Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2011 Pengembangan Media Kartu Permainan Aksara Jawa Sebagai Variasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Siswa kelas 2 SDN Ngagel Rejo III Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan beberapa variasi pembelajaran di dalam kelas, dengan memanfaatkan media kartu permainan Aksara Jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa dengan materi Aksara Jawa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan media dari Arief Sadiman, yang tersusun secara sistematis untuk menentukan hasil akhir berupa produk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument observasi. Teknik observasi digunakan untuk memantau peran guru dalam menggunakan variasi pembelajaran dengan memanfaatkan media kartu permainan Aksara Jawa. Selain itu teknik observasi juga digunakan untuk memantau kegiatan siswa didalam kelas selama guru mengadakan variasi pembelajaran, dengan memanfaatkan media kartu permainan Aksara Jawa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni …
Skripsi. Surabaya: Teknologi Pendidikan, FIP, Unesa 1 (2), 2011
2011 Pengembangan pembelajaran collaboration blogger learning (CBL) untuk meningkatkan interaksi sosial pada blended learning
Tesis Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci Pengembangan disain pembelajaran kolaborasi blog interaksi sosial blended learning. Media online atau internet saat ini telah dipercaya dunia pendidikan dan pelatihan secara keseluruhan. Hal ini tampak dengan bertambahnya jumlah blended-learning yang ada di Indonesia maupun online-learning di luar negeri. Dengan demikian maka pembelajaran online muncul sebagai area baru yang penting dalam penelitian dan pengembangan di bidang Teknologi Pembelajaran. Internet dengan segala keunggulan yang ditawarkan telah merubah kebiasaan dan cara hidup masyarakat serta dunia pendidikan. Dalam penelitian-penelitian yang sudah dilakukan di sejumlah lembaga pendidikan dalam negeri dan luar negeri ditemukan adanya kekurangan dalam pembelajaran online. Diungkapkan bahwa siswa sering merasa terisolasi dan kurang dapat berinteraksi dengan siswa lain atau pun guru untuk men-konstruk pengetahuan yang diperolehnya. Sedangkan dalam teori belajar dinyatakan bahwa kurangnya interaksi dalam pembelajaran dapat menyebabkan siswa merasa tidak terikat dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya mengurangi hasil belajar. Salah satu fasilitasweb yang bersifat umum dan memiliki potensi besar sebagai sarana untuk interaksi sosial adalah web log atau blog. Berdasar hasil observasi pendahuluan yang dilakukan ternyata blog sangat menarik jika dimanfaatkan dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran. SMA …
Universitas Negeri Malang, 2011
2011 Pengembangan Pembelajaran Collaboration Blogger Learning untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Blended Learning
Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang, 2011
2011 Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/Tv Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah merancang dan membuat model prototipe media video pembelajaran yang memuat: tujuan, uraian materi, dan rangkuman disertai dengan bahan penyerta meliputi panduan dosen dan panduan mahasiswa. Model desain rancangan pembelajaran yang digunakan adalah model Dick & Carey yang meliputi: mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, mengadakan analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik dan tingkah laku awal, membuat tujuan khusus pembelajaran, mengembangkan butir-butir penilaian acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan menyeleksi bahan-bahan pembelajaran, merancang dan mengadakan evaluasi formatif, dan merevisi. Prosedur yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan dalam 4 tahap, yaitu: tahap pertama review dengan ahli isi/materi serta ahli rancangan dan media pembelajaran, tahap kedua dilakukan dengan uji coba satu-satu, tahap ketiga uji coba produk kelompok kecil, tahap terakhir dengan uji coba lapangan dengan kelompok besar (lapangan). Berdasarkan analisis dari 40 mahasiswa peserta uji coba lapangan, jumlah mahasiswa yang …
UNS (Sebelas Maret University), 2011
2011 Media Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah
Surabaya: Unesa University Press, 2011
2011 Model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreatif: Upaya Melestarikan dan Memperkuat Kemampuan Keaksaraan dan Usaha Mandiri
Edisi, 2011
2011 Penyelenggaraan pendidikan berbasis olahraga (studi multi kasus pada sekolah sepak bola) di Surabaya, Sekolah Menengah Atas Negeri Sidoarjo dan Prodi S1, S2, S3 Olahraga …
Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. (III) Prof. Dr. Soepartono. Kata kunci penyelenggaraan pendidikan pendidikan berbasis olahraga Penyelenggaraan pendidikan sebagai proses pengembangan manusia yang berlangsung seumur hidup peran olahraga didalam rangka perkembangan dan pertumbuhan manusia seutuhnya adalah mutlak. Olahraga dapat merupakan alat yang ampuh untuk pembentukan fisik dan mental bangsa. Pembentukan fisik dimana dengan latihan-latihan olahraga akan memperkuat anggota tubuh maupun fungsi tubuh manusia. Fokus penelitian ini adalah (1) karakteristik penyelenggaraan sekolah olahraga meliputi visi misi keunikan dan prestasi sekolah (2) karakteristik kurikulum dan proses kegiatan belajar mengajar terdiri atas acuan kurikulum target dan tujuan kurikulum dan metode pembelajaran dan proses kegiatan belajar mengajar (3) karakteristik profil sumber daya manusia terdiri atas perencanaa strategis SDM pembagian tugas dan keefektifan manajemen SDM dan (4) karakteristik sarana dan prasarana pendidikan terdiri atas gedung laboratorium lapangan multi media media informasi dan komunikasi dan sarana penunjang. Penyelenggaraan sekolah adalah upaya bersama membentuk sebuah lembaga pendidikan dan meliputi banyak komponen seperti tujuan kurikulum sumber daya manusia dan sarana prasarana sekolah. Karena menyangkut banyak komponen dan banyak orang yang bekerja di dalamnya maka perlu …
