Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD BERBASIS MULTIMEDIA PADA JURUSAN PGSD FIP UNESA
Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar mata kuliah (MK) Pembelajaran Bahasa Indonesia (PBI) berbasis multimedia pada Jurusan S1 PGSD. Tujuan umum tersebut selanjutnya dirinci menjadi tujuan khusus, yaitu (1) menjelaskan kualitas substantif bahan ajar dan (2) menjelaskan implikasi bahan ajar MK PBI berbasis multimedia pada Jurusan S1 PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tahun pertama untuk merancang produk sampai dengan tahapan validasi ahli dan uji kelompok terbatas. Desain penelitian ini menggunakan 10 tahap pengembangan Borg dan Gall. Data penelitian tahun pertama berupa data kualitas produk dari hasil validasi ahli materi dan media serta data hasil uji coba terbatas. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi produk, pemberian tes, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi produk, tes, pedoman observasi, dan …
Wacana 7 (1), 2015
2015 Pengembangan Buku Suplemen Berorientasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas V SD
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan prosedur pengembangan buku suplemen, hasil produk buku suplemen yang berkualitas, serta efektivitas buku suplemen terhadap keterampilan menulis laporan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dari skor validasi, observasi, hasil tes, serta hasil angket. Cara pendeskripsiannya melalui teknik analisis data kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk pengembangan buku suplemen yang berkualitas melalui empat tahap prosedur pengembangan, yaitu: penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Kualitas produk ditentukan dari tiga kriteria yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan ditentukan dari penilaian yang diberikan ahli materi dan desain buku suplemen yaitu sangat baik dengan persentase 97, 33% dan 100%. Kepraktisan ditentukan dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan buku suplemen yaitusangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100% dan nilai ketercapaian sebesar 98, 34. Efektivitas ditentukan dari analisis hasil tes siswa melalui uji t 5% diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 25.79> 2.776 pada uji pengembangan 1 dan 44.93> 2.021 pada uji pengembangan 2. Tanggapan yang diberikan siswa adalah sangat baik dengan persentase sebesar 100% pada uji pengembangan 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa produk buku suplemen yang …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 2057-2066, 2015
2015 The Effect Of Playing Bripdent (Bridge Puzzle Dental) For Dental Caries Prevention On Students School Surabaya
Health education is one of nursing interventions that aimed to change behavior in increasing health state. BRIPDENT game is a creative idea from nurse that combine two games : educationase added puzzle and bridge where by pictures and dental caries prevention to each puzzle and bridge. This study was a quasy-experimental using pretest-posttest control group design. The population was4th-grader-students’at MI Al-Azhar Schoolcomprises 18 respondents as the treatment group and 18 respondents as control group. Data were collected by using questionnaire and observation and then analyzed using significance of<0.05Wilcoxon sign rank test and Mann Whitney U test. Results show that BRIPDENT health education effecting positively the knowladge, attitude, and skillsof respondents on the treatment group with p=0.000, p=0.011, and p=0.001 respectively. Adversely, the level of knowladge, attitude, and skills of respondents on the control group show no statistically significant result with p=0.317, p=0.564, and p=0.317 respectively. The statistical analysis show that there were differences in posttest results betwen control group and treatment group with p=0.000 (knowladge), p=0.021 (attitude), and p=0.001 (skills in preventing dental caries). It can be concluded that BRIPDENT health education with ondental caries can increase the level of knowledge, attitude and action of 4th-grader-students’in dental caries prevention. This as health provider, nurses can use BRIPDENTgames to achieve optimal resultswhen giving health education students. Keywords:health education, dental caries, prevention, BRIPDENT, knowledge, attitude, skills …
Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, 2015
2015 Pengembangan media permainan monopoli percaya diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodayu
Percaya diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan siswa sebagai salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada diri setiap siswa agar kelak mereka dapat menjadi manusia yang mampu mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya, dengan kemampuan tersebut siswa akan lebih jernih dalam mengatur tujuan dan sasaran pribadi yang jelas. Siswa yang memiliki rasa kurang percaya diri akan menghambat tumbuh kembang anak tersebut dalam beraktifitas dilingkungan sekitar yang dia tempati, baik disekolah, keluarga maupun masyarakat. Salah satu upaya yang dapat diberikan untuk membantu meningkatkan percaya diri adalah permainan monopoli sebagai salah satu media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Permainan monopoli merupakan media yang mudah digunakan dan menarik minat siswa dalam mengikuti proses bimbingan dan konseling.
