Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA KULIAH ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan aktivitas mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata kuliah Asesmen perkembangan anak usia dini, 2) meningkatkan prestasi hasil belajar mahasiswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif pada mata kuliah asesmen untuk anak usia dini. Setting penelitian adalah mahasiswa FKIP prodi PG PAUD semester III, berjumlah 9 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Asesmen perkembangan anak usia dini. Cara penelitian dilakukan melalui: 1. perencanaan (Plan), 2. pelaksanaan (Do), 3. refleksi (See). Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa. Rata-rata akktivitas mahasiswa siklus I sebesar 33, 4 pada siklus II menjadi
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 15 (2), 2016
2016 Pengembangan Buku Suplemen Materi Paket B Dalam Menyongsong Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Melalui Jalur Pendidikan Luar Sekolah di Jawa Timur
The result of this study serves as a contributing factor in developing supplement books for Packet B. These supplement books should be in line with the interest of the adult learners and the available learning resources so as to be useful for the learners in order to improve their earnings and in turn motivate them to learn more. The population of this study are people in East Jawa having all kinds of earnings resources.
Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (2), 2016
2016 Pembelajaran transformatif pada kegiatan pendampingan anak jalanan di kota Malang
Penelitian ini bertujuan mengetahui permasalahan anak jalanan, tindakan pendamping, dan dampaknya. Penelitian mengimplementasikan pendekatan kualitatif, desain studi kasus, dan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya lima anak jalanan, dua pendamping, dua orang tua, dan satu pengurus Griya Baca Malang. Data direduksi, disajikan, dan disimpulkan. Hasil penelitian (1) ada proses penyadaran melalui dialog;(2) permasalahan mencakup: eksploitasi anak oleh orang tua, anggapan salah terhadap pembinaan anak jalanan, tidak percaya diri, trauma akibat kecelakaan, dan takut terhadap petugas;(3) tindakan pendamping: mengubah pola pikir orang tua, menggali bakat minat anak, memberi motivasi spritual dan perlindungan; dan (4) dampak pendampingan: orang tua tidak lagi mengeksploitasi anak, anak jalanan antusias mengikuti pembinaan, percaya diri, optimis, spiritual lebih baik, dan rasa aman.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 22 (1), 039-051, 2016
2016 EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PASCA SERTIFIKASI GURU DI KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar Negeri dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran pasca sertifikasi guru melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru. Penelitian ini mengunakan model evaluasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri yang telah lulus sertifikasi melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru sebanyak 40 orang. Lokasi penelitian ini adalah di 12 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Loceret. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi berupa foto. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP oleh Stufflebeam yaitu Context, Input, Process, Product. Model yang sesuai untuk dapat mengevaluasi kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di Kecamatan Loceret. Keempat komponen tersebut disesuaikan dengan komponen-komponen dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga didapatkan indikator penelitian. Dalam proses pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kompetensi pedagogik guru dalam tahap Context dapat dinilai baik memenuhi indikator merumuskan tujuan pembelajaran. Hasil kompetensi pedagogik guru dalam tahap Input menunjukkan nilai cukup baik karena pada umumnya belum memenuhi indikator pemanfaatan sumber belajar. Hasil penilaian …
Jurnal TEKPEN 4 (1), 50-60, 2016
2016 Improving Critical Thinking in Academic Writing through Portfolio in Higher Education
Critical thinking skill is one of 21st century skills that supports the mastery of academic writing. Academic writing skill requires critical thinking to express arguments in such systematic and scientific way based on trusted sources. Facione (2011) argues that there are 6 stages in critical thinking, namely interpretation, analysis, interference, evaluation, explanation and self-regulation. These stages were applied to writing activities. The outline of academic writing consists of three parts, namely the introduction, development and conclusions. Each part requires the ability to think critically. To be able to think critically, one needs to have prior data. Therefore, it is necessary to use portfolio to support these strategies. This study uses action research to psychology students who programmed academic writing course.
