Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2014 Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A DI Tk Nurul Ulum Bambe Driyorejo Gresik
Perkembangan sosial emosional adalah proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap normanorma kelompok, moral dan tradisi meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Perkembangan sosial emosional anak merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan emosional anak. Untuk mencapai kematangan sosial anak harus belajar tentang caramenyesuaikan diri dengan orang lain. Kemampuan ini diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman dengan orang-orang di lingkungannya baik orang tua, saudara, teman sebaya, atau orang dewasa lainnya, sehingga setiap anak mencapai tingkat pencapaian perkembangan secara optimal. Namun kenyataan saat ini murid di TK Nurul Ulum Bambe Gresik ini hidup dalam lingkungan keluarga dimana orang tua sibuk bekerja. Sehingga orang tua kurang bisa memperhatikan perkembangan sosial emosional anak. Sosialisasi dari orangn tua adalah faktor yang mendukung perkembangan sosial emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan sosial emosional anak kelompok A di TK Nurul Ulum Bambe Gresik, mendeskripsikan faktor-faktor sosial emosional anak, dan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan guru di TK Nurul Ulum dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjekini adalah guru dan orang tua TK Nurul Ulum Bambe. Karena mereka yang mengetahui informasi berkaitan dengan kemampuan sosial emosional …
PAUD Teratai 3 (3), 2014
2014 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART SPONGE NUMBER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number yang diharapkan dapat menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipchart Sponge Number berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi yang berjumlah 30 anak. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows 16 yang menyatakan jika, rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung> rhitung) maka terdapat hubungan yang signifikan antara 2 variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows 16, diperoleh hasil korelasi sebesar 0,741 dan dikonsultasikan dengan rtabel Product Moment. Berdasarkan rtabel dengan jumlah sampel 30 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,361. Nilai rhitung> rtabel yaitu 0,741> 0,361 maka koefisien korelasi yang diperoleh signifikan. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan.
UNS: Skripsi, 2014
2014 Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Kedisiplinan Kerja Pada Karyawan Happy Puppy Surabaya
SDM yang bermutu serta perusahaan yang kompeten, di butuhkan dalam mewujudkan kepuasan kerja dan kedisiplinan kerja. Karyawan dan perusahaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karyawan memegang peranan utama dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan dan pelaku aktif dari setiap aktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan kedisiplinan kerja karyawan Happy Puppy Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 44 karyawan Happy Puppy Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kepuasan kerja dan skala kedisiplinan kerja yang disusun menggunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan korelasiproduct moment untuk menguji hubungan antara dua variabel. Hasil analisis data menunjukkan nilai kofisien korelasi sebesar 0,832 (r= 0,832) dengan taraf signifikansi 0, 05 (p= 0,000). Hasil tersebut membuktikan bahwa ada hubungan antara kepuasan kerja dengan kedisiplinan kerja.
Surabaya: Universitas Negeri Surabya, 2014
2014 Self-directed learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir
This study aims to determine the relation between self-directed learning and academic procrastination in completing their thesis assignments among university students. The population were psychology students of Universitas Negeri Surabaya with sample of 41 students who were recruited randomly from the cohort of 2008, 2009, and 2010 years. Data collected using Likert model self-directed learning and academic procrastination scales. Self-directed learning scale consists of 53 items, with reliability of scale r= 0,953. in addition, the academic procrastination thesis assignment scale consists of 53 item, with reliability of scale is r= 0,960. Data were analyzed using product moment correlation technique. The result shows that the coefficient correlation was-0,618 in the significance value of 0,000 (p< 0, 05. The result means that there is a significant negative correlation between self-directed learning and academic procrastination in completing thesis assignment. The result indicates that the higher the self-directed learning participants have, the lower their academic procrastination would be and vice versa.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara self-directed in learning dengan prokrastinasi akademik tugas skripsi pada mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya, dan sampel 41 siswa diambil dari angkatan 2008, 2009, dan 2010. Peneliti menggunakan dua skala Likert, yaitu skala self-directed in learning dan skala prokrastinasi akademik tugas skripsi. Skala self-directed in learning terdiri dari 53 aitem, dengan nilai reliabilitas sebesar r …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 5 (1), 23-29, 2014
2014 Reporting of Measurement Validity in Articles Published in Social Indicators Research: An International and Interdisciplinary Journal for Quality-of-Life Measurement