Universitas Negeri Surabaya, 2015
2015 KONSELING RESOLUSI KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI POSITIF TERHADAP KONFLIK DAN SIKAP KOLABORATIF PADA SISWA
This research examined the effectiveness of conflict resolution counseling to solve student’s interpersonal conflict in senior high school. The experimental study used randomized controlled trials design with triple blinding include: clien as participants, counselors, and pretest-postest administrator. Participants were 24 students with destructive interpersonal, devided into 12 students in the experimental group and 12 students in the control group. Participants in the experimental group received conflict resolution counseling and participants in the control group received counseling as usual. Based on anacova statistical test indicated implementing of conflict resolution counseling has improved:(1) positive perceptions of the conflict,(2) collaborative attitude in the face of conflict. It can be concluded that, conflict resolution counseling can help the students of senior high school to solve their interpersonal conflicts. Conflict resolution counseling can be adopted as alternative counseling for interpersonal conflict resolving.
Elementary Islamic Teacher Journal 3 (2), 312-323, 2015
2015 Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa SMA
DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2015
2015 PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL DEMANG SAKTI MOTOR
Laporan akhir ini berjudul “Penerapan Kualitas Pelayanan pada Bengkel Demang Sakti Motor”. Laporan ini akan menjelaskan tentang pelayanan yang diterapkan oleh Demang Sakti Motor berdasarkan dimensi-dimensi dari kualitas pelayanan yakni bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Topik tersebut diambil karena adanya keluhan dari pelanggan tentang pelayanan dari Demang Sakti Motor. Data dalam laporan ini diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui perhitungan persentase jawaban dan interpretasi skor, dan hasil perhitungan tersebut diolah menggunakan program Ms. Excel. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dan telah diolah, 72% kualitas pelayanan yang diterapkan telah dinyatakan baik sedangkan 28% lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun, berdasarkan pelayanan yang telah diterapkan, Demang Sakti Motor menerapakan pelayanan yang ada dengan Kualitas Pelayanan. Berdasarkan hal tersebut, Demang Sakti Motor harus tetap menjaga kualitas pelayanan yang telah mereka terapkan ini, serta memenuhi kekurangan dari faktor lain tersebut misalnya dengan cara menambah fasilitas, peralatan, mengkreasikan pelayanan mereka, serta menerapkan sistem 3S (Senyum, Sapa, Salam). Sehingga, selain pelanggan semakin merasa senang atas pelayanannya dan pelanggan juga akan merasa lebih puas lagi.
Politeknik Negeri Sriwijaya, 2015
2015 Pengaruh Permainan Mencari Harta Karun Tehadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Kelompok A
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan mencari harta karun terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Abuliyatama Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang terdiri dari 8 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan mencari harta karun berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak A TK Abuliyatama Banjarmadu.
PAUD Teratai, 1-6, 2015
2015 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menjepit Kertas Karton pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Star Kediri
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjepit kertas karton pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain STAR Kediri. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain STAR Kediri. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus 50, 5% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II.
Skripsi tidak diterbitkan. PPs Universitas Negeri Surabaya, 2015
2015 Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui bermain lompat tali karet pada anak kelompok A
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain lompat tali karet. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Perwanida Sumobito Jombang. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar 34, 5% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II.
PAUD Teratai, 1-5, 2015