The 1st UPI International Conference on Sociology Education (UPI ICSE 2015 …, 2016
2016 Self Esteem dan Self Disclosure pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger
The purpose of this research is to determine the correlation between self esteem and self disclosure of Psychology students of Universitas Negeri Surabaya who are using a social network of blackberry messenger. This research used quantitative method with correlational research design. Participants in this research were 187 students of Psychology students who have blackberry messenger accounts and are active users of blackberry messenger. Data collected using self esteem and self disclosure scales and analyzed using product moment correlation. The result shows that the coefficient correlation is 0,315 in the significant level 0,000 (p> 0, 05), which means that hypothesis of this research œthere is correlation of self esteem and self disclosure to the Psychology students of Universitas Negeri Surabaya who are using a social network blackberry messenger is accepted.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dengan self disclosure mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya pengguna jejaring sosial blackberry messenger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Partisipan penelitian ini berjumlah 187 mahasiswa yang memiliki akun blackberry messenger serta merupakan pengguna aktif blackberry messenger. Penelitian ini menggunakan instrument skala self esteem dan skala self disclosure yang dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis uji Product Moment menunjukkan hasil korelasi sebesar 0,315 pada taraf signifikasi p= 0,000 (p> 0, 05), artinya menunjukkan bahwa hipotesis œada hubungan self esteem …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 1-8, 2016
2016 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI di STAI Al-Khairat Pamekasan
Mata kuliah media pembelajaran memberikan manfaat penting bagi calon guru PAI. Mata Kuliah Media Pembelajaran membantu pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang media pembelajaran, memiliki kemampuan serta keterampilan dalam membuat dan mengembangkan media sederhana untuk kepentingan pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar cetak Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI yang memenuhi kriteria akseptabilitas yakni aspek kegunaan, ketepatan, dan kelayakan. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar Media Pembelajaran PAI yang dilengkapi dengan panduan dosen dan panduan mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick, Carey & Carey. Hasil pengembangan divalidasi oleh ahli isi, ahli desain dan ahli media. Selanjutnya dilakukan uji coba. Uji coba tersebut meliputi: 1) uji coba perorangan, 2) uji coba kelompok kecil, 3) uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba yang dilakukan terhadap produk pengembangan dapat disimpulkan bahawa produk penilaian ini memenuhi kriteria sangat baik dan memperoleh kualifikasi sangat layak
Jurnal Tekpen 4 (1), 17-23, 2016
2016 Online Educational Media On Nutrition And Reproduction For Early Teens
This study aims to (1) determine the level of knowledge of nutrition and reproduction on early teens,(2) develop an online educational media about nutrition and reproduction,(3) determine the effectiveness of the development of online media education on nutrition and reproduction. This type of research, including research and development. The procedure in studies using a model Plomp (1997), the stages are investigation, design, realization, evaluation and implementation. Respondents are adolescents aged 16-18 years or high school students. The research was carried in two high school in Surabaya, East Java, Indonesia. Retrieval of data by the method of observation, interviews, documentation and testing. Data were analyzed with T-test and descriptive quantitative. The results showed 1) the initial knowledge of nutrition and reproduction adolescents in less category (90.32% and 83.87%), especially on the topic of drugs, cigarettes, food and health, 2) the development of online education media about nutrition and reproduction rated valid by experts with a value of 4.53. Practicality devices rated from the ease of use of the device, field constraints and student responses included in the criteria and the practical aspects of the effectiveness of the device is considered to be very effective, 3) Cognitive ability teenager produced a score of 72.72 pretest and post test 81.10, 65.00 and affective abilities pretest and post test 82.10 meaningful learning outcomes teens from using the online nutrition education and reproductive showed improvement. T-test against the pretest and post test scores also showed a highly significant difference.
Jurnal TEKPEN 1 (1), 2016
2016 Implementasi Media Simulasi Kamera Digital Mata Kuliah Pengembangan Media Foto
Dalam mata kuliah pengembangan media foto, mahasiswa masih sulit memahami materi tentang aperture, speed dan ISO. Pengaturan dari ketiga kombinasi ini adalah dasar dari fotografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2013 dengan jumlah 47 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data hasil pengamatan, tes diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran simulasi kamera digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi pada mata kuliah pengembangan media foto. Berdasarkan hasil penelitian, pada pra siklus hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata sebesar 41, 20. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69, 75. pada siklus I ini rata-rata mahasiswa naik dibandingkan dengan rata-rata pada pra siklus. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 85, 77. Hal tersebut menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar pada siklus II. Dari hasil analisis data di atas menunjukkan ada peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaraan simulasi kamera digital. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan yang diperoleh dari tes yang diberikan kepada mahasiswa.
Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 2016
2016 Pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Iman Surabaya. Metode penelitian pada kajian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan teknik observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini menggunakan 20 anak usia 5-6 tahun di TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan tabel penolong uji jenjang Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi/kesalahan 0, 05 atau 5% karena jumlah sampel yang diteliti (n) adalah 20 dapat diperoleh Ttabel= 52, maka H1 diterima dan Ho ditolak karena Ho nilainya lebih kecil dari H1/Ho< H1 (0< 52). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya.
Jurnal PAUD Teratai 5 (2), 44-48, 2016