Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 MENGGALI MAKNA NAMA-NAMA MAKANAN SEKITAR KAMPUS DI PURWOKERTO/EXPLORING THE MEANING OF FOOD NAMES AROUND CAMPUS IN PURWOKERTO
Nama adalah kata-kata yang menjadi identitas bagi benda, peristiwa, dan makhluk di dunia. Manusia hidup dalam relasi yang rumit dan beragam, untuk memudahkan penyebutan kemudian diberikan penamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis makna, jenis penamaan, dan komponen makna nama-nama makanan di sekitar kampus di Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik. Data dalam penelitian ini adalah nama-nama makanan yang berjumlah 19 data. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembuat dan penjual makanan kaki lima di sekitar kampus di Purwokerto. Tahap penyedian data menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, antara lain (1) pengumpulan data,(2) reduksi data,(3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan. Hasil dan pembahasaan penelitian ini menunjukkan …
Aksara 32 (2), 275-286, 2021
2021 Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5), 1245-1256, 2021
2021 Rebranding dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan “Maden” Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Jombang
Mitra dalam kegiatan ini yaitu produsen air minum dalam kemasan pondok pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra dalam kegiatan ini adalah kualitas produk belum memiliki keunggulan khusus yang dapat disejajarkan dengan brand air kemasan yang berskala Nasional. Selain itu, produk belum memiliki standart SNI, Surat Ijin Edar dari BPOM serta pemasaran yang dilakukan bersifat tradisional. Pola marketing mengandalkan rekomendasi klien (dari mulut ke mulut). Jenis air mineral yang ditawarkan tidak variatif belum memenuhi kebutuhan pasar. Promosi yang digencarkan belum mempertimbangkan mix marketing serta produk belum dibranding secara maksimal. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk dan penerapan mix marketing. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalah mitra menggunakan model pemberdayaan Asset-based community development (ABCD). Kegiatan PKM dengan pola ABCD ini dilakukan melalui tahapan yaitu persiapan/pemetaan Asset, perencanaan Aksi, pelaksanaan Aksi, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah rebranding produk, meliputi: desain kemasan, logo/motto, harga, kelengkapan fitur dan atribut produk; strategi pemasaran; dan peningkatan kualitas produk.
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1), 1-13, 2021
2021 PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA HUMAS PONDOK PESANTREN AL-FALAH PLOSO MOJO KEDIRI
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter bangsa. Perlu adanya media sosial yang mampu menyebarkan informasi agar masyarakat mampu memahami kegiatan-kegiatan pesantren serta mampu mendakwahkan agama islam pada kalangan masyarakat. Agar pengelolaan media sosial dapat berjalan dengan baik, pengurus pesantren harus memiliki kemampuan yang baik dalam pengelolaan media sosial. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup tahap persiapan, survei kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan diikuti oleh pengelola media sosial pesantren. Terdapat 2 materi pelatihan yang diberikan, yaitu Media Sosial sebagai Optimalisasi Media Dakwah Pesantren dan Pengelolaan Media Sosial sebagai Sarana Dakwah. Melalui kegiatan pelatihan ini, peserta memiliki tambahan pengetahuan dan kompetensi berkaitan dengan pengelolaan media sosial sebagai media dakwah. Peserta dapat mengoperasikan media sosial secara optimal dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di setiap media sosial.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 89-93, 2021
2021 Critical Thinking Skills Reviewed from Logical-Mathematical and Musical Intelligence on Process Oriented Guided Inquiry Learning
This research aims to describe critical thinking skill reviewed from logical-mathematical and musical intelligence. This mix method research used sequential explanatory design. The subjects consisted of 35 X AKL3 students of Islamiyah VHS, Sapugarut, Pekalongan municipality, in academic year 2019/2020. They were selected based on categories, such as high logical-mathematical intelligence and low musical intelligence, low logical-mathematical intelligence and high musical intelligence, and high logical-mathematical and musical intelligences. The findings showed that the students’ mathematics critical students with high logical-mathematical and low musical intelligence met all indicators of interpreting problem, applying solution, evaluating solution, and concluding the results by using facts. The students’ mathematics critical thinking skill with low mathematical intelligence and high musical intelligence met all indicators of interpreting problems, applying solution, and evaluating the solution. The mathematics critical thinking skill of students with high logical-mathematical and musical intelligence could met all indicators of interpreting problems, applying solution, evaluating solution, and concluding the results by using facts.
Unnes Journal of Mathematics Education Research 10 (A), 175-183, 2021
2021 Regional Based KKN Management: Toward Freedom of Learning During the Covid-19 Pandemic
This research aims to reveal the management of KKN conducted by the KKN Center of State University of Surabaya during the covid-19 pandemic. This research was conducted using qualitative approach with the type of research used is a case study. Data retrieval is conducted through interviews, observations, and document studies. This research shows that KKN activities conducted are regional-based KKN activities with 1) student kkn and DPL regional placement planning tailored to the student's residential area when KKN is conducted, as well as KKN activities directed to help the community in preventing the spread of Covid-19 and solving problems that occurred during the Covid-19 Pandemic; 2) KKN activities are carried out with attention to health protocols, by implementing 5 forms of programs; and 3) evaluation of KKN activities is conducted through monitoring and evaluation with kkn center to determine the follow-up of KKN in the future. The entire management process of regional-based KKN is carried out by implementing health protocols.