Quality of life (QoL) has become a widely studied area in the social, behavioral, and health sciences. In developing and evaluating quality of life measures, validity is a fundamental issue. With an aim towards understanding the validation practices and improving the field of QoL, we investigated the reporting of validity evidence of articles published in Social Indicators Research: An International and Interdisciplinary Journal for Quality-of-Life Measurement. A systematic search of the official journal website for papers published between 2012 and February 2013 was conducted. We searched explicitly for papers with “valid”, “validity”, or “validation” in the title. Twenty-one papers published and in press were located and included in this review. We found a variety of sources of validity evidence reported; however, certain sources of evidence such as response process and consequences were not reported in our …
Validity and validation in social, behavioral, and health sciences, 27-34, 2014
2014 Reporting of Validity Evidence in the Field of Health Care: A Focus on Papers Published in Value in Health
Validity is a fundamental issue in the development and evaluation of psychometric instruments in health care. With an aim towards informing validation practice, we investigated the reporting of validity evidence in the field of health care, focusing on a journal that, by design and scope, is meant to influence health outcomes researchers, technology developers, regulators, policy makers, and health economists: Value in Health, the International Society for Pharmacoeconomics and Outcomes Research (ISPOR) official journal. A systematic search of papers since the journal’s inception (January 1998) to December 2010 was conducted using the official journal website. Only empirical psychometric validation papers were included in the analysis. The coding was conducted by two of the authors independently. A total of 68 articles met our inclusion criteria. The number and percentage of reports of the broad …
Validity and validation in social, behavioral, and health sciences, 257-265, 2014
2014 Medical outcomes study short form-36 (SF-36) and the world health organization quality of life (WHOQoL) assessment: Reporting of Psychometric Validity Evidence
More emphasis has been placed on the inclusion of patients’ perspectives in the assessment of outcomes and treatment effects in medicine and health care via the use of psychometric patient-reported outcome (PRO) instruments. In this study, we examined the reporting of the validity evidence for the SF-36 and the World Health Organization Quality of Life (WHOQoL) Assessment, two commonly used psychometric PRO instruments. Searches were conducted on PubMed, PsycINFO, CINAHL, and EMBASE in January 2013. Thirty randomly selected empirical articles (15 each for the SF-36 and WHOQoL) were included in the present analysis. We found that researchers conducting validation studies on the SF-36 and WHOQoL report a wide variety of validity evidence and are not relying on only one source of validity evidence at the exclusion of all others. Although the SF-36 and WHOQoL both possess …
Validity and validation in social, behavioral, and health sciences, 243-255, 2014
2014 Pengembangan Paket Layanan Bimbingan Karier untuk Pemahaman Diri dan Pekerjaan pada Siswa Tunadaksa SMALB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian …, 2014
2014 Penggunaan Genogram untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya
Kemampuan perencanaan karier adalah kepastian untuk memilih tujuan dan sasaran karier yan direncanakan di masa depan sesuai dengan persyaratan dan kemampuan yang meliputi pemahaman diri, memahami tentang karier, pengatisipasian masalah yang timbul, dan peninjauan rencana dan kemampuan diri. Pada siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya terdapat siswa yang mengalami masalah kemampuan perencanaan karier yang rendah. Di dalam perencanaan karier terdapat pengaruh dari orang lain yang berarti. Orang yang sangat berarti itu terutama berpengaruh terhadap individu dalam mengidentifikasi perencanaan karier. Orang yang dimaksud yaitu guru, teman sebaya dan orang tua. Dengan adanya informasi tentang pengaruh keluarga dalam membuat keputusan karier dapat diperoleh melalui genogram. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan genogram untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan eksperimen berupa pre-test post-test one group design. Alat pengumpul data adalah angket. Angket digunakan untuk mengidentifikasi siswa kelas XI 2 kompetensi keahlian akuntansi yang memiliki tingkat perencanaan karier rendah, yang selanjutnya dijadikan sebagai subyek penelitian yaitu sebanyak 6 siswa. Adapun langkah yang dilakukan adalah meliputi 4 tahapan konseling yang dilakukan dalam 6 kali pertemuan yaitu tahap asesmen, menetapkan tujuan, implementasi teknik (penggunaan genogram), dan evaluasi-pengakhiran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik …
Jurnal BK 4 (3), 1-8, 2014
2014 Hubungan interaksi sosial dan keharmonisan keluarga dengan perilaku agresif pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Baureno-Bojonegoro
This research was a quantitative correlate approach. The samples of this research were 137 students selected randomly from the tenth grade students of SMK N 1 Baureno. The data were collected through questionnaires and analyzed using multiple correlation techniques. The results of this study explained that social interaction had a significant relationship with the students' aggressiveness with empirical r of 0.484 was bigger than the theoretical r 0.176 at 5% level, and there was a significant relation between family harmony and aggressiveness with empirical r of 0,573 was bigger than the theoretical r 0.176 at 5% level, and also there was a significant relationship between social interaction and family harmony with the aggressiveness of 44, 75 F empirical was bigger than the theoretical F 3.07 at 5% level. It can be concluded that there was a significant relation between social interaction and family harmony with the aggressiveness of the tenth grade students of SMK N 1 Baureno-Bojonegoro.
Jurnal Bk Unesa 4 (1), 375-382, 2014