Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2022 | Pengantar Manajemen Pendidikan | Secara filosofis, perilaku manusia terbentuk oleh interaksi antar manusia, iklim organisasi (konteks organisasi), dan sistem. Ketiga interaksi tersebut baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama saling berinteraksi pula dengan lingkungan eksternalnya. Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan. Dalam buku Pengantar Manajemen Pendidikan ini terdiri dari 12 Bab, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Bab 2 Karakteristik Konsep Manajemen Pendidikan Bab 3 Pendekatan-pendekatan dalam Manajemen Pendidikan Bab 4 Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Bab 5 Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah Bab 6 Manajemen Mutu dalam Pendidikan Bab 7 Manajemen Peserta Didik Bab 8 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Bab 9 Manajemen Sarana dan Prasarana Bab 10 Supervisi Pendidikan Bab 11 Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Bab 12 Manajemen Pendidikan Di Era Digital |
Yayasan kita menulis, 2022 | |
2022 | Metodologi Penelitian | Perkembangan ilmu pengetahuan, praktik, inovasi pada semua bidang ilmu bahkan termasuk kemajuan zaman merupakan kontribusi hasil penelitian. Penelitian menjadi alat utama yang digunakan hampir di semua bidang ilmu pengetahuan bahkan dipandang sebagai landasan kemajuan ilmiah. Penelitian digunakan dalam menggali suatu hal atau peristiwa, menurunkan kompleksitas masalah, menemukan hubungan antara peristiwa, dan kemudian dapat digunakan untuk memperbaiki kehidupan. Maka karena itu diperlukan metodologi penelitian yang baik, tepat dan dapat dipercaya. Keterkaitan konsep, teori dan aplikasi mengenai Metodologi Penelitian dibahas secara komprehensif dan disusun menjadi 12 bab, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Penelitian Bab 2 Kode Etik Dalam Penelitian Bab 3 Kajian Literatur Dan Masalah Penelitian Bab 4 Plagiarisme Dan Mendeley Bab 5 Hipotesis dan Teknik Analisis Bab 6 Metode Penelitian Deskriptif: Korelasi dan Ex Post Facto Bab 7 Metode Penelitian Eksperimen Bab 8 Pendekatan Penelitian Naturalistik/Kualitatif Bab 9 Metode Penelitian Studi Kasus Bab 10 Metode Penelitian Etnografi Bab 11 Metode Penelitian Ptk Bab 12 Analisis Data Kualitatif |
Yayasan Kita Menulis, 2022 | |
2022 | Manajemen Sumber Daya Manusia | Sebagaimana diketahui bahwa gerakan Literasi Big data, Literasi Teknologi dan penguatan Literasi Manusia Berkarakter dalam memperkuat konsep Merdeka Belajar, bukan lagi hanya menjadi sebuah diskursus semata, akan tetapi sudah harus dapat diimplementasikan secara komprehensif pada setiap Institusi Pendidikan, khususnya di perguruan Tinggi, guna menyongsong era Society 5.0. Tantangan inilah yang harus dijawab dengan berbagai kegiatan ilmiah, salah satunya yang dilakukan dengan adanya penulisan buku ini. Peluang untuk menulis serta menuangkan berbagai ide dan daya nalar serta pemikiran-pemikiran cerdas harus terus dibuka dan diberikan ruang yang baik di setiap Institusi Pendidikan, sehingga dosen, mahasiswa dan seluruh unsur di dalam institusi Pendidikan dapat berkembang dalam jati diri keilmuan masing-masing. |
UNISMA PRESS, 2022 | |
2022 | Metode penelitian kualitatif | Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini terjadi semakin cepat dan memberikan pengaruh yang besar dalam berbagai sendi kehidupan. Dalam konteks penelitian tentu perkembangan ini akan memengaruhi pemilihan metode yang akan diplih dan digunakan. Perkembangan metode penelitian dapat diklasifikasikan dalam tiga tahapan, yaitu: prapositivisme, positivisme dan postpositivisme. |
UNISMA PRESS, 2022 | |
2022 | Teacher Competence Based on Digital Quotient as Instructional Leadership | The purpose of the study was to determine the digital intelligence-based teacher competence in carrying out the role as an instructional leadership. Digital intelligence-based teacher competence is related to the teacher's ability to prepare the learning process, especially learning with virtual models during the COVID-19 pandemic. This research uses a qualitative approach with case studies. This research case relates to the digital intelligence-based teacher competence at SD Al-Azhar 35 Surabaya. The research was carried out in 2021, the object of research was carrying out virtual learning. Data were taken by interview, observation, and documentation study. Data analysis was carried out through the stages of data condensation, displaying, as well as drawing conclusions and verification. The results of the study showed that the digital intelligence-based teacher competence at SD Al-Azhar 35 Surabaya was initially motivated by the formulation of a vision that became an institution of direction and work instructions for all civitas, namely |
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 6 (2), 67-74, 2022 | |
