Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Pendidikan Kewirausahaan bertujuan untuk mengembangkan sikap, jiwa dan kemampuan menciptakan sesuatu yang bernilai bagi diri sendiri maupun orang lain. Sikap kreatif, inovatif, mandiri, leadership, pandai mengelola uang, dan memiliki jiwa pantang menyerah merupakan beberapa sikap wirausaha yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini. Hal ini perlu ditanamkan sejak dini mengingat berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi Negara Indonesia semakin besar. Nilai-nilai kewirausahaan ini menjadi pokokpokok penting dalam pembentukan kecakapan hidup (lifeskill) pada anak. Selain melalui pendidikan di kelurga, pendidikan kewarusahaan dapat diimplementasikan secara terpadu dengan kegiatan pembelajaran di sekolah. Siswa Sekolah Dasar dapat dilatih untuk mengembangkan sikap, jiwa dan kemampuan berwirausaha melalui berbagai kegiatan kreatif yang dapat diintegrasikan dengan kurikulum yang berlaku. Berbagai strategi dan metode dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan nilai-nilai baik dari karakter wirausahawan yang sukses. Pendidikan kewirausahaan yang diajarkan sejak SD diharapkan mampu mengurangi pola konsumtif pada anak dengan melatih untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan membawa generasi penerus untuk menciptakan pekerjaan di masa depan. Sehingga dalam hal ini, guru dan orang tua memiliki peran penting untuk mengembangkan keterampilan kecakapan hidup anak serta menumbuhkan minat dan potensi dalam diri anak melalui kewirausahaan.
Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2016
2016 Pengembang Media Visual Papan Permainan Pada Materi Bentuk Aljabar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Siti Aminah Surabaya
J. Mhs. UNESA 7, 2016
2016 Pengembangan Media Visual Papan Permainan pada Materi Bentuk Aljabar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Siti Aminah Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media visual papan permainan dan untuk mengetahui apakah penggunaan media visual papan permainan dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas VII SMP Siti Aminah Surabaya. Model pengembanganyang digunakan dalam mengembangkan media visual papan permainan ini adalah model Research and Development (R&D) dari Sugiyono. Penelitian ini merupakan penelitian One Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakanmedia visual papan permainankepada ahli materi, ahli mediadanahlipembelajaranmenunjukanbahwa setelahmelaluitahaprevisi desain, media dikategorikan sangat baik danlayak digunakan pada uji coba selanjutnya. Sedangkan, hasil uji coba perorangan yaitu 96, 12%, hasil uji coba kelompok kecil yaitu 92, 57% danhasil uji coba kelompok besar yaitu 90, 99% hasil prosentase dari uji coba tersebut termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga media visual papan permainanlayak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengatasi masalah belajar. Hasil dari uji t memperoleh data 5, 12 1,692 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka hasil tersebut menunjukan peningkatan hasil belajar.
Journal UNS, 1-6, 2016
2016 SPECIAL PROGRAM OF USHULUDDIN FACULTY
In life everyone will face a difficult condition that is pressing him or her. Erikson's theory (in Santrock) states that every stage of development in the span of human life has a typical development task that confronts man in a crisis that must be faced. The more people manage to overcome that crisis the more it will increase the potential of individuals in order to face the next stage of development. 1The difficult circumstances faced by humans can come from any direction. They came from themselves, society, family, school, work environment, or of nature though. Dissatisfaction of yourself, family problems, uncomfortable work environment, and a wide range of natural disasters cannot be predicted when the arrival are. In certain situations, such problems mentioned above cannot be avoided and must be faced.
