Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Banjar Dimasa Pandemi | Jurnal BK Unesa 12 (1), 559-571, 2021 | ||
2021 | Guidance and Counseling Services to Improve Student Resilience | The purpose of this study is to describe the resilience of junior high school students and the types of services that can be applied to improve the resilience of junior high school students. This research is a quantitative descriptive study with data collection techniques are resilience scales, and interviews. There are two sources of this research. There are 44 junior high school students, namely primary sources, and six school counselors as secondary primary sources. The results of the resilience scale show that 48.18% of students have high resilience and 58.82% have moderate/medium resilience. The services that can improve resilience are classical guidance, group guidance, individual counseling, and group counseling. This research can be used as initial data to provide intervention in providing guidance and counseling services to students who have low resilience. |
International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021 | |
2021 | PRODUK KESEHATAN DAN VITAMIN DALAM RANGKA PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA BINAAN KKN DI KABUPATEN NGANJUK | Pandemi Covid-19 merupakan bentuk bahaya (hazard) yang memiliki potensi mengancam segala aspek kehidupan masyarakat, seperti sosial, ekonomi, kesehatan, dan psikologis. Oleh karena itu perlu dilakukan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dalam menjaga sosial ekonomi masyarakat agar tetap sehat, terjamin dan minimal terbantu untuk bisa bertahan hidup dalam menghadapi pandemic covid-19 yang melanda sampai ke pelosok desa. Kebutuhan dasar yang diperlukan oleh masyarakat tersebut dikemas dalam bentuk sembako yang akan di distribusikan terhadap masyarakat yang terdampak di desa binaan KKN kabupaten Nganjuk. Oleh karena itu dalam program ini dilakukan melalui pendekatan sosial ekonomi masyarakat. Melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam membantu permasalahan ekonomi yang dialami oleh warga sekaligus juga dapat membantu warga memenuhi kebutuhan akan makanan bergizi dan vitamin di masa pandemi covid-19. |
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 2021 | |
2021 | Buku Ajar Peran Komunitas Kelompok belajar Giri Mulya Untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Desa Munggugebang | (2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500. 000.000, 00 (lima ratus juta rupiah).(3) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1. 000.000. 000, 00 (satu miliar rupiah). |
Bayfa Cendekia Indonesia, 2021 | |
2021 | Pengaruh Program Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kemandirian Remaja Pada Era New Normal Di Desa Plumbungan Kecamata Sukodono Kabupaten Sidoarjo | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang membuat produktifitas remaja turun, melalui program pelatihan kewirausahan yang diadakan oleh pengurus Kampung Keluarga Berencana desa Plumbungan diharapkan para remaja dapat menjadi mandiri dan tetap produktif untuk meningkatkan kemampuan di bidang kewirausahaan. Program pelatihan kewirausahaan ini sebelumnya hanya berbentuk pembuatan masker kain dan nugget lele, namun semakin berjalannya waktu palatihan yang diberikan menjadi beragam jenisnya seperti: pembuatan handsanitizer dan sablon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kewirausahaan terhadap peningkatan kemandirian remaja pada era new normal. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Reponden dalam penelitian ini sebanyak 30 remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana yang digunakan untuk menganalisis data angket penelitian. Dari hasil analisis penelitian menunjukkan program pelatihan kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemandirian remaja yang ditunjukkan dengan rhitung> rtabel (0,848> 0,361) dengan nilai sig= 0,000< 0, 05. Bila program pelatihan kewirausahaan berjalan dengan baik maka tingkat kemandirian remaja akan semakin tinggi dan sebaliknya, bila program pelatihan kewirausahaan berjalan buruk maka peningkatan kemandirian remaja akan menurun |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 54-63, 2021 | |
2021 | Penerapan model pembelajaran story telling dalam meningkatkan English speaking skill at Mr. Bob English course | Setiap orang membutuhkan kemampuan komunikasi untuk berinteraksi, bernegoisasi dan mengekspresikan idenya dalam melakukan segala hal. Oleh karena itu kita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan mengandalkan kemampuan komunikatif seperti berbicara, khususnya berbicara dalam berbahasa inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh belahan dunia. Bahasa inggris juga merupakan salah satu pelajaran yang wajib untuk dipelajari. Dapat berbicara atau berkomunikasi dalam Bahasa Inggris juga menjadi poin tambahan dalam mencari pekerjaan. Maka dari itu dapat berbicara bahasa inggris memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan serta dalam mencapai suatu tujuan. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara pendidik dapat menggunakan model pembelajaran story telling atau mendongeng. Mendongeng dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Penerapan story telling untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris juga dapat diterapkan di lembaga kursus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Story telling di tempat kursus dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan studi literatur dalam mengumpulkan data dari sumber berbagai jurnal dan buku terkait dengan menggunakan teknik Literatur Review seperti menelaah, merangkum kembali jurnal terkait. Hasil penelitian yang dikerjakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran Story telling. |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 48-53, 2021 | |