Universitas Negeri Malang, 2011
2011 Kemampuan awal, minat olahraga, dan prestasi belajar olahraga
Entry Behavior, Interest, and Achievement in Sports Science. The purpose of the study was to find correlations between entry behavior and interest in sports science, and achievement in sports science. The population of the study was the students of FIK Unesa. There were 140 students as a sample. The Pearson's Product Moment and Multiple Correlation were applied to analyze the data. The results showed that:(1) there was correlation between entry behavior and achievement in sport science;(2) there was correlation between interest in sports science, and (3); achievement in sports science can be predicted from entry behavior and interest in sports science.Abstrak: Kemampuan Awal, Minat Olahraga, dan Prestasi Belajar Olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kemampuan awal dan minat mahasiswa pada ilmu olahraga dengan prestasi belajar ilmu olahraga. Populasi penelitian adalah mahasiswa FIK Unesa. Terdapat 140 sampel yang dipilih secara acak dari populasi. Statistik korelasi momen tangkar dari Pearson dan korelasi ganda digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat hubungan kemampuan awal terhadap ilmu olahraga dengan prestasi belajar mahasiswa;(2) terdapat hubungan minat terhadap ilmu ilmu olahraga dan prestasi belajar mahasiswa dan (3) prestasi belajar mahasiswa dapat diprediksi melalui kemampuan awal dan minat terhadap ilmu olahraga.
Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (4), 2011
2011 Hubungan antara sibling rivalry dengan stres pada anak
This research aimed intent on testing corelation between sibling rivalries stress on children at SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Work hypothesis that proposed is there is significant corelation between sibling rivalries with stress on children. Researcher using sample as big as 34 students from SD Muhammadiyah 15 Surabaya, that chosen using purposive sampling. Namely with children criterion that aged 10-12 year on fifth grade and have sibling. This research applying quantitative correlation method. There are two scale that applied on this research, namely sibling rivalry and stress. Data collection method done by applying Likert scale. Instrument validity obtained by using content validity technique with assist from professional judgment. Data analysis technique that used on this research is Pearson product moment correlation analysis test. The instrument reliability test done by using alpha Cronbach reliability. From the result of sibling rivalry reliability scale test, obtained score as big as 0.935. It means that the score of measure is very reliable. And stress scale, obtained score as big as 0.925 that means the sore is very reliable. Based on the data analysis test that done by using product moment correlation by using signification rate 1%, it find out that sibling rivalry have significant relation with stress for children as big as 0.000 and the direction of relation as big as 0.778. So there is corelation between sibling rivalries with stress on children.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sibling rivalry dengan tingkat stres pada anak di SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Hipotesis kerja yang diajukan adalah ada hubungan …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 2 (1), 46-57, 2011
2011 Efektifitas Penerapan Outbound Training dalam Meningkatkan Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Pada Remaja
This study aims to test the effectiveness of outbound training in improving interpersonal conflict resolution skills in adolescents. Subjects were adolescents outbound training participants with age ranges between 16-19 years old on the Team Survival Outbound Prigen Pasuruan. The design of this study was a true experiment, with 10 participants who were registered as outbound training participant was being assigned as experiment group and 10 participants who were not registered as outbound training participant was being assigned to control group Sampling technique used in this research was purposive sampling by selecting participants with low conflict resolution score. Data collecting method used was interpersonal conflict resolution questionnaire which resulting in an ordinal scale and was analysed using parametric statistic with t-test paired sample and independent t-test. Obtained score was t= 9.635 and p= 0.000 (p< 0.025), which means that the research hypothesis was accepted. In other words, there were a significant difference between adolescence interpersonal conflict resolution score prior-and post-intervention (outbound training) in α= 0.05%. Obtained score was t= 5.069 and p= 0.000 (p< 0.025), which means that the research hypothesis was accepted. It can be concluded, that there were a significant difference between adolescence interpersonal conflict resolution score prior-and post-intervention (outbound training) in α= 0.05%. Based on those results, it can be concluded that an effective implementation of outbound training can increase interpersonal conflict resolution skill in adolescence.Abstrak: Penelitian ini bertujuan …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 2 (1), 1-10, 2011