Publikasi S2 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG HIV AIDS DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA NELAYAN DI TPI UNIT II JUWANA PATI JAWA TENGAH
Introduction: The case of HIV AIDS every year has increased. This is supported by the development of globalization resulting in social changes and lifestyles, including risky behaviors such as sexual intercourse with multiple partners, premarital sex, and drug abuse. Such lifestyle endangers reproductive health, especially the possibility of transmission of sexually transmitted diseases including HIV (Human Immunodeficiency Virus) AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) in couples.Objective: To know the relation of knowledge level about HIV AIDS with premarital sexual behavior to fishermen in TPI Unit II Juwana Pati Central Java.Method: The type of quantitative research design used is descriptive correlasional. Populasi Penelitian Population in this research is the fisherman in TPI Unit II as many as 251 fishermen. The sample of research using non-probability sampling technique that is accidental sampling, as many as 72 respondents, with error rate 10% of the total population. This research was conducted at TPI Unit II of Juwana Central Java. Data were collected using a knowledge-level questionnaire on HIV AIDS and pre-marital sexual behavior. To test hypotasis using test analysis using Kendall Tau.Results: Based on Kendall's Tau correlation test results showed a relationship between HIV AIDS knowledge level and premarital sexual behavior on fishermen in TPI Unit II Juwana Pati Central Java because it has a coefficient of 0.452 with a significance value of 0.000. This shows that p< 0, 1.Conclusion: There is a significant relationship between HIV AIDS knowledge level and premarital sexual behavior of fishermen in TPI Unit II …
Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat …, 2017
2017 Pengaruh Senam Sehat Qur’ani terhadap Insomnia pada Lansia di Bantul Kepek Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta
METODEJenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah one group pretestposttest design (Sugiyono, 2011).
Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat …, 2017
2017 Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar pada Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak menggunakan permaianan kartu bergambar pada Kelompok Bermain usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar Wonokusumo Semampir Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok bermain usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hasil kegiatan anak pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 47% pada siklus 1 pertemuan 2 sebesar 60%. Presentase hasil kegiatan anak pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 67% pada siklus 2 pertemuan 2 sebesar 87%. Presentase peningkatan hasil kegiatan anak pada siklus 1 dan siklus 2 masing-masing sebesar 20% dan 27%. Pada siklus 2 hasil kegiatan anak sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok bermain usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar Wonokusumo Semampir Surabaya.
Universitas Negeri Surabaya, 2017
2017 Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Warna Pada Anak Kelompok A
Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh finger painting terhadap kemampuan mengenal konsep warna pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik dengan sampel 13 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel, dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil daripada Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N= 13 dengan taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 17, maka 0< 17. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa finger painting berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep warna pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik.
Jurnal PAUD Teratai 6 (03), 2017
2017 The Principal's Skills In Implementing The Improvement Of Learning Excellence (Multi-Case Study At Three Excellent Senior High Schools In Semarang)
The objective of this research was to find out and to explain:(a) learning excellence;(b) the principal's skills in implementing the improvement of learning excellence. This research used a qualitative approach with the design of multi-case study. The data were collected by using deep interview, observation on participation, and documentation study. The examining of data credibility was done by triangulation technique, checking out the member, and peer discussion. Meanwhile, the examining of research data audibility was done by consultants and asking someone as independent auditor to audit. The data collected from the three techniques were organised, interpreted, and analyzed repeatedly, both inside-case analysis and across-case analysis in order to draft concepts and the abstract of research findings. The findings of this research showed that. First, the school existence in excellent school was decided by a number of learning excellence that was owned by the school and theexistence of the principal involvement in improving and keeping the process by carrying out innovations and changes, so that the schoolremained stable and lasted until nowadays. Second, the principal's skills in implementing the excellent enhancement was proved by the results of principal's performance through the acquisition of academic and non-academic achievement which were accomplished by the students and determined by the prominent principal's skillsin terms of: technical skills in the scope of learning, implementing the theory of recent learning, creating the program of staff development, computer skills and adequate foreign language skills.
Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 2017
2017 MANAJEMEN KURIKULUM FULL DAY SCHOOL DI SMP AL HIKMAH SURABAYA
Full day school merupakan salah satu inovasi sistem pembelajaran yang mencakup belajar, makan, beribadah, dan bermain menjadi satu sistem pendidikan. Tujuannya yakni untuk memperbaiki akhlak dan meningkatkan prestasi anak. Agar tujuannya ini tercapai hendaknya pula terdapat pengelolaan kurikulum yang tepat. Karena inti dalam bidang pendidikan yakni terdapat pada pengelolaan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan danb menganalisis tentang 1) model kurikulum full day school; 2) manajemen kurikulum full day school yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 3) dampak kurikulum full day school bagi siswa di SMP Al Hikmah Surabaya.
Inspirasi Manajemen Pendidikan 5 (1), 2017
2017 Pencitraan Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)
Kondisi persaingan antar sekolah saat ini semakin atraktif, untuk itu sekolah selalu mengupayakan untuk meningkatkan citra sekolah sehingga dapat meningkatkan citranya. Pencitraan sekolah merupakan upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan reputasi positif melalui peningkatan partisipasi aktif masyarakat sekitar di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Pencitraan sekolah dilakukan melalui komunikasi interpersonal, komunikasi internal, komunikasi eksternal, keefektifan pencitraan sekolah, dan penggunaan media humas yang digunakan dalam pencitraan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pencitraan sekolah melalui komunikasi interpersonal, komunikasi internal, komunikasi eksternal, keefektifan pencitraan sekolah, dan penggunaan media humas yang digunakan dalam pencitraan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol. 1 No 2, 2017
2017 Strategi pemasaran jasa pendidikan di PAUD Plus Darussalam Bojonegoro
Inspirasi Manajemen Pendidikan 1 (1), 2017
2017 PROGRAM SMART PARENTING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO
Penelitian ini dilatarbelakangi tentang peran serta orang tua di sekolah, yang berkaitan dengan smart parenting. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui kegiatan smart parenting, partisipasi orangtua dalam mengikuti program smart parenting, prestasi belajar dari program smart parenting di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, wali kelas dan orangtua siswa SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu; reduksi data, penyajiaan data, melakukaan verifikasi, kemudian menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengann menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji depenndebilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini, adalah:(1) kegiatan smart parenting, yaitu (a) pertemuan wali murid pada awal tahun ajaran baru;(b) pertemuan wali murid pada saat penerimaan rapor sisipaan dan penerimaan rapor akahir semester;(c) pertemuan wali murid beserta pengajian rutin satu bulan sekali;(d) home visit;(e) laporan buku penghubung;(f) penggunaan aplikasi whatsapp.(2) partisipasi orangtua dalam mengikuti program smart parenting ditunjukan dengan kehadiran atau partisipasi dalam setiap kegiatan smart parenting yang diadakan oleh sekolah.(3) prestasi belajar dari program smart parenting meliputi (a …
Inspirasi Manajemen Pendidikan 5 (1), 2017
2017 Upaya Pengembangan Kreativitas Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Karya Ilmiah di SMAN 21 Surabaya
Kegiatan ektrakurikuler adalah salah satu layanan sekolah yang diatur dalam manajemen peserta didik, yang dilaksanakan di luar jam belajar kurikulum standar yang berorientasi pada pengembangan pribadi peserta didik sesuai dengan minat bakatnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis:(1) Strategi kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang meliputi; a) Rapat rencana kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR); b) Kerjasama dengan alumni dalam kegiatan ektrakurikuler KIR;(2) Pembinaan kegiatan ektrakurikuler KIR dalam upaya pengembangan kreativitas peserta didik di SMAN 21 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1a) Rapat rencana kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) di SMAN 21 Surabaya meliputi rencana strategi kegiatan dan rencana operasional kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR); 1b) Kerjasama dengan alumni meliputi partsipasi fisik maupun mental baik sebagai motivator, informan, maupun pembimbing peserta didik di bidang karya ilmiah; 2) Pembinaan kegiatan ektrakurikuler KIR di SMAN 21 Surabaya dilaksanakan seminggu sekali dengan menggunakan formt kelompok serta metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan observasi …
Inspirasi Manajemen Pendidikan 5 (1), 2017