Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengalaman Interaksi dan Penyesuaian Sosial Waria: Studi Kasus Waria Yang Tinggal di Gang X Surabaya
The aim of this study was to understand the experience of social interaction and adjustment among transvestites who live in Gang X Surabaya. This qualitative study was a case study. The participants were five transvestites selected using purposive and snowball sampling. Data collected using semi-structured interviews and analyzed using thematic analysis. The result shows four themes namely the perception of social acceptance, the experiences of direct interaction, social adjustment of transvestites and the ways the participants use to overcome problem and difficulties in interaction. In general, the transvestites experience both positive and negative reaction from their neighbors. They also participate actively in direct social interaction and give some contribution. However, they still experience some psychological discomfort that requires them to solve. The participants use emotional focused and problem focused coping to solve the problems.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman interaksi dan penyesuaian sosial waria di Pacarkembang Gang'X'Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lima waria dipilih sebagai partisipan menggunakan purposive dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi semi-partisipan dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan empat tema yaitu persepsi penerimaan sosial, pengalaman interaksi secara langsung, penyesuaian sosial waria dan strategi mengatasi masalah dan kesulitan berinteraksi. Secara umum, waria mendapatkan reaksi secara …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 7 (1), 26-42, 2016
2016 Peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada kelompok A
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada anak Kelompok A di TK Ambar Asri dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian sebanyak 14 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi sebagai instrumen pedoman observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada anak Kelompok A TK Ambar Asri. Hasil observasi Pratindakan menunjukkan bahwa kemampuan seriasi ukuran pada anak mencapai 33.30% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), pada Siklus I meningkat mencapai 71.40% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan kembali meningkat pada Siklus II menjadi 88.10% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Pendidikan Guru PAUD S-1 5 (2), 219-228, 2016
2016 Pengaruh Expressive Arts Therapy Terhadap Dimensi Psychological Well Being Pada Anak Jalanan Di Jaringan Xyz
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh expressive arts therapy terhadap perubahan dimensi dalam psychological well-being pada anak jalanan. Kegiatan yang dilakukan oleh peneliti melibatkan menggambar, menulis dan diskusi hasil gambar. Pada kegiatan yang dilakukan terdapat 4 aspek seperti self expression, active participation, Imagination, dan Mind Body Connections, yang memiliki peranan dalam menimbulkan perasaan bahagia, meningkatkan emosi positif, membantu mengurangi stres sehingga secara tidak langsung mampu untuk meningkatkan psychological well being. Selain itu kegiatan expressive arts therapy yang dilakukan secara berkelompok, memungkinkan timbulnya dukungan sosial dalam kelompok dimana menurut Ryff (1989) dukungan sosial adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat psychological well being seseorang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest posttest control group design pada 12 anak jalanan yang berada di Jaringan XYZ. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa adaptasi dari psychological well being scale 42 items oleh Carol Ryff (1989). Perubahan dimensi Psychological Well Being yang diuji meliputi self acceptance, positive relationship with others, aoutonomy, purpose in life, environmental mastery dan personal growth. Alat ukur yang digunakan telah melalui uji validasi melalui professional judgement dari Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.
UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2016
2016 Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin
Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin - Repository Universitas Wijaya Putra Home About Browse Login Create Account Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Wibowo, Nugroho Mardi and Hasibuan, Rachma and Widiastuti, Yuyun and Panglipursari, Dwi lesno (2016) Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin. Fajar Satria, Surabaya. ISBN 978-602-9310-63-4 [img] Preview Text (Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin) Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin.pdf Download (1MB) | Preview Item Type: Book Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management Divisions: Buku Depositing User: Mochamad …
Fajar Satria, 2016
2016 Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Pop Up Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One Group Pre-Test Post-TestDesign. Subyek penelitian berjumlah 20 anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes lisan dengan alat penilaian berupa lembar observasi, dokumen foto dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel. Hasil perhitungan diperoleh Thitung 0 dan Ttabel 52 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media pop up yang diberikan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo berpengaruh secara signifikan untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak. Kata Kunci: Bercerita, Media pop up, Mengenal kosakata bahasa Inggris.
PAUD TERATAI 5, 126-30, 2016
2016 Pengaruh Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Pengembangan Bicara Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan terhadap pengembangan bicara anak kelompok B di TK Tunas Islam Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data sesudah mendapatkan treatment lebih besar dari pada sebelum mendapatkan treatment yakni (70.1613> 59.0825) pada taraf signifikan 90%. Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan menggunakan boneka tangan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Tunas Islam Sidoarjo.
Jurnal: Pengaruh Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Terhadap …, 2016
2016 Pengaruh Kegiatan Kolase dengan Bahan Kapas Warna terhadap Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna pada Anak Kelompok A
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase dengan bahan kapas warna terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Bangkalan. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anak kelompok A dengan jumlah sebanyak 20 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Selain itu, pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes serta alat penilaian berupa lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik nonparametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon match pairs test), hasil yang diperoleh adalah Thitung< Ttabel= 0< 52 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan kolase dengan bahan kapas warna terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Bangkalan.
PAUD Teratai 5 (3), 2016
2016 Pengaruh Metode Brain Gym Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B
Jurnal PAUD Teratai 5 (03), 2016
2016 Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan montase terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anak kelompok A dengan jumlah sebanyak 21 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Selain itu, pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes serta alat penilaian berupa lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik nonparametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test). Hasil penelitian yang diperoleh adalah T hitung< Ttabel= 0< 59 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan uraian di atas, telah maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan montase terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompokm A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Kata kunci: Montase, Motorik Halus
Jurnal PAUD Teratai 5 (3), 20-24, 2016
2016 Direct behavioral consultation (DBC) untuk mengurangi perilaku off task
Tujuan penelitian adalah (1) mengurangi frekuensi perilaku off task siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui strategi DBC,(2) mengurangi durasi perilaku off task siswa Madrasah Ibtidaiyah strategi DBC,(3) mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi perilaku off task siswa Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian menggunakan single subjek design dengan model ABAB. Subjek penelitiannya tiga orang siswa yang memiliki perilaku off task tertinggi di kelas 4 MI Miftahul Ulum Kecamatan Cerme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku off task tinggi pada kondisi baseline pertama dan kedua, menurun pada kondisi intervensi pertama dan kedua. Hal ini menandakan bahwa intervensi yang diberikan oleh guru mampu mengurangi perilaku off task siswa. Ada beberapa variabel yang memicu timbulnya perilaku off task siswa yakni:(1) teman sebangku yang mau diganggu dan dapat menggangu subjek,(2) subjek tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru,(3) metode pembelajaran guru,(4) melihat atau mengetahui teman di kelas lain yang sudah beristirahat atau pulang lebih dulu,(5) guru kurang mengontrol perilaku siswa,(6) berkurangnya makna reinforcement bagi subjek, karena kurangnya variasi reinforcement yang diberikan.AbstactThe purposes of this study were (1) reducing the frequency of off task behaviors of Madrasah Ibtidaiyah students through DBC,(2) reducing the duration of off task behaviors of Madrasah Ibtidaiyah students through DBC (3) determining the variables which influence off task behaviors Madrasah Ibtidaiyah students. This study used a single subject design with ABAB model. The subjects of this research …
JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 1 (2), 124-132, 2016