Publikasi S2 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2014 Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A DI Tk Nurul Ulum Bambe Driyorejo Gresik
Perkembangan sosial emosional adalah proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap normanorma kelompok, moral dan tradisi meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Perkembangan sosial emosional anak merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan emosional anak. Untuk mencapai kematangan sosial anak harus belajar tentang caramenyesuaikan diri dengan orang lain. Kemampuan ini diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman dengan orang-orang di lingkungannya baik orang tua, saudara, teman sebaya, atau orang dewasa lainnya, sehingga setiap anak mencapai tingkat pencapaian perkembangan secara optimal. Namun kenyataan saat ini murid di TK Nurul Ulum Bambe Gresik ini hidup dalam lingkungan keluarga dimana orang tua sibuk bekerja. Sehingga orang tua kurang bisa memperhatikan perkembangan sosial emosional anak. Sosialisasi dari orangn tua adalah faktor yang mendukung perkembangan sosial emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan sosial emosional anak kelompok A di TK Nurul Ulum Bambe Gresik, mendeskripsikan faktor-faktor sosial emosional anak, dan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan guru di TK Nurul Ulum dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjekini adalah guru dan orang tua TK Nurul Ulum Bambe. Karena mereka yang mengetahui informasi berkaitan dengan kemampuan sosial emosional …
PAUD Teratai 3 (3), 2014
2014 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART SPONGE NUMBER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number yang diharapkan dapat menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipchart Sponge Number berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi yang berjumlah 30 anak. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows 16 yang menyatakan jika, rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung> rhitung) maka terdapat hubungan yang signifikan antara 2 variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows 16, diperoleh hasil korelasi sebesar 0,741 dan dikonsultasikan dengan rtabel Product Moment. Berdasarkan rtabel dengan jumlah sampel 30 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,361. Nilai rhitung> rtabel yaitu 0,741> 0,361 maka koefisien korelasi yang diperoleh signifikan. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan.
UNS: Skripsi, 2014
2013 Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi di Minu 24 Darussalam Kumalasa Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik
Penelitian ini berangkat dari pertanyaan “Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi Pendidik Profesional”. Ada lima fokus penelitian yaitu:(1) pandangan guru terhadap program sertifikasi guru dalam jabatan,(2) Kompetensi pedagogik guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan,(3) Kompetensi profesional guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan,(4) Kompetensi kepribadian guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan, dan (5) Kompetensi sosial guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan. Dari analisis data dapat disimpulkan:(1) kemampuan pendagogik guru ditunjukkan dengan penguasaan silabus, pemahaman terhadap peserta didik, penggunaan media pembelajaran, evaluasi dan bimbingan terhadap peserta didik,(2) setelah mendapatkan sertifikat profesional guru-guru di minu 24 darussalam lebih bersemangat dalam menjalakankan profesi.(3) kompetensi …
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 2013
2013 Implementasi Metode Internet Sehat pada Jaringan Komputer Wireless di Masjid Al Amin Berbah
The development of computer network technology growing rapidly in line with the needs of the community information service that uses computer networks. The need for the use of the Internet in society based so that all parts of society in Indonesia has knowledge of information technology. The mosque is used as a medium for the spread of the Internet due to the expected future output of the deployment of information technology knowledge will be of good content and useful to society. By using this method as a way to surf the internet sound is good and right that will be implemented into the wireless computer networks in the mosque. Healthy internet methods are implemented on the wireless computer networks using a proxy server that will be implemented some security configuration that is OpenDNS, Squid, IPTables and Dansguardian. From the security configuration is tested one at a time by accessing the …
Jurnal Jarkom 1 (1), 2013
2013 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Media Origami Pada Kelompok A Di Tk Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo
Penelitian ini berasal dari masalah kemampuan motorik halus pada kelompok A di TK Dharma wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dapat terlihat pada proses kegiatan origami banyak anak yang tidak dapat melakukan kegiatan melipat secara sendiri. Selain itu, pada kegiatan origami banyak guru yang tidak mempertimbangkan tahapan origami anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui media origami. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan metode statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data aktifitas origami anak pada siklus I sebesar 45% dengan jumlah 9 anak yang mampu dengan mandiri. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75%, oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus ke 2. pada siklus 2 diperoleh hasil 90% dengan jumlah 18 anak yang mampu dengan mandiri. Berdasarkan analisis pada siklus ke 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan media origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo.
