Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2011 Hubungan Antara Penalaran Moral Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja Perempuan di SMK Surabaya
This study is a correlational study. Subjects were 11 grade female student of SMK Ketintang, Surabaya, age 16-18 and have a dating partner. The total population of this research were 133 students and the sample sample were 60 students. The data collecting in this study using a questionnaire. The data analysis method using product moment analysis. The result showed theres no negative relationship between moral reasoning with the attitude of adolescent toward pre-marital sexual behaviour among female student in SMK Ketintang, Surabaya with rxy=-0,771. It shows that when their moral reasoning is high, then his attitude toward premarital sexual behaviour is negative or they reject it. If the moral reasoning level is low, then their attitude toward pre-marital sex behaviour is high. The strength of this relationship between moral reasoning and attitude toward pre-marital sexual behaviour was 59, 5%, which means there are other variables that are not observed in this research by 40, 5% which affect the formation of attitudes toward pre-marital sexual behaviour.Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa perempuan kelas XI SMA Ketintang Surabaya yang berusia 16-18 tahun dan memiliki pacar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 133 siswa dan sampelnya 60 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan analisis Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif antara penalaran moral dengan sikap remaja terhadap perilaku seks pranikah pada remaja perempuan di SMK Ketintang, Surabaya dengan …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 2 (1), 11-28, 2011
2011 Penerapan Johari Window untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja di Panti Asuhan Uswah Surabaya
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya fenomena perilaku remaja panti asuhan yang mengindikasikan rendahnya atau kurangnya kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan Johari Window untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja putri di panti asuhan Uswah Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan pretest and post-test one group design tanpa kelompok kontrol. Seluruh data untuk penelitian ini merupakan data primer yang diungkap dengan angket atau kuesioner kepercayaan diri. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja putri yang berjumlah 30 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa statistika t-test. Analisis perbedaan mean skor pre test dan post test menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam skor kepercayaan diri pada subyek penelitian. Hasil analisa data antara pre test dan post test diperoleh hasil p= 0,000 (p kurang dari 0, 05) yang berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri remaja antara sebelum dan sesudah diberikan kegiatan dengan Johari Window. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan Johari Window dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja di panti asuhan Uswah Surabaya.
Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi 2 (2), 77-89, 2011
2011 Penerapan pembelajaran kooperatif problem posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang pada mata pelajaran IPS
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Problem Posing Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS. Hasil observasi awal di SDN Jatimulyo 1 Malang Kecamatan Lowokwaru Kota Malang belum pernah menerapkan pembelajaran kooperatif problem posing dalam pembelajaran IPS. Dominasi guru dalam pembelajaran menyebabkan siswa lebih banyak menunggu sajian guru. Akibat hasil belajar siswa sebesar 62 5% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 60. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran kooperatif problem posing perlu digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif problem posing pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang pokok bahasan koperasi 2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang dengan pembelajaran kooperatif problem posing pokok bahasan koperasi 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang dengan pembelajaran kooperatif problem posing pokok bahasan koperasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini …
Universitas Negeri Malang, 2011
2011 Manajemen pembelajaran inovatif
Surabaya: Iranti Mitra Utama, 2011
2011 Pengembangan multimedia interaktif mata kuliah produksi media video pembelajaran Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa
Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Sulthon M.Pd Kata kunci Pengembangan Multimedia Interkatif Produksi Media Video. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Pemecahan masalah belajar tersebut amat penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan adanya proses pembelajaran yang berkualitas akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu sumbangan nyata yang dapat ditunjukkan bidang Teknologi Pembelajaran adalah penyediaan sumber-sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Sementara itu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan pembelajaran Matakuliah Pengembangan Media Video/TV pada Program Studi S1 Tenologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya belum tersedia bahan pembelajaran yang dirancang khusus (by design) untuk pembelajaran. Bahan pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada media cetak berupa buku teks serta program video umum (by utilization). Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mendesain dan mengembangkan bahan belajar salah satu diantaranya dalam bentuk multimedia interaktif pembelajaran Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan memuat komponen-komponen bahan belajar berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan harapan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan memfasilitasi mahasiswa dalam …
Universitas Negeri Malang, 2011
2011 Penilaian Diri (self assesment) dalam Pendidikan Berkarakter
E-Learning Unesa, 2011
2011 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D
Bandung: Alfabeta, 2011
2011 Klasifikasi Media Pembelajaran
Online),(http://blog. elearning. unesa. ac. id/alimsumarno/klasifikasi-media …, 2011
2011 Pengertian Hasil Belajar
On Line)(http://elearning. unesa. ac. id/tag/teori-hasil-belajar-gagne-dan …, 2011
2011 Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Modul Penyusunan Proposal tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu …, 2011