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1), 95-105, 2021
2021 Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tersertifikasi Terhadap Minat Belajar Anak Selama Pandemi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru PAUD tersertifikasi terhadap minat belajar anak selama pandemi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain survei. Survei dilakukan secara online dengan menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada guru PAUD tersertifikasi dan lembar observasi yang ditujukan kepada orangtua dari anak usia dini di Kecamatan Kedamean yang masing-masing berjumlah 58 sampel. Sebelum data dianalisis maka dilakukan uji prasyarat dahulu yang meliputi: 1) Uji Validitas; 2) Uji Reliabilitas; 3) Uji Normalitas; dan 4) Uji Linieritas. Untuk analisis data sendiri yaitu dengan Uji Hipotesis menggunakan korelasi pearson. Korelasi pearson dilakukan dengan cara membandingkan antara nilai pearson correlation dengan nilai r tabel serta membandingkan nilai signifikansi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru PAUD tersertifikasi mempunyai hubungan terhadap minat belajar anak selama pandemi senilai 0,384 yang berarti terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut akan tetapi hubungannya tergolong lemah, dan arah dari hubungan tersebut bernilai positif.
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 8 (1), 56-70, 2021
2021 PENGEMBANGAN MEDIA DEMONTRASI PANEL SURYA SEBAGAI LAMPU EMERGENCY PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS 3
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik materi macam-macam gaya yang terdiri dari tujuh indikator. Menurut hasil surve PISA dan TIMSS tahun menyatakan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia termasuk dalam kategori rendah. Penelitian awal ini merupakan penelitian pengembangan Media Demontrasi Panel Suryaberbasis literasi sains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains khususnya kelas III. Pengembangan Media Demontrasi Panel Suryadibuat berdasarkan tujuh indikator literasi sains. Media Demontrasi Panel Suryaini di uji dengan satu validator, yaitu validasi isi. Hasil dari uji validatas tersebut menyatakan 80% validasi ahli isi. Berdasarkan hasil validasi tersebut validasi ahli isi menunjukkan Media Demontrasi Panel Surya termasuk dalam katergori layak. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Demontrasi Panel Suryaini dapat menjadi salah satu alat pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik khususnya pada sekolah dasar.
Prosiding SNasPPM 5 (2), 575-578, 2021
2021 KONTRIBUSI PEKERJAAN SAMPINGAN PETANI TERHADAP EKONOMI RUMAH TANGGA DI DESA PAKONG KECEMATAN PAKONG, PAMEKASAN
Petani di Desa Pakong mayoritas tidak hanya mengandalkan hasil usahatani dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari akan tetapi juga melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan total keluarga. Makadari itu perlu dikaji besaran kontribusi pendapatan petani terhadap pendapatan rumah tangga. Total pendapatan rumah tangga petani di Desa Pakong sebesar Rp. 2.205. 497,-/bulan dan pendapatan Rata-rata pekerja sampingan sebesar Rp. 641,667,-/bulan. Sehingga Rata-rata kontribusi pekerja sampingan terhadap pendapatan petani di Desa Pakong sebesar 29, 09%. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi pendapatan usahatani padi lebih besar dibandingkan kontribusi pendapatan dari pekerjaan sampingan. Meskipun kontribusinya masuk kategori kecil disarankan agar petani tetap melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan ekonomi rumah tangga. Kata kunci: Kontribusi, Pekerjaan Sampingan, Pendapatan.
JURNAL PERTANIAN CEMARA 18 (2), 90-93, 2021
2021 Pengaruh Dosis Vermikompos dan Konsentrasi Mikroba Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pagoda (Brassica narinosa) Secara Organik
Produksi sawi di Indonesia terus meningkat dari tahun ketahun, seiring dengan meningkatnya konsumsi sayuran dimasyarakat oleh karena itu dibutuhkan upaya budidaya alternatif secara hidroganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara dosis vermikompos dan konsentrasi mikroba terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pagoda (Brassica narinosa). Penelitian ini merupakan percobaan pot menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dimana sebagai faktor I : dosis vermikompos (0, 100, 200, 300 g/pot) dan faktor II konsentrasi mikroba (0, 25, 50 ml/liter). Hasil penelitian ini tidak terdapat interaksi yang nyata antara kedua faktor terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Aplikasi vermikompos 200 g/pot memberikan jumlah daun dan luas daun terbaik masing-masing sebesar 27.17 helai dan 273.75 cm2. Hasil panen yang dikonsumsi sebesar 45.85 g/tanaman atau setara 0.67 t/ha. Konsentrasi mikroba 50 m/liter memberikan hasil yang tinggi namun tidak berbeda nyata dengan tanpa aplikasi mikroba. Kata Kunci : Sawi Pagoda, Vermikompos, Mikroba
Universitas Islam Malang, 2021