2021 | Development Of Learning Tools For Modification Of Music And Dance In Improving The Growth Of Rude Motors For Kindergarten Students Of Gresik Regency | The purpose of this research is to develop and produce products that varied Irish Music and Dance Learning in the context of Rising Pyisical Motor Development with gross motor skills in Gresik Regency Kindergarden. The approach used in Research and Development cause the target of this research is to develop a product such as: a learning tool game varying of music and dance thas is universal and actual in rules with the procedures and the real needs on the school. The teen step of research approaches are varied into five steps, namely the inception study or needs action, daily activity development program (RKPH), equipment prototype, test, validity, and reporting. This study carried out a inception study/need action and planning prototype learning development tools ready and bailable to practice another time. The research subject is a kinderganden teacher Gresik Regency Kindergarden. The research data in form of information about the number of song that are crediable and know children with a good and simple dance that can be used for the physical development of the child's motoric activity were composed through the literature on begining equipment in the form of (a) RKPH and (b) a simple media such varies song lyric children ready to be tested in future studies. |
INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATION, SOCIAL SCIENCES AND LINGUISTICS 1 (1 …, 2021 | |
2021 | Development of Digital Storytelling To Improve Reading Ability 4-5 Years Old | In the 2013 Curriculum, schools, in this case teachers are required to create a creative and innovative teaching and learning atmosphere, namely through the use of information technology so that it is expected to be able to increase the competence of students. One of the methods of learning to read at Lasiyam Kindergarten Surabaya is storytelling. The integration of the storytelling method with information technology means that story books are converted into digital story books. Digital storytelling learning media is another color of classroom learning. The development of digital media storytelling is intended as a supplement to reading skills for students at TK Lasiyam Surabaya. This media utilizes multimedia technology in telling stories, where the components of the story are presented in audio and visual animation. Researchers used Adobe Flash software to create digital media storytelling and used a research method, namely a qualitative approach through Classroom Action Research. The results obtained from observations show that digital storytelling media can make children more enthusiastic about learning to read and children more enthusiastic about participating in the learning process. The conclusion of this study states that the indication of an increase in reading skills of the Lasiyam Kindergarten students in Surabaya, from 57%, at stage I, increases to 60%, at stage II, and at stage III to 73%. |
INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATION, SOCIAL SCIENCES AND LINGUISTICS 1 (2 …, 2021 | |
2021 | Pengembangan media interaktif berbasis articulate storyline 3 pada pembelajaran bahasa jawa materi unggah-ungguh basa kelas iv mi darunnajah abstrak | Penelitian ini berlatar belakang dari pembelajaran unggah-ungguh Basa Jawa yang hanya menggunakan media video dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi unggah-ungguh Basa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media, mengukur validitas, kepraktisan, efektivitas media interaktif berbasis Articulate Storyline 3 untuk pembelajaran Bahasa Jawa materi unggah-ungguh Basa kelas IV MI Darunnajah. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model 4D yang memiliki empat tahap yaitu define, design, develop, disseminate (pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran). Validitas media interaktif berbasis Articulate Storyline 3 diketahui dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media menunjukkan angka persentase sebesar 93, 3% dan dikategorikan sangat valid, sementara hasil validasi ahli materi menunjukkan angka persentase sebesar 73, 3% dan dikategorikan valid.>> Hasil kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan siswa sebagai pengguna media. Hasil kepraktisan dari angket respon guru sebesar 100% yang dikategorikan sangat praktis dan siswa sebesar 91, 07% yang dikategorikan sangat praktis. Efektivitas media diketahui dari respon siswa terhadap media pembelajaran dengan angka persentase sebesar 91, 42% sehingga dikategorikan respon sangat positif dan media dinyatakan efektif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Articulate Storyline 3 telah valid, praktis, serta efektif untuk digunakan pada pembelajaran Bahasa Jawa materi unggah-ungguh Basa di … |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9 (7), 2802-2815, 2021 | |
2021 | Penggunaan Metode Show and Tell pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Depan Umum Siswa Kelas V Sekolah Dasar | Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9 (8), 2983-2992, 2021 |