Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA BAHASA INGGRIS MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PGPAUD Unesa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun atau anak kelompok A di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. Pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa.
PAUD Teratai 4 (2), 2015
2015 Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak melalui media permainan kartu huruf pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Nogosari Pacet Mojokerto. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat diskripstif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Nogosari Pacet Mojokerto. Hasil penelian ini menunjukan bahwa persentase peningkatan pada siklus I dan siklus II masing–masing sebesar 70% dan 90%
PAUD Teratai 4 (2), 1-6, 2015
2015 Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Media Flanel Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media flanel angka. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK An-Nur berjumlah 15 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 sebesar 11, 7%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I, siklus II dan siklus III maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flanel angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan.
Jurnal Pendidikan Usia Dini Unesa 5 (1), 2015
2015 Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Bermain Play Dough pada Kelompok Usia 3-4 Tahun
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui bermain play dough. Subyek penelitian adalah kelompok usia 3-4 tahun PPT Gading Sehat Surabaya yang berjumlah 18 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan kreativitas anak sebesar 25, 83% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II.
PAUD Teratai 4 (2), 2015
2015 Pengaruh permainan kayu malele terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh permainan kayu malele terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design.Sampel penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, serta diukur dengan menggunakan lembar observasi dengan metode rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kayu malele berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia 5-6 tahun di kelompok B. Kata kunci: Permainan kayu malele, Mengenal konsep ukuran, Anak
PAUD Teratai 4 (2), 1-6, 2015
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Bermedia Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Kelompok A TK Tunas …
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1 di TK Tunas Harapan Desa Brayublandong Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung< T tabel (0< 0, 52), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.
PAUD Teratai 4 (2), 2015
2015 Penerapan metode proyek terhadap kemampuan naturalis intellegence anak usia 5-6 tahun
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan metode proyek terhadap naturalis intelligence anak usia 5-6 tahun di TK Budi Luhur Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK Budi Luhur Surabaya yang berjumlah 23 anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%= 0, 73, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh terhadap kemampuan Naturalist Intelligence anak usia 5-6 tahun TK Budi Luhur Surabaya diterima.
Fakultas Imu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 2015
2015 Media audiovisual pembelajaran huruf terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A
This study quantitative research aims to determine the effect of the audiovisual media of learning the letters to listening skills A group of children in kindergarten Budi Luhur Surabaya. The samples this study’sa group of kindergarten children Budi Luhur Surabaya totaling 25 children. Thisresearch data collection method using a method of observation and test performance. This research data analysis technique that is using wilcoxon matched pairs test. The result showedthatThitung= 0smallerTtabelwith significance levelof 5%= 0.89 so thatHaaccepted and Ho rejected. Thus it can be concludedthat the audiovisualmedialearningletters has aaffect to the listening skills of children in group A kindergarten Budi Luhur Surabaya accepted.
PAUD Teratai 4 (3), 1-5, 2015
2015 Strategi Pembelajaran model pelatihan menempel kain perca terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design dengan melakukan perbandingan hasil penilaian kemampuan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan subyek yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipant dengan alat penelitian berupa lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametris dengan uji jenjang bertanda wilcoxon match pair test. Berdasarkan hasil analisis data uji wilcoxon match pair test menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0, 73 sehingga (0< 0, 73). Berdasarkan hasil analisis tersebut berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi bahwa strategi pembelajaran model pelatihan menempel kain perca berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK PKK desa Mejuwet Sumberrejo Bojonegoro diterima..
Paud Teratai 4 (2), 1-8, 2015
2014 Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Gunung Gedangan II Kota Mojokerto
Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di Taman Kanak-Kanak yaitu bidang pengembangan kognitif. Pengembangan bidang kognitif dapat diperoleh melalui kegiatan berhitung, membilang, mengenal konsep angka dan bilangan. Kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto masih belum maksimal, yang ditandai dengan seringnya melakukan kesalahan-kesalahan dalam menghitung. Hal ini disebabkan karena pembelajaran dalam menghitung kurang menarik perhatian anak. Oleh karena itu perlu dilakukan kreativitas dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media kartu angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu angka pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dirancang dalam bentuk 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalahanak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto, dengan jumlah 20 anak yang terdiri atas 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak sebesar 45%. Hasil presentase belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu 80%, oleh karena itu penelitian ini …
Jurnal Trara 3 (3), 1-6, 2014