2022 | Analisis Kecemasan Ibu terhadap Pembelajaran Fisik Motorik Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecemasan ibu terhadap pembelajaran fisik motorik anak usia dini secara daring di masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui level kecemasan ibu terhadap pembelajaran fisik motorik anak usia dini secara daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah ibu yang memiliki anak usia 4-5 tahun, kategori usia berkisar dari 21–38 tahun (rerata 29, 32 tahun), mendampingi anak dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 serta tidak diwakilkan kepada siapapun. Instrumen yang dipergunakan adalah Generalised Anxiety Disorder Assessment-7 (GAD-7) versi bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan 30% ibu memiliki kecemasan pada level sedang, dan 70% memiliki kecemasan pada level tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka menyarankan managemen sekolah memberikan dukungan pada ibu yang berperan sebagai pengasuh dan pendidik pada pembelajaran fisik motorik dari rumah. Dukungan dapat berupa media pembelajaran fisik motorik yang mudah didapatkan dari sekitar rumah dan tahapan langkah pembelajaran yang jelas. |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5), 4557-4565, 2022 | |
2022 | Hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi pada mahasiswa jurusan X yang pernah menjalani pembelajaran online di masa pandemi covid-19 | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi pada mahasiswa jurusan X yang pernah menjalani pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 147 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala stres akademik dan skala prokrastinasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25.0. Untuk uji asumsi dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test dan uji linearitas dengan menggunakan uji ANOVA, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (1), 76-84, 2022 | |
2022 | Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau dari Jenis Kelamin | Kecemasan akademik menunjukkan gejala seperti adanya perasaan tertekan, takut, stress, khawatir, dan tidak tenang. Kecemasan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah jenis kelamin. Jenis kelamin juga dapat menunjukkan perbedaan tingkat akademik yang dialami oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kecemasan akademik pada mahasiswa baru ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan sampel jenuh terhadap 156 mahasiswa baru Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Sejumlah 30 mahasiswa digunakan untuk tryout, dan sisanya 124 mahasiswa aktif yang mengisi kuesioner digunakan untuk penelitian. Instrument penelitian menggunakan skala kecemasan akademik. Analisis data menggunakan uji T independent, diperoleh hasil nilai p0. 001< 0.05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kecemasan akademik antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (1), 11-20, 2022 | |
2022 | Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Masa Pandemi Covid-19 | Kemampuan self-regulated learning berperan penting bagi mahasiswa tahun pertama yang dituntut untuk lebih mandiri karena pembelajaran di perguruan tinggi berbeda dengan di sekolah menegah, terlebih di masa pandemi. Self-regulated learning dapat dipengaruhi faktor lingkungan sosial, termasuk dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan self-regulated learning pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19 dengan metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang melibatkan seluruh anggota populasi sebanyak 156 mahasiswa tahun pertama jurusan X angkatan 2020, sejumlah 60 mahasiswa diantaranya digunakan untuk tryout dan sisanya didapatkan 94 mahasiswa aktif yang telah mengisi kuesioner digunakan untuk penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala self-regulated learning dan Peer Support Questionnaire (PSQ). Analisis data menggunakan uji Product Moment Pearson dengan bantuan SPSS 24.0 diperoleh nilai p 0,000< 0, 05 dan koefisien korelasi r= 0,598 yang menunjukkan adanya korelasi positif yang cukup kuat antara kedua variabel. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, maka semakin tinggi pula self-regulated learning mahasiswa. |
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (1), 34-45, 2022 | |
2022 | Gambaran Kemandirian Belajar Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi | Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kemandirian belajar mahasiswa baru jurusan Psikologi. Schunk dan Zimmerman (1989) menjelaskan bahwa individu yang memiliki self regulated learning secara metakognisi, motivasional dan behavioral ikut aktif dalam proses belajar individu dengan sendirinya memulai belajar secara langsung untuk memperoleh pengetahuan dan keahlian yang diinginkan tanpa bergantung pada guru, orang tua dan orang lain. Penelitian ini menggambarkan kemandirian belajar mahasiswa baru jurusan Psikologi menggunakan skala yang disusun mandiri oleh penulis dengan mengembangkani dari teori Zimmerman. Skala tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,917 dengan total item sebesar 39 aitem. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survey. Total subjek penelitian sebanyak 140 mahasiswa baru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71, 42% mahasiswa terkategori sedang, 15% yang termasuk dalam kategori tinggi dan 13, 57% yang termasuk dalam kategori rendah. |
Journal on Teacher Education 3 (2), 302-314, 2022 |