Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Hubungan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Siswa Di Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi siswa di masa pandemi Covid-19. Prokrastinasi yakni suatu bentuk penundaan yang dijalankan oleh individu yang berkaitan dengan tugas akademik atau tugas formal. Penugasan akademik ini terdiri dari tugas sekolah atau pekerjaan rumah, tugas yang diberikan untuk kelompok atau kursus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 130 siswa, terdiri dari siswa kelas XI jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA X. Teknik sampling yang dipakai yakni Teknik sampling jenuh. Pada penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Kuesioner sebagai Teknik pengambilan data dan memakai skala untuk dipakai instrumen, yakni skala regulasi diri dan prokrastinasi siswa berbentuk skala likert yang memiliki empat alternatif jawaban. Data yang diperoleh dikelola dengan bantuan aplikasi SPSS 26 memakai uji product moment. Hasil pengujian didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,040 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,180. Hasil dari pengujian hipotesis yakni terdapat hubungan yang positif mengenai regulasi diri dengan prokrastinasi siswa di masa pandemi Covid-19.
Jurnal Penelitian Psikologi 9 (1), 136-145, 2022
2022 Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya
Masa pandemi yang terjadi menyebabkan perubahan yang cukup signifikan di beberapa sektor, terutama di sektor pendidikan. Perubahan proses belajar dari luring menjadi daring menyebabkan intensitas akses internet pada gadget menjadi meningkat, bahkan seringkali dilakukan saat perkuliahan berlangsung. Penggunaan internet yang tidak relevan dengan perkuliahan menyebabkan terganggunya fokus mahasiswa terhadap perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini dilakukan terhadap 315 mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2018, 2019, dan 2020. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi pearson product moment yang menunjukkan adanya hubungan antara regulasi diri dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Hasil penelitian ini memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p< 0,005) dan nilai koefisien korelasi sebesar-0,332 yang menandakan adanya hubungan yang signifikan dengan arah hubungan negatif antara regulasi diri dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa Psikologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri memiliki hubungan yang signifikan namun tidak terlalu kuat pengaruhnya terhadap perilaku cyberloafing pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (1), 21-33, 2022
2022 Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa
Permasalahan yang muncul selama masa pembelajaran daring terus bertambah seiring berjalannya waktu, salah satunya mengenai self regulated learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan self regulated learning pada mahasiswa dengan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 248 berdasarkan teknik sampling snowball yang merupakan mahasiswa Unesa yang terdaftar dalam laman PDDikti. Analisa data penelitian ini berupa uji asumsi menggunakan uji normalitas dan uji linearitas serta uji hipotesis menggunakan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hubungan signifikan antara literasi digital dan self regulated learning yang positif, namun tergolong rendah. Hal ini didasarkan pada nilai pearson correlation sebesar 0, 315 dan nilai sig. 0, 00. Literasi digital yang meningkat menjadikan self regulated learning meningkat pula. Hasil lain dari penelitian ini yaitu literasi digital memberikan sumbangan efektif pada penjelasan self regulated learning sebesar 9, 9%, sedangkan sisanya 90, 1% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Jdmp (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 7 (1), 8-23, 2022
2022 Studi Fenomenologi: Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Remaja Akhir Shopee Affiliates
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dampak dari aplikasi Tiktok pada remaja khususnya yang terdaftar sebagai Shopee affiliates. Terdapat empat orang subjek dalam penelitian ini yang akan diwawancarai dengan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan tujuan dan hasil analisis atas wawancara yang telah dilakukan maka simpulan penelitian ini adalah aplikasi Tiktok membawa dampak positif dan negatif kepada remaja yang tergabung dalam Shopee affiliates. Dampak positifnya adalah luasnya jangkauan pengguna maupun konten, isi konten yang mayoritas bermanfaat dalam keseharian, dan dapat menjadi sarana promosi serta sesuai dengan yang sedang viral. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah algoritma Tiktok yang tidak jelas, adanya hate comment, sehingga menimbulkan perasaan-perasaan negatif. Self control dan menjauhi permasalahan adalah mekanisme pertahanan diri yang dilakukan keempat subjek.
Character: jurnal Penelitian Psikologi 9 (6), 2022
2022 Pendidikan Kesehatan Mental untuk Mengembangkan Minat dalam Bidang Olahraga
Title of Community Service: Mental Health Education to Develop Interest in Sports in the “Young and Young Work” Community Group, Kedungsari Village, Kemlagi District, Mojokerto Regency. Determining the level of psychological well-being of a youth can be seen through how they express themselves when participating in sports activities organized by the “Muda Mudi Berkarya” community group. This is evidenced by the fact that almost all young people are less enthusiastic when carrying out sports activities organized by the “Muda Mudi Berkarya” community group. Therefore, it is important to look at the relationship between youth interest in sports and psychological well-being. Psychological well-being can increase the interest of young people assisted by the Young Mudi Berkarya community group in the field of sports.
