Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Development of Water Tube Media on the Theme of the Universe to Improve Fine Motor and Language Development in Early Children
Early childhood education is an education that provides the basis for a child's education later in life. Early childhood education is an effective time to develop various aspects of child development that include the development of physical-motor skills, cognitive, language, social-emotional, art, morals, and religious values (Suryana, 2018). In early childhood, efforts to develop all children's potential must begin to be implemented so that the growth and development of children is achieved optimally (Huliyah, 2017). Early childhood is children in the age range of 0-8 years, covered by educational programs in child care parks, family child care home, early childhood education both private and public (Anhusadar, 2013). The group of early childhood becomes 3 groups, namely children at the age of infants up to 2 years, children aged 3-5 years, and children aged 6-8 years (Susanto, 2017). The division of children based on …
Eduvest-Journal of Universal Studies 1 (9), 970-975, 2021
2021 PENGARUH PERAN ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KECAMATAN LAMONGAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua sebagai motivator terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 2.213 di Kecamatan Lamongan. Teknik Simple random sampling dalam penelitian ini diambil secara acak. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Semua butir item pertanyaan dinyatakan valid dengan nilai r hitung> r tabel (0, 1946). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh peran orang tua yang dibuktikan dari hasil koefisien determinasi (R Square) yang memberikan pengaruh sebesar 92% terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak, dan sisanya 8% besaran kontribusi dari faktor-faktor yang lain. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya hasil analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26. Nilai t hitung yang dihasilkan sebesar 33.669 dengan taraf signifikansi 0, 05 yaitu 0,000< 0, 05, sehingga peran orang tua sebagai motivator (X) memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan (Y) anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Lamongan.
Early Childhood Education and Development Journal 3 (1), 13-26, 2021
2021 Pengaruh Orang Tua Bekerja Terhadap Perilaku (Positive) Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi
Selain memberikan pengasuhan pada anak, orang tua memiliki kewajiban untuk memenuhi nafkah finansial anak. Dengan bekerja orang tua mampu mencukupi kebutuhan yang dibutuhkan anak. Masa pandemi di Indonesia saat ini mengakibatkan beberapa orang tua bekerja dari rumah. Karena itu pengasuhan orang tua terhadap anak dapat diberikan dengan lebih intensif. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidak pengaruh dari orang tua bekerja terhadap perilaku anak usia 5-6 tahun. Dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian survei, populasi sebanyak 1.076 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Teknik Pengambilan sampel menggunakan probability sampling (random sampling) dengan pengujian menggunakan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini fokus terhadap perilaku sosial anak yang meliputi kerjasama, peduli, dan perilaku akrab. Hasilnya menunjukan ada pengaruh orang tua bekerja terhadap perilaku anak usia 5-6 tahun saat masa pandemi di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 31% dan nilai signifikansi dari uji analisis regresi linier sederhana yaitu 0,000< 0, 05 yang menunjukan jika Ho ditolak dan Ha diterima. Maka bisa dikatakan terdapat pengaruh orang tua bekerja terhadap perilaku anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.
Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (05), 764-777, 2021
2021 Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia 5-6 Tahun
Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan ialah guna mengetahui pengaruh metode Total Physical Response (TPR) terhadap kemampuan kosakata Bahasa Indonesia pada anak usia 5-6 tahun. Dimana Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis Quasi Experimental Design dengan desain penelitiannya Nonequivalent Control Group Design dengan dua kelompok yang digunakan yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian validitas pretest dan posttest kedua kelompok menunjukkan semua nilai r hitung> r tabel, sehingga semua item pertanyaannya valid. Begitu pula pengujian reliabilitas memperlihatkan nilai Cronbach’s Alpha> r tabel oleh karenanya seluruh indikator dinyatakan reliabel. Dari pengujian normalitas nilai signifikansi data semua variabel< 0, 05 sehingga pendistribusian data tidak normal, lalu dipakailah uji statistik Mann-Whitney guna pengujian hipotesisnya. Melalui pengujian Mann Whitney didapat nilai Asymp. Sig (2-tailed) berskor 0,000< nilai probabilitasnya 0, 05 sehingga diputuskan menolak H0. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode Total Physical Response (TPR) terhadap kemampuan kosakata Bahasa Indonesia pada anak usia 5-6 tahun secara signifikan. Keberhasilan tersebut dikarenakan penerapan metode ini pada kosakata yang dikenalkan ke anak menghasilkan kemampuan anak yang dapat mempraktekkan gerakan sesuai perintah guru, mampu memberikan respon instruksi sederhana sesuai perintah guru, dapat menyebutkan kosakata yang dilihat dari gambar, mampu menunjukkan.
Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (05), 818-836, 2021
2021 Pengaruh Dongeng Digital Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jawa Krama Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Ngimbang Lamongan
Latar Belakang: Anak usia dini adalah anak yang belum dewasa yang usianya nol sampai sampai enam tahun yang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pada tahap anak usia dini ini perkembangan otak anak sangatlah pentingTujuan: Untuk mengetahui pengaruh dongeng digital terhadap kemampuan kosakata bahasa Jawa Krama anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Lamongan.Metode: Menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre Eksperimental Design dan desain penelitiannya One Group Pretestt-Posttest. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu anak yang berusia 5-6 tahun di kelompok B di TK Dharma Wanita Ngimbang Lamongan yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan menggunakan uji jenjang yang bertanda Wilcoxon Match pair Test dengan tabel penolong. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu pretestt, treatmentt dan posttest.Hasil: Hasil analisis dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon Match pair Test menunjukkan bahwa nilai T hitung berjumlah 0 sedangkan Ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan nilai N= 20 jadi diperoleh 52. Maka T hitung< T tabel sebesar 0< 52, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Kesimpulan: Bahwa dongeng digital dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kosakata bahasa Jawa Krama anak di TK Dharma Wanita Ngimbang Lamongan.
Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (07), 1283-1294, 2021
2021 Pengaruh Smart Parenting Demokratis Terhadap Kemandirian Inisiatif Anak Usia 5-6 Tahun Di Pakel Tulungagung
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari smart parenting demokratis terhadap kemandirian inisiatif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak 5-6 tahun di Keca-matan Pakel Tulungagung yang berjumlah 414. Teknik sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Sampel yang dipilih yaitu 10 Desa dari 19 Desa yang ada di Pakel. Dengan total 104 responden orang tua. Metode pengumpulan data menggunakan koesioner yang dibagikan melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dari smart parenting demokratis terhadap kemandirian inisiatif anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,512, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (smart parenting demokratis) terhadap variabel terikat (kemandirian inisiatif anak) sebesar 51, 2%. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Dari hasil perhitungan thitung sebesar 10,338 dibandingkan dengan ttabel yaitu 1, 65993 taraf signifikan 5%, sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bebas (X) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil analisis terbukti smart parenting demo-kratis memiliki pengaruh terhadap kemandirian inisiatif anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Pakel Tulungagung.
Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 12 (1), 83-92, 2021
2021 Adolescent Psychological Pressure Trends in the Pandemic Covid 19
During the Covid 19 pandemic, there were some drastic changes. Social and educational change. This study aims to identify the psychological condition of adolescents. The instrument used was the DASS (Depression Anxiety and Stress Scale). The population in this study were adolescents aged 12 to 21 years from secondary school to undergraduate levels. The sampling technique used in this study was stratified sampling. Data is analyzed using descriptive statistics The results of data analysis showed that of all respondents, the worst psychological condition was sensitivity. As many as 63.2 percent of respondents experienced disorders ranging from mild, moderate, severe to very severe. Meanwhile, the psychological conditions of stress and depression were in the category that was not worrying, namely 35.1 percent of respondents who experienced depression and stress which ranged from mild, moderate, severe and very severe categories. Meanwhile, 74.1 percent was categorized as normal.
Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa 4 (4), 779-786, 2021
2021 Potret Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas
Evaluasi dalam pelayanan bimbingan dan konseling merupakan hal yang idealnya dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Prosedur evaluasi yang tepat akan memberikan banyak keuntungan bagi guru Bimbingan dan konseling. Evaluasi memberikan umpan balik kepada guru bimbingan dan konseling untuk mengembangkan dan memperbaiki program. Evaluasi juga memberikan informasi kepada pimpinan tentang perkembangan peserta didik dan upaya perbaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana proses evaluasi yang ada di SMA. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui prosedur nonprobability sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberagaman dalam proses evaluasi yang dilakukan sekolah menengah atas dibeberapa daerah. Terdapat 6 (enam) tipe evaluasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas. Hasil penelitian juga menggambarkan teknik evaluasi dan tujuan sekolah melakukan evaluasi. Harapan kami hasil penelitian ini dapat memberikan informasi untuk meningkatakan kualitas evaluasi pada pelayanan Bimbingan dan Konseling di Indonesia.
Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 11 (1), 43-55, 2021
2021 Eye Movement Desensitization and Reprocessing Counseling in Resolving Post Traumatic Stress Disorders
Traumatic events are not impossible things in every human life. However, everyone has different coping in dealing with these situations. For some people who experience traumatic events and are unable to cope with the anxiety that arises, they will experience Post Traumatic Stress Desorder (PTSD). The effects of PTSD range from anxiety, insomnia, being unable to forget events, nightmares, and even suicide. This study aims to review counseling that can overcome PTSD problems, namely Eye Movement Desentization and Reprocessing (EMDR). This study uses a recent literature review of several articles on EMDR. Based on the review of the articles conducted, there are several important points, namely (1) the concept of EMDR in the application to overcome PTSD and (2) what are the implications of EMDR for overcoming PTSD. EMDR is one technique that is considered effective in overcoming PTSD problems. Concepts and procedures are discussed.
Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa 4 (2), 215-228, 2021
2021 Kecemasan Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 2 Kota Mojokerto
Jurnal Bk Unesa 12 (03), 2021