Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2017 | Pengembangan Media Permainan Triangle Bomb-R Materi Pokok Ukuran Bidang Pandang Pengambilan Gambar Pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia SMKN 10 Surabaya | Berdasarkan hasil studi pendahuluan yakni hasil kegiatan wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Komposisi Foto Digital. Peneliti mendapati bahwa pada materi pokok Ukuran Bidang Pandang Pengambilan gambar mata pelajaran Komposisi Foto Digital, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh guru yang hanya menyampaikan dengan metode ceramah, serta pada materi ini dibutuhkan pemahaman dari siswa tiap-tiap jenis dari ukuran bidang pandang pengambilan gambar. Akibatnya mempergaruhi pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, yaitu dengan rendahnya nilai ketuntasan yang diperoleh siswa dibawah rata-rata sebanyak 54% dari total keseluruhan siswa yang harus mencapai nilai KKM sebesar 72. |
Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya, 2017 | |
2017 | Developing art and cultural learning with instructional video as media for hearing-impaired students | The application of art and culture learning for students of class X in SMALB-B Karya Mulya of Surabaya is not maximum because it is still using the conventional method; the teacher as the main subject of learning. SMALB-B student characteristics auditory has auditory limitations resulting poor invocabulary. Based on these problems, the research was conducted with the aim at creating and developing the products of art and culture instructional video for students of class X in SMALB-B Karya Mulya of Surabaya. This research is adapted from Four-D Thiagarajan & Semmel (1974). The results obtained were: interesting in learning activities of cultural art subjects using instructional video for teaching hearing-impaired students who have been developed. Based on the data analysis, it can be concluded that the arts and culture learning with instructional video on hearing-impaired students is effectively used to improve … |
Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 766-771, 2017 | |
2017 | Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Materi Pedagogik Guru Kelas PAUD/TK | 1) Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dijelaskan bahwa Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Hal itu berarti bahwa tugas PAUD adalah mengoptimalkan pertumbungan dan perkembangan anak untuk menapaki kehidupannya. Oleh karena itu PAUD jelas memiliki perbedaan dengan jenjang pendidikan lainnya dalam kerangka pengembangan SDM. PAUD merupakan lembaga pendidikan yang unik dan khas, keunikan tersebut terjadi karena tugas dan tanggung jawabnya sebagai peletak dasar bagi pengembangan sumber … |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017 | |
2017 | Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) | Diklat berbasis kompetensi diselenggarakan untuk mengatasi diskrepansi kompetensi PNS agar kemampuan PNS lulusan diklat sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Salah satu komponen dalam diklat berbasis kompetensi adalah kurikulum yang berbasis kompetensi berdasar pada kebutuhan akan kompetensi peserta diklat. Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan jaman berikut situasi dan kondisi di masyarakat, pengembangan kurikulum diklat perlu dilakukan. Pengembangannya tetap menyesuaikan dengan landasan pengembangan kurikulum, yakni landasan filosofis, psikologis, sosiologis dan IPTEK. Pengembangan kurikulum diklat berbasis kompetensi juga menyesuaikan dengan model kurikulum yang dikehendaki, sehingga kurikulum tersebut nantinya dapat menghasilkan lulusan diklat dengan kemampuan sesuai yang diinginkan. Pengembangan kurikulum diklat berbasis kompetensi pada akhirnya diharapkan dapat membangun profesionalisme dan kompetensi PNS dalam menjawab tantangan di masa depan. Dengan demikian diklat akan menghasilkan lulusan, dalam hal ini PNS, yang profesional dan kompeten.AbstractCompetency-based training is held to overcome the discrepancy of civil servant competence to the ability of civil servants graduate training in accordance with the expected competencies. One component of competency-based training is a competency-based curriculum based on competency needs of training participants. In order to meet the demands of the development of the times following the situation and conditions in the community, the development of training curriculum needs to be … |
JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 2 (2), 156-164, 2017 | |
2017 | Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Tambaksari Surabaya | Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap keterampilan menceritakan kembali siswa kelas IV SD di Kecamatan Tambaksari Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Tambaksari Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1572-1581, 2017 | |
2017 | Folktale Narrative Text Learning With Judicative Character Based in Primary School | The learning of folklore texts, as a part of learning Indonesian language an literature in primary schools, should be adjusted to the learning theories which focus on contextual approach for the benefit students. Thus, learning literature in elementary school should be directed to good character buliding to develop the characteristics of primary school-aged children. The character building intended in this study is limited to judicative character such as being honest, disciplined, sensitive, and creative. The characteristics of folklore texts in the learning materials produced in this research were as follows (1) the popular folklore in the community,(2) the moral values content that educate the student in building judicative character,(3) folklore told in simple way,(4) the suitable folklore to be used in teaching the upper-class student,(5) using Indonesian Language,(6) not lecturing,(7) giving students a broad imaginative space. |
OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra 11 (1), 161-178, 2017 | |
2017 | Development Electronic Module On Subject Matter Kalor For Junior High School Student | This study aims to develop electronic module media viable and effective in science subjects and subject matter kalor for students of class VII G SMPN 34 Surabaya. The type of research used is research development. Model used is ADDIE Model with stages of Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data collection techniques are interviews, questionnaires and tests. Based on the analysis that has been done, it can be deduced that the validation results media from media experts and subject matter experts are worthy of media used by the revision. The results of product testing questionnaire to students of class VII SMPN 34 Surabaya, it can be concluded that:(a) the results of individual testing percentage of 83.33%(excellent),(b) the results of a small group of test percentage 87%(excellent),(c) the results of field trials percentage of 88.15%(excellent). With these results, the media electronic module is fit for use. In addition to the results of the calculation of the ratio between pretest and posttest performed is greater than the t table 4.94> 2.02809. This indicates that the electronics module in science subjects and subject matter kalor effectively to improve student learning outcomes. |
9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …, 2017 | |
2017 | Parenting Styles Of Single Parents For Social Emotional Development Of Children At Early Childhood | Parenting styles is children nurturing process by a technique focused on giving affection as a deep supervision from parents to children. The objective of this research is to investigate the parenting method of single parents to children at early childhood taken care of by single parents. The methodology of this research is qualitative descriptive. The data was collected by interviews, observations and documentations. The results show that the parenting styles characteristics of single parents are: a) giving freedom, yet responsible b) blame the children, if they did wrong c) giving boundaries about do's and don'ts. In the other side, social emotional development of children at early age with single parents proved with some behaviors as: 1) get mad if something doesn't happen as they will. 2) shared voluntarily to friends 3) not being shy if they asked to shake hands 4) if someone talk to them, they answered. |
9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …, 2017 | |
2017 | Motivasi Relawan Sosial Dalam pelaksanaan Bimbingan Belajar Plus di Sekolah Rakyat Kejawan Putih Surabaya | Bimbingan belajar plus adalah kegiatan pemberian bimbingan oleh relawan sosial tidak hanya bimbingan belajar akademik, namun ada bimbinga moral, agama, pemberian keterampilan, menumbuhkan budaya membaca dan rekreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi relawan sosial dalam pelaksanaan bimbingan belajar plus di Sekolah Rakyat Kejawan Putih Surabaya. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pemilik Sekolah Rakyat, relawan sosial dan perserta didik. Teknik pengambilan data terdiri dari wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Untuk uji keabsahaan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, konfrimabilitas dan transferabilitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan motivasi para relawan sosial di Sekolah Rakyat Kejawan Putih Surabaya yaitu tanggap terhadap situasi yang sukar dan menantang, keinginan menerima tanggung jawab, senang berkerja sama dengan orang lain, kesediaan untuk membantu orang lain, rasa empati untuk menyelesaikan masalah orang lain, untuk menempatkan pengalaman sebagai relawan pada CV ketika melamar pekerjaan, untuk mendapatkan teman baru, karena diajak teman yang lebih dahulu menjadi relawan dan untuk mengisi waktu luang. Kemudian pelaksanaan bimbingan belajar plus yang terdiri dari bimbingan belajar akademik, agama, moral, pemberian keterampilan, menumbuhkan budaya membaca dan rekreasi berjalan dengan baik meskipun dengan fasilitas yang kurang memadai, namun hal itu bukan … |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 1 (1), 15-21, 2017 | |
2017 | Pengaruh Komunikasi Internal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Industri Media PT. Riau Media Televisi (Rtv) Pekanbaru | This study uses 3 variables of internal communication, work motivation and employee performance. In internal communication variables have 5 dimensions of downward communication, upward communication, horizontal communication, diagonal communication, and informal communication process. In the variable of work motivation have 3 dimension that is motive, expectation, and incentive. In the variable Employee Performance has 3 dimensions of quantity, quality, and timeliness. Objects in this study are employees of PT. Riau Media Television (Rtv) Pekanbaru which amounted to 63 employees. The analysis used in this research is Validity Test, Reliability Test, Simple Linear Regression, Multiple Linear Regression, Determination Test (R2), Individual Significant Test (t test) and Significant Test (F test). |
Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 4 (2), 1-12, 2017 |