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2 (1), 29-39, 2022
2022 Computer Assisted Instruction as a Media for Understanding Cultural Diversity
Computer Assisted Instruction as media for Understanding Cultural Diversity contains the cultural diversity concept in Indonesia, equipped with interesting video and animation that can easily understand by student. The purpose of the research is to produce Computer Assisted Instruction as a computer-based that meet the acceptability criteria. This research use Borg&Gall development model. The results of the qualitative assessment of 2 material and media expert and potential user the result were 90.15% from media experts, 89, 6% from material experts and 89.17% from potential users all of the result have criteria “very good, no need to be revised”. Based the results of the quantitative assessment, it can be concluded that Computer Assisted Instruction and Media of Cultural Understanding as media for understanding cultural diversity for students meets the acceptability criteria.
Bisma The Journal of Counseling 6 (3), 365-370, 2022
2022 Implementation of Managerial Competencies for PKBM Managers in Community Empowerment Program
PKBM (Community Learning Activity Center) is a place to serve the learning needs of community. It is still found that the institution is in a state of between life and death and has not developed (stagnant). The purpose of this study is to describe the implementation od managerial competence for PKBM managers in community empowetment programs. This study used descriptive and quantitative approeaches with survey methods. This study involved 10 institutions and each institution involved the leader, secretary and treasurer, so the number of respondents was 30 people. Data collection techniques used are tests, interviews and observations. Quantitative descriptive analysis technique with percentage. The findings show that managers’ understanding of managerial competence is 55,34%. The achievement of this percentage proves that PKBM managers are categorized as lacking in community empowerment programs. For managers must have the abilities, namely: to describe the rules and regulations, and apply them to units; Plan and set program or activity targets for a certain period; Establish and regulate members involved in activities; Determine the details of tasks for members in the administration; Delegating some of the tasks of authority; Supervise the implementation of tasks carried out by members; Prepare and report the results of activities periodically; and Solve the problems encountered in the process of carrying out managerial duties.
International Journal of Education and Learning Systems 7, 2022
2022 Expressive Writing Diary Book To Improve Self-Adjustment
The purpose of the study was to create a media expressive writing diary book as a way to improve the adjustment of seventh grade students at SMP A. Wahid Hasyim Jombang. The research method used is the type of development research with the Borg & Gall (1983) model which has 10 steps, namely: 1) research and information collection,(2) planning,(3) product format development,(4) initial trial,(5) product revision,(6) field trial,(7) product revision,(8) field test,(9) final product revision, and (10) dissemination and implementation. However, with limited time, the researcher only reached stage 5. The results of the material expert test were 88.23%, the media expert test was 92.8%, and the prospective user expert test was 78.33% so that the overall criteria were very good., does not need to be revised and good, does not need to be revised. The results of the prototype media expressive writing diary book are in the form of a diary with an A5 size which has sections, namely: motivation sheet, work instructions, what your response, chapter 1 which contains work instructions sheet, how you feel right now, draw your expression, mood tracker, reflection sheet. Followed by chapter 2 which contains a work instruction sheet, let's to be honest, a reflection sheet. Next is chapter 3 which contains the work instruction sheet, to do list and goals, reflection sheet followed by the author's biography.
Bisma The Journal of Counseling 6 (1), 2022
2022 Permainan Bingo Untuk Menggali Bakat Minat Santri Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah
Bingo Game Media to Explore The Aptitudes and Interests of The Third-Grade Students at Mts Nurul Islam Pungging-Mojokerto. The study aims to develop a product in the form of bingo game media to explore the aptitudes and interests of the third-grade students at MTs Nurul Islam Pungging-Mojokerto who met the acceptability criteria. This study uses Borg and Gall's (2008) research and development (R&D) method, which is only carried out until the fifth stage due to limited costs, power, and time. The five stages are research and data collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, and main product revision. The results obtained from the feasibility test are as follows: 1) The assessment of the media expert test is 98.04%, which is included in the very good category and does not need to be revised. 2) The assessment of the material expert test is 82.35%, which is included in the …
Konseling Edukasi: Journal Of Guidance and Counseling 6 (2), 151-169, 2022
2022 MODEL PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMK dan menjabarkan mengenai faktor-faktor yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku tersebut. Pada artikel ini diutamakan pada variabel prokrastinasi akademik, adanya kecenderungan untuk tidak segera memulai dan mengerjakan suatu tugas merupakan suatu indikasi dari perilaku menunda-nunda, kelalaian memanagement waktu. Siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik pada umumnya akan mengerjakan tugas pada menit-menit terakhir batas pengumpulan tugas dan dapat memicu kepanikan, perasaan panik tersebut akan menjadikan siswa membuat keputusan buruk dalam mengerjakan tugas. Kata kunci: Prokrastinasi akademik, siswa
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling 7 (2), 2022