Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Keefektifan Strategi Reframing Untuk Membantu Siswa Mengurangi Rasa Takut Terhadap Guru Bimbingan Konseling
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan strategi reframing sebagai metode konseling untuk mengurangi rasa takut siswa terhadap guru bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain (Nonequivalent Control Group Design). Subyek dari penelitian ini berjumlah dua belas orang siswa SMP Negeri 20 Surabaya yang dipilih dengan Purposive Random Technique yang didiagnosa memiliki skor yang tinggi angket rasa takut siswa pada guru bimbingan konseling. Dengan Random Assigment enam siswa dipilih sebagai kelompok eksperimen dan enam siswa dipilih sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dari angket rasa takut dan dianalisis dengan Uji Jumlah Jenjang Wilcoxon (Wilcoxon Rank Sum Test). Hasil analisis menunjukkan bahwa skor kelompok eksperimen menurun secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini berarti strategi reframing efektif menurunkan rasa takut siswa terhadap konselor.
Jurnal BK UNESA 1 (3), 301-307, 2013
2013 Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR)
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (UNESA), 2013
2013 Sensory Integration Terhadap Kemampuan Bicara Anak Tunagrahita Sedang
Jurnal Pendidikan Khusus 3 (3), 1-6, 2013
2013 Penggunaan Strategi Pengubahan Pola Berpikir Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Ketika Mendapat Panggilan ke Ruang Bimbingan Dan Konseling
Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya siswa yang mengalami kecemasan ketika mendapat panggilan ke ruang bimbingan konseling. Data didapatkan dari hasil PPL II dan juga berdasarkan keterangan dari guru BK.
Jurnal BK UNESA 3 (1), 42-47, 2013
2013 Pengembangan Materi Layanan Orientasi Berbasis Media Blog Pada Siswa SMK Negeri 4 Surabaya
Secara umum layanan orientasi dibutuhkan siswa baru untuk memperoleh informasi tentang sekolah dan bimbingan konseling sebagai pemahaman untuk beradaptasi. Pengenalan lingkungan sekolah dapat tercapai secara utuh bila layanan orientasi dilakukan dengan optimal. Dengan adanya pengembangan materi layanan orientasi berbasis media blog “BK for SMK Negeri 4 Surabaya” diharapkan dapat mengoptimalkan layan
Jurnal Bk Unesa 3 (1), 177-185, 2013
2013 Penerapan konseling kelompok dengan strategi reframing untuk meningkatkan motivasi siswa mengikuti pelajaran di kelas di SMP Negeri 1 Kandat
Jurnal BK UNESA 3 (1), 170-176, 2013
2013 Penerapan konseling realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
Latar belakang penelitian ini didasari pada hasil wawancara dengan guru BK SMKN 2 Surabaya bahwa berdasarkan buku catatan kasus semester ganjil 2012-2013 guru BK Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surabaya, bahwa ada siswa kelas X dari sebuah jurusan yang memunculkan perilaku indisipliner, perilaku yang ditunjukkan antara lain seperti tidak mengerjakan tugas sekolah dan pekerjaan rumah, membolos, sering tidur di kelas, tidak mengerjakan remidi ulangan harian, tidak mematuhi tata tertib dan tidak mengenakan atribut sekolah yang semestinya, bermain kartu remi, bahkan ada yang kabur dari rumah. Akumulasi dari segala permasalahan yang mereka alami berimbas pada rendahnya motivasi belajar pada diri mereka sehingga memunculkan perilaku-perilaku yang tidak bertanggung jawab tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan konseling realita dalam format konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X jurusan Audio Video 3 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan penelitan pre–test and post–test one group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Audio Video 3 SMKN 2 Surabaya yang teridentifikasi memiliki skor motivasi belajar rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berupa angket motivasi belajar siswa & menggunakan teknik analisis data statistic non parametrik dengan Uji Tanda (Sign-Test). Setelah dilakukan analisis dengan …
Jurnal BK UNESA. Volume 3 (1), 191-199, 2013
2013 Penerapan bimbingan kelompok dengan media video untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2Ngoro
Pemahaman yang kurang terhadap bahaya narkoba membuat pelajar tidak tahu dampak terburuk dari bahaya narkoba, untuk membantu siswa dalam memahami bahaya narkoba agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan narkoba salah satu upaya yang telah dilakukan guru BK untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba adalah melaksanakan layanan informasi melalui LKS saja dalam bimbingan pribadi namun hasil yang diperoleh belum cukup baik. Salah satu cara untuk menciptakan suasana nyaman, tidak membosankan dan menyenangkan dalam bimbingan adalah dengan memanfaatkan media dalam bimbingan kelompok. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa. Diantara media itu adalah media video atau audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan bimbingan kelompok dengan media video untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Ngoro. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah pre-experimental dengan one group pre-test post-test. Alat pengumpul data yang di pakai adalah angket untuk mendapatkan data pemahaman siswa tentang bahaya narkoba yang rendah, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Ngoro yang berjumlah 7 siswa dan memiliki pemahaman bahaya narkoba rendah. Pemilihan subyek penelitian dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan …
Jurnal BK UNESA 4 (1), 127-134, 2013
2013 Layanan Informasi Karier Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti
Pengambilan keputusan studi lanjut bagi siswa sekolah menengah atas penting untuk diperhatikan. Pengambilan keputusan studi lanjut sangat menentukan kesiapan individu untuk kesiapan karier setelah lulus kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji layanan informasi karier melalui media permainan monopoli dalam meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti.
Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 1, 183-190, 2013
2013 Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa
Pengambilan keputusan karir merupakan suatu tahapan penting bagi siswa SMA, yaitu suatu pengambilan keputusan karier yang realitasnya diwujudkan melalui pemilihan jurusan. Tentu saja untuk melakukan pemilihan secara optimal, banyak aspek yang ikut terkait atau mempengaruhinya, baik itu faktor internal ataupun eksternal. Dalam pengambilan keputusan karir juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa itu sendiri. Salah satu yang dapat mempengaruhi kemantapan pengambilan keputusan karir siswa dalam faktor individu yaitu self efficacy dan dari faktor lingkungan di antaranya adalah dukungan sosial keluarga.
Jurnal BK Unesa 3 (1), 231-238, 2013