, sebagai berikut: Pengertian dan konsep-konsep dasar kepemimpinan. Syarat-syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan. Kepemimpinan dan manajemen. Pendekatan dan model-model kepemimpinan. Tipe dan gaya kepemimpinan. Peranan pemimpin dalam mengelola konflik. Kepemimpinan dalam perilaku organisasi. Pemimpin pendidikan yang efektif. Praktik … |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Principal's Leadership Style to Improve Teacher Performance and Educational Performance. | The selection of the right leadership style by the principal will be able to bring the school towards improving quality and service. This study aims to describe and analyze the principal's leadership style in an effort to improve the performance of teachers and education personnel and to explore the factors that influence the principal's leadership style at SMA Negeri 2 Lumajang, East Java, Indonesia. This study uses a descriptive qualitative approach with a case study research design, the data collection techniques used are non-participant open observation, semi-structured interviews and documentation studies, techniques for data validity using credibility, transferability, dependability and conformability. The results showed that in leading the principal using a group leadership style. The influencing factors consist of a leader who has personality, past experience, high expectations for all school personnel to develop the … |
Review of International Geographical Education Online 11 (9), 2021 | |
2021 | Pengantar teori perkembangan peserta didik | Manusia yang diawali dari janin, bayi, kanak, remaja, dewasa, tua merupakan agen-agen pembawa perubahan zaman. Tentunya agen perubahan peradaban sering dimulai dari masa kanak-kanak. Seorang anak dikatakan memasuki dunia yang bernama PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yaitu sedari mereka lahir hingga berumur enam tahun. PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Hal-hal yang dilakukan pada jenjang ini seperti pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal Bab 1 Konsep Dasar Belajar Bab 2 Teori Perkembangan Kognitif Piaget Bab 3 Teori Perkembangan Moral Bab 4 Perkembangan Afektif Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Emosi Bab 5 Karakteristik Dan Perbedaan Individu Bab 6 Pertumbuhan Dan Perkembangan Individu Bab 7 Pengertian Belajar Dan Teori-Teori Belajar Bab 8 Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Bab 9 Guru Dan Proses Belajar Mengajar |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Pengelolaan Pendidikan | Pengelolaan Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses atau aktivitas Pendidikan di unit organisasi yang dikelola. Ketercapaian tujuan Pendidikan di setiap unit Pendidikan tidak terlepas dari kajian teori dan penerapan pengelolaan Pendidikan. Jika pengelolaan Pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik, sistematis, efektif dan efisien, maka seluruh komponen sumber daya yang ada dalam unit organisasi tersebut dapat digerakkan Bersama untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Tentu, keberhasilan di setiap unit organisasi Pendidikan ini akan berkontribusi pada pencapaian tujuan Pendidikan secara nasional. Buku ini berisi materi yang dapat diterapkan secara langsung di setiap unit organisasinya dan disesuaikan dengan konteks dan tujuan yang hendak dicapai. Adapun isi buku ini terdiri dari: Bab 1 Pengantar Pengelolaan Pendidikan Bab 2 Wawasan Dasar Pengelolaan Pendidikan Bab 3 Pengelolaan Satuan Pendidikan Bab 4 Supervisi Pendidikan Bab 5 Sistem Informasi Pendidikan/Manajemen Bab 6 Pengelolaan Kurikulum Bab 7 Pengelolaan Peserta Didik Bab 8 Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Bab 9 Pengelolaan Sarana Prasarana Bab 10 Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Bab 11 Pengelolaan Kelas |
Yayasan Kita Menulis, 2021 |