eJournal Unesa 3 (1), 2013
2013 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri ADB INVEST Se-Kota Surabaya
Inspirasi Manajemen Pendidikan 1 (1), 2013
2013 Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Rasa Percaya Diri Anak di TK Dharma Wanita Persatuan Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap rasapercaya diri anak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Sampeldalam penenlitian ini sebanyak 33 anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kalipadang Kecamatan Benjeng KabupatenGresik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan metode observasi, metode kuesioner, dan metodedokumentasi. Teknik uji persyaratan analisis dan uji Korelasi Product Moment. Uji korelasi menunjukkan bahwa r hitung> rtabel yakni 0,985> 0,344 yang artinya menunjukkan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode berceritaterhadap rasa percaya diri anak pada anak kelas A di TK Dharma Wanita Persatuan Kalipadang Kecamatan BenjengKabupaten Gresik. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah penggunaan metode bercerita dapat divariasikan denganberbagai media dalam kegiatan belajar mengajar, dalam pemilihan cerita disesuaikan dengan tema pada rencanakegiatan harian serta karakteristik anak, anak yang belum mampu menunjukkan sikap toleransi ketika ada teman yangbercerita di depan kelas juga lebih diperhatikan dengan memberikan teknik bercerita selain yang peneliti gunakan dalampenelitian ini.
Jurnal Unesa 2, 2013
2013 Evaluasi Manajemen Tim Pertandingan Dash Karate Club Taman-Sidoarjo
On a competition event both on a regional or national event certainly it’s followed by teams that will follow that game either on few number of personnel or many. In order to carried out well, on time, smooth and secure, so it will need a good planning and it means that the existence of management or regulation on those compete team. Frequently on team management, when they have to arrange a competition, especially with number of arena that more than two, there will be a mess that cannot be avoided. It caused by the inappropriate in team management arrangement so it cause athlete and manager also the official experience many trouble during on the arena.
Jurnal Prestasi Olahraga, 2013
2012 PENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII B MTs NEGERI GRESIK
Dalam kegiatan belajar mengajar, penggunaan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mempermudah siswa dalam mempelajari geometri adalah dengan model pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, tingkat berpikir siswa dan motivasi siswa pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah diskriptif, karena peneliti berusaha mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran geometri, tingkat berpikir siswa dan motivasi siswa pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VII B karena sesuai dengan materi pada pelaksanaan penelitian dan saran dari guru yang tepat untuk melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS, maka pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik adalah baik, untuk tingkat berpikir siswa kelas VII B MTs Negeri Gresik setelah penerapan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat secara berturut-turut adalah 36,84%, 39,47, dan 0% responden pada …
Universitas Muhammadiyah Gresik, 2012
2012 Analisis Efisiensi Alokatif Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Usahatani Wortel (Daucus carota L)(Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu)
Mohammad Shoimus Sholeh. 0810440241. ANALYSIS ALLOCATIVE EFFICIENCY OF PRODUCTION FACTORS USAGE IN CARROT FARMING (Daucus carota L) AT BUMIAJI SUB DISTRICT, BATU CITY. Supervised by Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR, MS and Rosihan Asmara, SE. MPCarrots are vegetables that have high economic value. Carrot much interested by the farmers because of its easy maintenance and cost needed to start farming affordable from the bottom to the top. Batu is one of the areas in East Java and has the potential of agricultural crops, especially carrots. In 2007, Batu was ranked the third largest carrot production after Pasuruan and Malang with production of 6900 tons.
Skripsi, Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya …, 2012