STATE ISLAMIC UNIVERSITY, 2016
2016 PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN PADA GURU SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA BREBES
The purpose of this research is 1) for described leadership, motivation, competence, satisfaction and performance of teachers 2) to analyze the influence of leadership, motivation, and competence to satisfaction teachers 3) to analyze the influence of leadership, motivation, and competence of the performance of teachers 4) to analyze the influence of satisfaction with performance of teachers 5) to analyze the influence of leadership, motivation, and competence of the performance of through satisfaction teachers. Respondents in this research as many as 38 people. These respondents teachers are smk muhammadiyah bulakamba brebes. This research using structural equation modeling (shem) run through amos 19 as a means of the analysis. The results of the analysis data prove that leadership, motivation, and competence influential in significant impact on satisfaction teachers as evidenced of the value of the regression coefficient terstandar (beta) as much as 0, 56, motivation work against satisfaction work teachers have value of 0.24 and competence to satisfaction work teachers get value 0.19. Leadership, motivation, and competence influential in significant impact on performance of teachers who evidenced of the value of the regression coefficient terstandar (beta) leadership of the performance of teachers get value 0.12, motivation work of the performance of teachers get value by 0.39 and competence of the performance of teachers have value of 0, 46. Satisfaction influential significantly of the performance of teachers. This is evidenced from the p-value very small (< 0,001). Leadership, motivation, and competence influential significantly on …
Multiplier: Jurnal Magister Manajemen 1 (1), 2016
2016 Strategi pembiayaan pendidikan pada madrasah swasta unggulan
abstractEducation inancing is often considered to be a major problem to encourage private madrasahs to be favorite schools. This study is intended to examine the strategy of inancing education carried out by one of the favorite madrasahs. The study is based on a case study of a favorite madrasah around the capital city Jakarta. This study found the education funding model that can deliver this madrasah to earn the predicate of “madrasah unggul” from the Ministry of Religious Affairs. Based on the experience of this madrasah, parent participation in education funding must be offset by the provision of quality assurance to education service customers. Keywords: strategy, education Financing, Favorite madrasahabstrakPembiayaan pendidikan sering dianggap menjadi masalah utama untuk mendorong madrasah swasta menjadi sekolah unggulan. Penelitian ini ingin mengkaji strategi pembiayaan pendidikan yang dilakukan oleh salah satu madrasah unggulan. Kajian didasarkan pada studi kasus terhadap madrasah unggulan di sekitar ibukota Jakarta. Kajian ini menemukan model pembiayaan pendidikan yang mampu mengantarkan madrasah ini memperoleh predikat madrasah unggul dari Kementerian Agama RI. Berdasarkan pengalaman madrasah ini, partisipasi orang tua dalam pembiayaan pendidikan harus diimbangi dengan memberikan jaminan kualitas terhadap konsumen pendidikan. Kata Kunci: strategi, Pembiayaan Pendidikan, madrasah Unggulan
Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2016
2016 Kumpulan metode pembelajaran kreatif dan inovatif
Bandung: Satu Nusa, 2016
2016 Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Penelitian ini menguji keefektifan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa Sekolah Menengah Atas. Rancangan penelitian menggunakan randomized controlled trials: triple blinding. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa dengan konflik interpersonal berpola “menang-kalah” ataupun “kalah-kalah”. Mereka terbagi dalam 12 siswa pada kelompok eksperimen serta 12 siswa pada kelompok kontrol, melalui random allocation. Siswa kelompok eksperimen dikenai konseling resolusi konflik, sedangkan siswa kelompok kontrol dikenai konseling sebagaimana biasa. Berdasarkan uji statistik ancova, diketahui bahwa konseling resolusi konflik dapat meningkatkan (1) persepsi positif terhadap konflik,(2) sikap kolaboratif menghadapi konflik,(3) cara menyelesaikan konflik dengan konstruktif, serta (4) hasil penyelesaian konflik yang konstruktif. Kesimpulannya, konseling resolusi konflik efektif menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa SMA, dibandingkan dengan konseling sebagaimana biasa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, bahwa konselor sekolah dapat menggunakan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal siswa.
Jurnal Pendidikan Humaniora 4 (1), 2016
2016 STRENG THE LEARNING OBJECT THROUGH MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCS)
Entities learners to access learning resources digital or non-digital with limited scope. MOOCs an opening restrictions of use Suber learn. Explanation MOOCs need to be assessed from a brief history and discuss their evolution, it is useful to understand what exactly MOOCs and what makes it different from the similar systems, in particular online learning and open educational resources (OER). MOOCs as sumber study was to construct learning object over the material just to read. MOOCs cause learning resource has the ability to support learners.
Jurnal TEKPEN 1 (3), 2016
2016 Utilization SliMS as Instructional Media to Improve Student Skills in the Management of School Library
The demands of technological developments require adjustments in the progressive increase student competence. In the course of Computerized Library, adjustments are made to provide SliMS’s materials for students in the digital library management. This article was written based on the idea of teaching experience in the subject Computerized Library at the Department of Educational Management FIP Unesa as an effort to provide compliance solutions declare: competence of graduates in the working world needs. The completeness of the features in SliMS’s application make students more motivated to produce their creation of library management innovatively and creatively. Utilization SliMS in improving student skills starting from field observation studies, installation software, explanations of material, develop new features, and assessment of students's work.
Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of …, 2016